Skip to main content

Tradisi Timbang Anak yang Lahir di Bulan Safar

Sampurasun ...

Tradisi Timbang Anak yang Lahir di Bulan Safar

MANGYONO.com - Jika ada sobat orang sunda pasti akan tahu nama bulan ini, Safar. Yah bulan Safar adalah salah satu bulan Islam dalam pengucapan lidah orang Sunda yang berasal dari kata Shafar. Bulan Safar yang memiliki makna “kosong.”

Tradisi timbang anak ini konon menjadi ritual khas warga di tatar Sunda. Tradisi ini digelar untuk anak yang lahir di Bulan Safar pada kalender Hijriah. Timbang anak pun dilakukan berat anak harus seimbang dengan berat sebelah lagi yang berisi pisang 1 tandan bantal, payung, kayu bakar, beras dan lain - lain. 

Tradisi adat budak anu lahir di bulan saffar, siloka sunda karuhun baheula.
#kiwari geus jarang ka tingali. Foto by Abi Tomy


Si anak didudukkan dalam selembar kain sarung yang ujungnya dikaitkan ke kayu timbangan. Sementara di sisi kanannya ada satu tempat lagi yang alasnya terbuat dari ancah/anyaman bambu dan pisang, bantal, payung, kayu bakar, beras, kitab suci Al Quran yang dibungkus kain putih dan lain - lain diletakan di ancah tersebut.

Di antara yang diduduki anak dengan kotak yang berisi Ancah, dihubungkan oleh sebatang kayu. Di tengah kayu sudah dikasih seutas tali untuk mengangkat  dan dihubungkan ke kayu pengangkat.

Didahului kalimat shalawat nabi dan aba-aba dari Tetua, sesepuh, kayu penyangga diangkat ke atas. Berat tubuh anak ini pun diseimbangkan dengan ancah yang di sampingnya. Kalau kurang, akan ditambah lagi sehingga bobot anak dan ancah benar-benar seimbang. Uang logam yang diselipkan ke sapu lidi dipukul - pukulkan ke sebatang kayu penyeimbang. Setelah selesai menimbang para kerabat yang datang membaca surah Yasin.

Tradisi tersebut, merupakan tradisi keluarga sunda yang sudah turun temurun. Khusus untuk anak-anak yang lahir di bulan Safar saja. Sesuai kepercayaan, anak yang lahir di bulan Safar akan banyak menemui kesulitan atau kendala dalam hidupnya. Sehingga dilakukanlah upacara timbang anak. Dengan harapan, si anak kelak bisa melalui segala kesulitan yang dihadapi.

Lihat Vidionya disini : Vidio : Tradisi Timbang Anak yang Lahir di Bulan Safar

Jika bermanfaat, Dhare ke media sosial....

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar