• JUAL BENIH PADI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padinya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI TRISAKTI SUPER GENJAH

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI CAKRABUANA02 (CB02)

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi CAKRABUANA02 (CB02)-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

  • JUAL BENIH PADI NAZWA

    Yuk Order sebelum kehabisan Benih Padi NAZWA-nya !!... Silahkan call / sms / WhatsApp (WA)0813 1053 3826. - mangyono.com

Mangga matang dipohon

Sampurasun ...

Mangga matang dipohon

MANGYONO.com - Di tempat rumah saya, dulu ada empat pohon mangga yang pernah berdiri kokoh di belakang rumah. Beberapa tahun lalu, dua pohon mangga tersebut ditebang karena alasan terlalu banyak pohon dan mengurangi keindahan. 

Dua pohon mangga tersebut berbeda jenisnya... Yang satu pohon mangga manalagi sedangkan satu pohon lagi mangga Falan ... Sekarang ini sedang berbuah, yang pohonnya masih pendek Falan juga cukup lebat. Mangga ini kalau masih muda rasanya kecut. Tapi kalau sudah matang paling manis...

Mangga matang dipohon
Mangga matang dipohon
 
Kalau saya membuat rujak pakai mangga Falan yang masih muda dijamin gak ada yang mau.. Hehehe. 

Kemarin pas hari minggu, eh mangganya sudah pada matang di pohon... Asal tau aja, keluarga saya itu kurang suka mangga... Yang suka cuma saya aja... hehehe. Jadinyah keluarga saya ntu jarang liat - liat pohon mangga.... Padahal pohon mangganya pendek... Hehehe.

Pohon mangga admin di kebun belakang rumah
Pohon mangga admin di kebun belakang rumah

Share:

Pupuk Kandang untuk tanaman Padi

Sampurasun ... 

Pupuk Kandang untuk tanaman Padi

MANGYONO.com - Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis kegiatan pemupukan padi dengan menggunakan pupuk kandang. Cara ini merupakan suatu inovasi dalam teknik budidaya padi. Di beberapa tempat, Pemupukan Organik dan pemupukan kandang dilaporkan telah berhasil meningkatkan produktivitas padi hingga dua kali lipat.

Pupuk kandang untuk tanaman padi admin.
Pupuk kandang untuk tanaman padi admin.

Pupuk kandang merupakan pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang digunakan untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman. Pupuk kandang berperan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Secara umum, tanaman butuh makanan, termasuk tanaman padi. Dengan makanan yang cukup (pupuk organik -kompos dan POC- dan pupuk anorganik), maka perkembangan fase vegetatif dan fase generatifnya akan tumbuh dengan baik.


Pupuk kandang untuk tanaman padi admin
Pupuk kandang untuk tanaman padi admin

 

Setiap jenis hewan tentunya menghasilkan kotoran yang memiliki kandungan hara unik. Namun secara umum kotoran hewan mengandung unsur hara makro seperti nitrogen (N), posfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg) dan belerang (S). Bila dibandingkan dengan pupuk kimia sintetis, kadar kandungan unsur hara dalam pupuk kandang jauh lebih kecil. Oleh karena itu, perlu pupuk yang banyak untuk menyamai pemberian pupuk kimia.

Kotoran kambing teksturnya berbentuk butiran bulat yang sukar dipecah secara fisik. Kotoran kambing dianjurkan dikomposkan dahulu sebelum digunakan hingga pupuk menjadi matang. Ciri-ciri kotoran kambing yang telah matang suhunya dingin, kering dan relatif sudah tidak bau. Lihat foto dibawah.


Kotoran kambing yang sudah dipermentasikan sudah dingin dan tidak berbau.
Kotoran kambing yang sudah dipermentasi
sudah dingin dan tidak berbau.

Kotoran kambing memiliki kandungan K yang lebih tinggi dibanding jenis pupuk kandang lain. Pemberian pupuk kandang tidak langsung efektif pada musim tanam pertama, tapi akan memberikan hasil yang signifikan setelah diberikan pada musim tanam kedua dan selanjutnya.

Saya menggunakannya pupuk kandang sebagai tambahan pupuk kimia dengan dosis 1 ton per ha.

Untuk pemupukan yang menggunakan pupuk kandang ini dilakukan pada 20 hari setelah tanam. Ketika dilakukan pemupukan sawah dikeringkan dan pintu air ditutup.
Share:

Kereta Api Terguling Di Cikaum, Subang, Jawa Barat

Sampurasun ...

Kereta Api Terguling Di Cikaum, Subang, Jawa Barat

MANGYONO.com - Enam gerbong Kereta Api barang anjlok dan terguling di Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pada Minggu (30/10) siang sekitar jam 13.05 WIB.

Kereta Barang yang anjlok tersebut tepatnya KM 115 +400 sinyal muka, tepatnya di Dusun Pasirjati, Desa Cikaum Timur, Kecamatan Cikaum, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Kereta Api Terguling Di Cikaum, Subang, Jawa Barat
Kereta Api Terguling Di Cikaum, Subang, Jawa Barat
Foto Agus Rafsodia Hendrawan

Akibat kejadin tersebut sebanyak enam gerbong kereta anjlok dan terguling keluar jalur rel KA dijalur 3. Kemudian roda gerbong keluar atau copot berserkan di jalur rel KA, akibat kejadian tersebut jalur KA dari Cirebon ke Jakarta tidak bisa dilalui.

Jadwal kereta api (KA) dari dan menuju Jakarta serta kota-kota lain di Pulau Jawa hingga pagi ini kacau akibat anjloknya kereta barang di Stasiun Cikaum, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Akibat 1 jalur KA wilayah Cikaum harus dilalui secara bergantian, jadwal kereta jadi berantakan.

Share:

Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan

Sampurasun ...

Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan

MANGYONO.com - Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea yang di Indonesia mudah ditemukan di sawah atau tepi saluran irigasi.

Semanggi bisa dijadikan pecel, sayur bening semanggi juga enak di tumis atau sekedar dikukus dicocol ke sambel kacang. Baca Tumis Daun Semanggi kuliner yang banyak khasiatnya

Semanggi... Gulma yang bisa dijadikan masakan 
Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan



Nah selain itu..... Tumbuhan ini juga memiliki mitos yang berkembang di masyarakat. Daun yang memiliki empat helai dan bernama latin trifolium repens ini disebut dengan four leaf clover. Daun four leaf clover dipercaya sebagai pembawa keberuntungan bagi yang bisa menemukannya, menurut legenda ada yang mengatakan jika seorang wanita menggantungkan four leaf clover di depan pintu rumahnya dan ada pria yang datang atas dasar kemauan sendiri kerumah wanita tersebut dipercaya pria itu adalah jodohnya dan akan menjadi suaminya.

Sehingga dapat disimpulkan bahawa tanaman Semanggi  atau four leaf clover ini merupakan daun unik yang langka. Dengan tingkat kelangkaan untuk menemukannya 1:1000.000. Kalau kita perhatikan daun ini memiliki kombinasi karakter warna hijau yang memiliki bercak hitam di pinggirnya, Dimana kondisi helai daun keempat lebih kecil dari daun lainnya.


Baca juga : Semanggi (Marsilea crenata)... Gulma yang bisa dijadikan masakan
Share:

Semanggi (Marsilea crenata)... Gulma yang bisa dijadikan masakan

Sampurasun ...

Semanggi... Gulma yang bisa dijadikan masakan

MANGYONO.com - Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea yang di Indonesia mudah ditemukan di sawah atau tepi saluran irigasi.

Musim hujan gini banyak ibu-ibu petani yang memperoleh daun semanggi di sawahnya lalu menjualnya kerumah-rumah dengan harga yang sangat murah, kebetulan saya mempunyai sawah yang banyak ditumbuhi gulma semanggi. Saya juga termasuk penggemar berat dari masakan semanggi. Selain dijadikan pecel, sayur bening semanggi juga enak di tumis atau sekedar dikukus dicocol ke sambel kacang. Baca Tumis Daun Semanggi kuliner yang banyak khasiatnya

Semanggi... Gulma yang bisa dijadikan masakan 
Semanggi... Gulma yang bisa dijadikan masakan


Baca juga : Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan

Share:

Sarapan Dodongkal / Awug

Sampurasun ...

Sarapan Dodongkal / Awug

MANGYONO.com - Sarapan dodongkal atau di daerah lain disebut juga dengan sebutan awug. Dodongkal itu makanan jaman dulu di daerah Dodongkal ini lumayan enak .. Dan yang penting bisa buat ganjel perut... Hahaha.

Dodongkal adalah makanan tradisional dari Jawa Barat, tepatnya saya sendiri tidak tahu pasti berasal dari daerah mana.  Waktu saya dulu sering banget nenek membuat kue dodongkal ini dan enak dimakan untuk sarapan, dan banyak juga yang jual kue dodongkal keliling kampung. Sekarang ini sudah jarang orang yang jual dodongkal. Tapi masih ada juga yang jual dodongkal di kampung saya mah, walau kadang gak rutin tiap hari. 

Sarapan Dodongkal / Awung
 Sarapan Dodongkal / Awung sambil ngeblogg


Bahan-bahannya simpel tapi menurut saya susah-susah gampang buatnya. Bahan utamanya dodongkal ini dari beras yang di haluskan atau dibuat tepung lalu di ayak, ditambah gula merah dan kelapa parut.


Share:

Cara Membuat Dodongkal / Awug

Sampurasun ...

Cara Membuat Dodongkal / Awug

MANGYONO.com - Bahan-bahan untuk membuat Dodongkal atau Awug simpel tapi menurut saya susah-susah gampang cara membuatnya. Bahan utamanya dodongkal ini dari beras yang di haluskan atau dibuat tepung lalu di ayak, ditambah gula merah dan kelapa parut.

Nah berikut ini cara membuat dodongkal atau di daerah lain disebut dengan nama Awug.

Cara Membuat Dodongkal / Awung

Bahan-bahan untuk pembuatan dodongkal:
  • 1,5 kg tepung beras yang sudah diolah setengah matang.
  • 500 gram gula merah disisir halus
  • 1/2 butir kelapa setengah tua, diparut
  • 2 sdt garam
  • 500 ml air untuk melarutkan garam ...
  • Daun pandan secukupnya

Untuk Taburan Dodongkal:
1/2 butir kelapa, parut beri garam dan vanili bubuk, terus dikukus selama 10 menit
Tepung beras yang diolah setengah matang:
  • Takar tepung beras sebanyak yang diperlukan ciprati air sampai berbutir sambil terus diaduk sampai rata, banyaknya air tergantung kelembaban tepung beras.
  • Masukan kedalam kukusan anyaman bambu atau aseupan, kukus selama 15 menit.
  • Setelah dikukus angkat dan tebarkan diatas tampah agar tidak menggumpal sampai penampakannya seperti nasi berbutir lalu dinginkan kira-kira 12 jam/semalaman.
  • Setelah dingin ayak dengan saringan, tepung beras setengah matang pun siap diolah.

Cara Membuat dodongkal :
  • Siapkan dandang/kukusan beri daun pandan pada air kukusan biar wangi
  • Campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras, beri air garam sedikit demi sedikit, aduk hingga lembab dan berbutir.
  • Siap kan wadah beri beberapa lembar daun pandan, kemudian sendokan gula merah, tepung beras secara berselang seling sampai habis lalu kukus. Untuk lapisan gula merah jangan terlalu tebal cukup tipis saja sedangkan lapisan tepung beras lebih tebal.
  • Kukus selama 15-20 menit sampai matang dan semua bahan menyatu
  • Siap disajukan dengan kelapa parut.
Share:

Vidio : Tanaman Pisang Terserang Ulat

Sampurasun ...

Vidio : Tanaman Pisang Terserang Ulat   

MANGYONO.com - Tanaman pisang saya yang dikebun belakang rumah terserang ulat pisang, ulat pisang itu memakan daun pisang sambil bersarang di daun pisang.

Walaupun tanaman Pisang tergolong sebagai tanaman yang kuat, bukan berarti tanaman ini kebal terhadap penyakit, ataupun serangan hama. Musuh dari tanaman ini sangatlah beragam mulai dari ulat hingga kumbang. 



Nah, berikut ini Vidio : Tanaman Pisang Terserang Ulat  
...
...
Share:

Vidio : Panen Madu Tawon Odeng Di Rumah Admin

Sampurasun ...

Vidio : Panen Madu Tawon Odeng Di Rumah Admin 

MANGYONO.com - Hari senin saya memanen madu Tawon  yang membuat sarang di atap, diatas langit - langit rumah saya.

Jumlah semua sarang madu tawon di rumah saya itu ada 6 keping, tapi yang diambil cuma 3 keping.. 3 keping lagi nanti kalau ada waktu lagi ... hehehehe.

Madu Tawon Odeng Di Rumah Admin
 Sarang Madu Tawon Odeng Di Rumah Admin 

Nah, berikut ini Vidio : Panen Madu Tawon Odeng Di Rumah Admin 
...
...
Share:

Vidio : Berburu sarang burung Pipit

Sampurasun 

Vidio : Berburu sarang burung Pipit

MANGYONO.com - Waktu saya masih kecil sekitar kelas 2 SD, waktu hidup di Kampung... hahaha... Sekarang juga masih bolak – balik kampung - Jakarta ... ding... hehehe. Saya sudah menjelajahi banyak sekali sarang burung. Sarang burung pipit, Burung Kutilang, elang, gagak, tekukur, puyuh dan burung-burung lainnya.... Tapi bukan burung tanda kutip loh... Hahhaha.. Untuk dicolong telurnya. Sampai saya sendiri tidak pernah tahu jenis burungnya apa. Saat itu, pengetahuan soal jenis burung masih sangat terbatas. Maklum.... Hidup di jaman kegelapan.... Hahaha.

Vidio : Berburu sarang burung Pipit
 Sarang burung Pipit  di kebun belakang rumah admin


Saya biasa mencari sarang burung untuk diambil telurnya atau anaknya. Jika kebetulan di sarangnya terdapat telurnya, saya mengambil telurnya. Dengan catatan telurnya masih belum siap dierami atau belum ada anaknya di dalam telur tersebut.

Burung pipit adalah musuh para petani... Karena suka menyerang tanaman padi.

Nah, berikut ini Vidio : Berburu sarang burung Pipit
...
...
Share:

Hadiri !!!... JOGED ASYIK DI SUBANG... Bersama Asep AS Bintang Pantura 3 Indosiar dan Artis Ibu Kota Lainnya

Sampurasun ...

Hadiri !!!... JOGED ASYIK DI SUBANG... Bersama Asep AS Bintang Pantura 3 Indosiar dan Artis Ibu Kota Lainnya

MANGYONO.com - PAMMI subang bekerja sama dgn DISBUDPARPORA Subang akan menggelar pentas seni musik tradisional dan modern.


HADIRI !!!
" JOGED ASYIK "

Dengan kegiatan Acara
Lomba KARAOKE dan Lomba JOGED.
Bagi para peserta yang Baik dan Heboh Jogednya, dapatkan hadiah yang menarik.

Sabtu 5 November 2016
Tempat : Lapang BINTANG Subang
Mulai : Pukul 10.00 WIB Sampai 00.00 WIB.

Pendukung Acara :
DISTIRA production.
Madu TJ & Hotcream dari KALBE FARMA.

Hadiri !!!... JOGED ASYIK DI SUBANG... Bersama Asep AS Bintang Pantura 3 Indosiar dan Artis Ibu Kota Lainnya

Acara akan di meriahkan oleh Artis Ibu Kota
MINAWATI DEWI
GONA ZENDER
Juga Menghadirkan
ASEP AS
dari BINTANG PANTURA 3 Indosiar.


Share:

Cerita Kenangan waktu kecil suka manjat pohon

Sampurasun ...

Kenangan waktu kecil suka manjat pohon

MANGYONO.com - Dulu dirumah nenek ada dua batang Pohon Mangga, sebatang Pohon Jambu air, serta Pohon Jambu Biji.

Dua jenis yang yang kerap saya panjat yaitu pohon jambu dan pohon jambu air. Selain karena buahnya yang tak mengenal musim, batangnya juga memiliki banyak dahan untuk memanjat. Dahan-dahan tersebut cukup liat untuk dipijak hingga ke ujung, sehingga memudahkan saat hendak menggapai buah yang letaknya jauh dari batang. Batang yang lentur seperti Pohon Jambu Biji juga menyenangkan untuk digunakan berayun-ayun menikmati hembusan angin yang sepoy - sepoy ... Hehehe.

Cerita Kenangan waktu kecil suka manjat pohon

 

Pohon Jambu biji letaknya di belakang rumah. Pohon Jambu Biji ini ideal sekali untuk dijadikan tempat leyeh-leyeh sepulang sekolah. Terkadang di hari libur, saya dan teman - teman duduk manis di atas pohon.

Pohon Jambu air letaknya ada di halaman depan, cukup tinggi untuk dipanjat. Hal asik yang dilakukan di pohon ini adalah memakan buahnya langsung di pohon. Dari atas pohon saya leluasa melihat orang yang lalu-lalang, termasuk teman-teman kecilku. Jadi pohon ini semacam tempat menunggu. Bila teman-temanku lewat depan rumah, saya tinggal merosot turun lalu pergi bermain bersamanya. Terkadang sampai lupa pamit ke Nenek... hihihi.

Pohon ini juga yang pernah membuat saya terpeleset oleh batangnya yang licin setelah hujan dan mengakibatkan dada lecet dan tangan sedikit terkilir. Takut dimarahi, saya tak melaporkan kejadian ini ke orangtua dan menikmati sakit dan bengkaknya berhari-hari sendiri... Hahaha. Ah, gak enak deh rasanya. Tapi toh tak membuatku kapok, tetap saja kebiasaan memanjat dilakukan setelah tanganku sembuh. Hingga kapan kebiasaan ini berhenti dengan sendirinya, aku tak tahu pasti.

Yang jelas, sensasi memanjat, berayun-ayun dan was-was dari kemungkinan jatuh saat menggapai buah yang jauh hingga kini masih bisa aku bayangkan. Jadi aku pun akhirnya memutuskan, untuk mencoba memanjat pohon mangga ... Itung - itung mengenang masa kecil ku ... Hahaha.


Berikut ini vidio saya yang manjat pohon mangga....

...
...
Share:

Petani Rambutan Subang Khawatir Gagal Panen Akibat Hujan

Sampurasun ...

Petani Rambutan Subang Khawatir Gagal Panen Akibat Hujan

MANGYONO.com - Saya mempunyai pohon rambutan di pekarangan Rumah. Sekarang sedang berbunga. Namun sekarang ini diguyur hujan terus - menerus

Pada budidaya tanaman rambutan, periode berbunga dan berbuah suatu tanaman adalah saat yang paling dinanti-nantikan. Hal ini dikarenakan harapan terbesar penanam adalah memanen buah dari tanaman yang sudah dirawat dengan baik dan dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Foto tanaman rambutan admin di pekarangan rumah.
Petani Rambutan Subang Khawatir Gagal Panen Akibat Hujan. 
Foto tanaman Rambutan admin di pekarangan rumah sedang berbunga.

Namun, harapan ini terkadang tidak menjadi kenyataan karena hujan mengguyur terus menerus dan akhirnya bunga rontok dan berguguran sebelum berkembang sempurna, berubah menjadi bakal buah. Kalaupun berubah, bakal buah yang terbentuk hanya berjumlah sangat sedikit.

Sudah hampir 2 bulan lebih musim penghujan tidak kunjung berhenti jua. Dari September sampai sekarang hujan terus mengguyur permukaan bumi nusantara, khususnya di Subang. Berdasar edaran bumi mengelilingi matahari biasanya akan terjadi pergantian musim hujan ke musim kemarau. Kalau matahari berada disebelah selatan belahan bumi maka akan musim kemarau, sedangkan jika matahari disebelah utara belahan bumi , maka akan musim penghujan.

Namun sejak turun musim hujan September bahkan Agustus sampai sekarang terjadi anomali musim yang cukup ekstrem.  Disaat bulan Agustus dan September biasanya kemarau, eh ditahun 2016 justru hujan terus sampai bulan Oktober ini.
 

Tanaman rambutan akan berbuah jika ada musim kemarau. Awalnya musim kemarau itu tanaman buah akan berbunga. Setelah itu sampai sekian bulan buah akan besar dan tua. Makanya bisa untuk dijadikan tanda jika awal musim kemarau maka tanaman rambutan akan berbunga. Nah diawal musim penghujan buah-buahan tersebut akan tua dan siap panen.


Tanaman rambutan admin sedang berbunga tapi diguyur hujan terus
Tanaman Rambutan admin sedang berbunga 
tapi diguyur hujan terus
 
Kenapa musim hujan terus menerus bikin tanaman buah nggak bisa berbuah ? Musim kemarau awal ditandai dengan munculnya bunga.  Bunga itu akan mengalami penyerbukan baik dibantu oleh angin atau serangga. Nah, setelah penyerbukan maka akan menjadi bakal buah. Tetapi kalau musim hujan tetap turun, maka bunga tersebut tidak bisa menjadi buah. Karena bunga yang baru muncul akan rusak dan gugur oleh hempasan air hujan.  Dismaping itu dengan curah hujan yang terus ada maka tanaman akan terpacu untuk memproduksi daun dan batang muda.  Produksi bunga sebagai bakal buah terhambat. Karena saat musim hujan tanah banyak mengandung asam sehingga merangsang pertumbuhan daun. Jika tanah kering dan banyak mengandung kaslium maka akan merangsang tanaman untuk menghasilkan bunga.
Share:

Yang Tersenggol : D’Academy Asia 2 ( D'AA 2) Grup C Babak 36 Besar

Sampurasun ...


Yang Tersenggol : D’Academy Asia 2 ( D'AA 2) Grup C Babak 36 Besar Jumat dan Sabtu 28-29 Oktober 2016


MANGYONO.com - Kompetisi Dangdut tingkat Asia, D’Academy Asia 2 yang disiarkan secara langsung oleh stasiun tv Indosiar memasuki babak 36 Besar grup C, setelah malam sebelumnya di Grup A Catty Rahman Singapura dan Jerry Kong Timor Leste, di Grup B Nasrie Karae Thailand dan Ryana Munap Brunei Darussalam harus tersenggol. Baca D'Academy Asia 2 : Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Timor Leste


Di D’Academy Asia 2 ( D'AA 2) ini penampilan peserta yaitu 2 malam berturut - turut. Untuk Grup C ini tampil pada Jumat dan Sabtu 28 - 29 Oktober 2016 dan voting juri dari 6 negara digabung dari penampilan tersebut

Berikut peserta babak 36 besar grup C
  • Irsya DA3 Indonesia 
  • Elda Susanti Malaysia
  • Gerson Oliveira Timor Leste
  • Ikah Jamil Singapura
  • Wan Ziqri Brunei Darussalam
  • Nur Rihan Thailand 
Berikut ini babak 36 besar grup C yang tampil pada hari Jumat 28 Oktober 2016 : 
i. Wan Ziqri Brunei Darussalam peserta pertama yang tampil
Wan Ziqri penampilannya mendapatkan beberapa kritikan dari dewan juri. Menurut Soimah banyak nadanya kurang tepat.

ii. Irsya Indonesia peserta kedua yang tampil.
Irsya sangat memukau sehingga banjir pujian dari dewan juri. 
Menurut Iis Dahlia ralnya top.

iii. Gerson Oliveira Timor Leste peserta ketiga yang tampil
Gerson mendapat komentar mengenai ekspresi dan artikulasi dari Yee Komentator Thailand.
 
iv. Elda Susanti Malaysia peserta keempat yang tampil.
Elda Susanti menyanyikan lagu "BIARLAH MERANA"
Menurut Komentator Mami Masidayu Malaysia, Elda dinamika lagunya kurang tapi secara keseluruhan bagus.
Menurut Ivan Gunawan pakaian yang digunakan Elda bagus banget, warna merah, saya suka dengan warna merah. 

 
v. Nur Rihan Thailand peserta kelima yang tampil.
Ivan Gunawan memberikan saran kepada Nur Rihan untuk baju dan rambutnya. 

vi. Ikah Jamil Singapura peserta keenam atau terakhir tampil. 
Menurut komentator dari Singapura Kak Ros, Ikah harus tetap terus belajar, jangan sering melihat lantai, harus percaya diri, jangan malu melihat kedepan ke penonton.

Setelah semua peserta tampil, saatnya penilaian oleh dewan juri yang berasal dari 6 negara yakni :
  • Pak Ngah dari Malaysia, 
  • Sukree Mamagh dari Thailand, 
  • Hetty Koes Endang dari Indonesia, 
  • Hendro Saky dari Timor Leste, 
  • Mayuni Omar dari Singapura 
  • DJ Daffy dari Brunei Darussalam. 

Berikut penilaian / voting oleh dewan juri yang berasal dari 6 negara hari Jumat 28 Oktober 2016 :
1. Irsya Indonesia : 521 Point
2. Elda Susanti Malaysia : 510 Point
3. Wan Ziqri Brunei Darussalam : 472 Point
4. Ikah Jamil Singapura : 467 Point
5. Gerson Oliveira Timor Leste : 463 Point
6. Nur Rihan Thailand : 463 Point

Sementara Irsya Indonesia unggul dengan 521 poin. Selanjutnya enam peserta tersebut akan kembali tampil nanti malam untuk menentukan peserta yang tersenggol di grup C babak 36 besar DAA2 ini.

Berikut ini babak 36 besar grup C yang tampil pada hari Sabtu 29 Oktober 2016 : 
i. Ikah Jamil Singapura peserta pertama yang tampil
Ikah Jamil dengan menyanyikan lagu "IJUK"
Menurut komentator Soimah, Ikah saat menyanyikan Ijuk terasa kosong. Sementara menurut Mami Masidayu, pitchingnya Ikah masih banyak.

ii. Wan Ziqri Brunei Darussalam peserta kedua yang tampil
Wan Ziqri menyanyikan lagu "MEMANG CANTIK OH CANTIK"
Menurut Komentator Iis Dahlian, teknik dan cara bernyanyi kamu salah, kurang buka mulut dan suara perutnya.


iii. Nur Rihan Thailand peserta ketiga yang tampil 
Nur Rihan menyanyikan lagu "KU TERLENA". 
Menurut komentator Ivan Gunawan, warna baju dan rambut kamu bagus banget malam ini.
  
iv. Gerson Oliveira Timor Leste peserta keempat yang tampil 
Gerson Oliveira menyanyikan lagu "JUDI". 
Menurut komentator Iis Dahlia, permasalahan cuma pada lirik-lirik yang tertukar. 

v. Elda Susanti peserta kelima yang tampil  
Menurut komentator Mami Masidayu penampilan Elda Susanti malam ini lebih baik daripada semalam. 

vi. Irsya Indonesia peserta keenam yang tampil
Menurut Iis Dahlia, Ngga ada catatan untuk Irsya, tapi di penampilan tadi  sebenarnya menunggu kejutan.

Setelah semua peserta tampil, saatnya penilaian oleh dewan juri yang berasal dari 6 negara yakni Pak Ngah dari Malaysia, Sukree Mamagh dari Thailand, Bunda Hetty Koes Endang dari Indonesia, Hendro Saky dari Timor Leste, Mayuni Omar dari Singapura dan DJ Daffy dari Brunei Darussalam.



Berikut penilaian / voting oleh dewan juri yang berasal dari 6 negara hari Rabu 28 Oktober 2016 :
1. Irsya Indonesia : 529 Point (1050 Point)
2. Elda Susanti Malaysia : 526 Point (1036 Point)
3. Gerson Oliveira Timor Leste : 492 Point (955 Point)
4. Ikah Jamil Singapura : 469 Point (936 Point)
5. Wan Ziqri Brunei Darussalam : 460 Point (932 Point)
4. Nur Rihan Thailand : 444 Point (907 Point)


Selanjutnya dari hasil akhir penilaian tersebut maka yang harus tersenggol adalah....


Nur Rihan Thailand dan Wan Ziqri Brunei Darussalam

Baca Juga : 
D’Academy Asia 2 ( DAA 2) Yang Masuk Babak 24 Besar
D’Academy Asia 2 ( DAA 2) Yang Masuk Babak 18 Besar
D’Academy Asia 2 ( DAA 2) Yang Masuk Babak 12 Besar 
D’Academy Asia 2 ( DAA 2) Yang Masuk Babak 9 Besar
D’Academy Asia 2 ( DAA 2) Yang Masuk Babak 6 Besar


Baca juga :  
Yang Tersenggol : D’Academy Asia 2 ( DAA 2) Grup A Babak 36 Besar 

Share: