Skip to main content

Pemilihan Bibit pisang.

Bibit pisang.

MANGYONO.com - Bibit pisang merupakan tunas (anakan) dari tanaman yang baik dan sehat.

Untuk menyediakan bibit pisang adalah dengan memanfaatkan rumpun pisang sehat. Bibit bisa diperoleh dari tunas, anakan, bonggol dan bit yang diperbanyak secara tradisional maupun kultur jaringan.

Pemilihan Bibit pisang.
Pemilihan Bibit pisang.

Teknik perbanyakan benih  melalui kultur jaringan merupakan salah cara untuk mendapat benih  pisang yang bermutu dalam jumlah besar dan bebas penyakit. Teknik ini mempunyai beberapa keuntungan antara lain : benih yang dihasilkan mempunyai sifat sama dengan induknya,  seragam dalam jumlah besar... Namun... Perbanyakan dengan teknologi kultur jaringan hanya dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar karena biaya investasi awal yang sangat mahal  

Bibit Pisang yang saya gunakan yaitu perbanyakan tanaman pisang menggunakan cara vegetatif, proses perkembangbiakan melalui tunas atau anak pisang. 
 
Nah berikut ini persyaratan pembibitan tanaman pisangyang biasa saya lakukan:
  • Syarat bibit tanaman pisang yang baik memiliki panjang 1 meter sampai dengan 1,5 meter dengan diameter sekitar 15-20 cm. Sebaiknya menggunakan bibit yang berasal dari indukan pisang yang sehat dan berbuah dengan baik. 
  • Ketinggian anakan (bibit) pisang bisa berpengaruh terhadap produktivitas pisang dalam berbuah ( berpengaruh nyata terhadap jumlah sisir dalam tiap tandan ).
  • Saya biasanya memilih bibit yang memiliki bentuk daun yang lancip seperti pedang, berhelai daun sempit daripda menggunakan bibit pisang yang berdaun lebar. 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar