Skip to main content

Pupuk Urea Adalah ....

Sampurasun ...

Pupuk Urea Adalah ....

MANGYONO.com - Pupuk Urea adalah pupuk kimia mengandung Nitrogen (N) berkadar tinggi. Pupuk urea dengan rumus kimia NH2 CONH2.

Pupuk Urea merupakan pupuk anorganik tunggal berkandungan unsur N (nitogen) tinggi. Pupuk Urea yaitu pupuk buatan pabrik, dibuat dari bahan-bahan kimia berkadar hara tinggi. Atau disebut juga dengan Pupuk Kimia. Pupuk Urea mempunyai Standar SNI-02-2801-1998.

Pupuk Urea atau Pupuk Kimia
Pupuk Urea atau Pupuk Kimia Standar SNI-02-2801-1998.


Pupuk Urea berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman, seperti :
i. Membuat daun tanaman lebih hijau segar dan banyak mengandung butir hijau daun yang berguna untuk proses fotosintesa tanaman tersebut.

ii. Mempercepat pertumbuhan pada tanaman yang meliputi pertumbuhan tinggi, jumlah anakan, cabang, daun, bunga, buah dan lain-lain.
iii. Menambah kandungan protein pada tanaman
iv. Dapat dipakai untuk semua jenis tanaman baik tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, usaha dibidang peternakan dan usaha dibidang perikanan.
v. Dengan pemupukan yang tepat & benar secara teratur, tanaman akan tumbuh subur, sehat dan memberikan hasil yang berlipat ganda dan tidak merusak struktur tanah.
 

Baca juga : Pupuk SP-36 adalah ...

Pupuk Urea termasuk salah salah satu jenis pupuk higroskopis terutama bentuk prill sehingga lebih mudah menguap di udara. Bahkan pada kelembaban 73%, urea sudah dapat menarik uap air dari udara sehingga mudah larut dalam air serta mudah diserap oleh tanaman. Jadi untuk penyimpanan pupuk urea sebaiknya di simpan di tempat kering tertutup rapat agar lebih tahan lama serta tidak mudah menguap. 

Urea lebih mudah berubah menjadi amoniak dan karbondioksida di dalam tanah. Selain itu juga mudah terbakar oleh sinar matahari. Untuk menghindari penguapan tinggi pemakaian pupuk ini sebenarnya lebih efektif jika disemprotkan melalui daun namun penggunaannya harus hati-hati. Pemberian berlebih tanpa dosis dapat menyebabkan daun tanaman kering, terbakar (hangus), untuk itu saat melakukan penyemprotan hendaknya menggunakan bentuk tetesan besar tidak dibuat mengkabut dan campuran air pun harus tepat.

Pupuk Urea merupakan salah satu jenis pupuk nitrogen tunggal. Kandungan nitrogennya dapat mencapai 46%, maksudnya setiap 100 kg urea mengandung unsur N sebanyak 46 kg. Pupuk ini terbuat dari gas asam arang dan gas amoniak, persenyawaan keduanya itulah menghasilkan pupuk berkandungan nitrogen sebanyak 46%.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar