--> Skip to main content

Kisah Nyata : Dahsyatnya ASI (Air Susu Ibu)

Sampurasun ...

Kisah Nyata : Dahsyatnya ASI (Air Susu Ibu)

MANGYONO.com - Gigin adalah anugrah untuk kami, setelah istri saya didiagnosa mempunyai Tekanan Darah Tinggi yang mengakibatkan patal bila Gigin dibiarkan dalam kandungan.

Gigin lahir prematur di usia kandungan 7,5 bulan dan berat 2,2 Kg. Gigin merupakan putra kedua saya. Kisah Baby Gigin bermula pada 12 Juni 2012, saat istri saya dibawah ke Rumah Sakit, malam harinya pada jam 19 WIB. Dokter menyarankan bayi harus dilahirkan hari itu juga.

Karena takut bayi keracunan dan infeksi, kami sekeluarga memutuskan untuk operasi caesar. Lahirlah Baby Gigin secara prematur pada Selasa 12 Juni 2012 tepat pukul 22 dalam usia kandungan 7,5 bulan dengan BB 2.2 Kg. Dan Baby Gigin tak bisa bernapas sendiri, dan bagian dad/paru - paru terlihat sangat cekung.

Hal ini membuat Baby Gigin harus masuk ruangan perawatan NICCU di RS Purwakarta, karena di RS Subang gak ada ruangan NICU. Pihak RS memperkirakan Baby Gigin harus dirawat selama 14-21 hari dengan biaya perhari sekitar 1,5-2 Juta. 

Baby Gigin saat diruangan NICCU Rs. Efarina Etaham ( Sekarang SILOAM)
Baby Gigin saat diruangan NICCU Rs. Efarina Etaham 
( Sekarang SILOAM)


Untuk asupan nutrisi Baby Gigin diberikan ASI yang saya ambil dari Istri saya yang baru pulang dari RSIA Mutiara Hati Pagaden, Subang, yang tiap harinya menghabiskan waktu 3 Jam untuk pulang pergi mengambil ASI. Dengan bantuan selang di mulut dan cairan infus untuk tambahan makanan serta anti biotik. Berat Baby Gigin saat lahir 2.2 Kg, sempat turun menjadi 2.1 Kg waktu masih pakai susu formula, lalu naik menjadi sekitar 2.4 Kg setelah diberikan ASI.

Alhamdulilah dengan di bantu do'a dan shalat malam, Allah swt mengabulkan do'a saya. Setelah waktu 7 hari anak saya diperbolehkan ke ruang frimatologi, pertanda anak saya sudah mulai sehat dan saya lihat tidak menggunakan mesin pendorong oksigen lagi, tapi masih harus di inkubator dan menghirup oksigen dalam tabung tanpa mesin pendorong.

 Baby Gigin sudah di ruang Frimatologi (Ruang Anak)


Hari demi hari saya lalui, bolak balik Purwakarta  - Subang  demi mendapatkan ASI serta mencari pinjaman  uang untuk biaya perawatan anak saya. Setelah 13 hari di lalui anak saya di perbolehkan untuk di bawa pulang karena sudah sehat dan sudah bisa minum susu dari dot.

 Baby Gigin sudah sehat dan sudah diperbolehkan pulang


Alhamdulillah  sekarang sehat selalu dan sudah berumur 4 Tahun walau tetep harus kontor Dokter tiap bulan... Tapi, saya tetap semangat.. Rezeki mah bisa dicari Nak....  

Gigin sudah berumur 4 Tahun dan sudah masuk PAUD
Gigin sudah berumur 4 Tahun dan sudah masuk PAUD


Dahsyatnya ASI (Air Susu Ibu)... 
Satu hal yang harus diyakini terlebih dulu adalah tiap ibu pasti bisa memberikan ASI untuk bayinya. Tuhan Yang Maha Pemurah telah menciptakan mekanisme produksi ASI begitu rupa sehingga semua bayi pada dasarnya bisa memperoleh haknya.

Saya masih ingat perkataan dokter RS. Efarina Etaham Purwakarta ( Sekarang SILOAM) Kata pak Dokter Aji.. Dahsyatnya ASI itu ...
 
ASI mengandung zat kekebalan yang membantu bayi melawan bakteri dan virus, contohnya ketika bayi saya yang dikasih susu formula malah beratnya turun. Tapi setelah diberikan ASI berat badanya naik.
 
ASI mengandung Zat gula yang mampu mengurangi infeksi pada bayi dan otak bayi membutuhkan laktosa dan galaktosa untuk berkembang. Sedangkan Laktosa juga dibutuhkan oleh bakteri usus yang berguna untuk berkembang.

Komposisi ASI yang di produksi oleh tubuh ibu akan selalu sesuai dengan kebutuhan umur bayi. Contohnya ketika bayi Gigin terlahir prematur, sang ibu akan memproduksi ASI yang mengandung protein dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan ibu yang melahirkan normal.

ASI sangat mudah dicerna bayi, karena ASI mengandung ensim yangmembantu bayi untuk mencernanya, ASI mengandung ensim lemak yang mudah di cerna. Begitu juga dengan Zat besi pada ASI mudah di serap tubuh bayi dibandingkan Zat besi pada susu formula karena Susu formula tidakmengandung ensim seperti pada ASI 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments