Skip to main content

Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan

Sampurasun ...

Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan

MANGYONO.com - Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea yang di Indonesia mudah ditemukan di sawah atau tepi saluran irigasi.

Semanggi bisa dijadikan pecel, sayur bening semanggi juga enak di tumis atau sekedar dikukus dicocol ke sambel kacang. Baca Tumis Daun Semanggi kuliner yang banyak khasiatnya

Semanggi... Gulma yang bisa dijadikan masakan 
Semanggi... Gulma pembawa keberuntungan



Nah selain itu..... Tumbuhan ini juga memiliki mitos yang berkembang di masyarakat. Daun yang memiliki empat helai dan bernama latin trifolium repens ini disebut dengan four leaf clover. Daun four leaf clover dipercaya sebagai pembawa keberuntungan bagi yang bisa menemukannya, menurut legenda ada yang mengatakan jika seorang wanita menggantungkan four leaf clover di depan pintu rumahnya dan ada pria yang datang atas dasar kemauan sendiri kerumah wanita tersebut dipercaya pria itu adalah jodohnya dan akan menjadi suaminya.

Sehingga dapat disimpulkan bahawa tanaman Semanggi  atau four leaf clover ini merupakan daun unik yang langka. Dengan tingkat kelangkaan untuk menemukannya 1:1000.000. Kalau kita perhatikan daun ini memiliki kombinasi karakter warna hijau yang memiliki bercak hitam di pinggirnya, Dimana kondisi helai daun keempat lebih kecil dari daun lainnya.


Baca juga : Semanggi (Marsilea crenata)... Gulma yang bisa dijadikan masakan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar