--> Skip to main content

Kenapa tumbuhan harus disiram?.

Sampurasun ...

Kenapa tumbuhan harus disiram?.

MANGYONO.com - Anak saya yang kecil bertanya kebada saya... Ada anak bertanya pada bapaknya... Haha..

Pak, kenapa tanaman harus disiram?. 

Kata saya teh.. 

"Dek Gigin, menyiram akan membuat tumbuhan tetap hidup dan pada suatu saat ia akan membalas budi dedek Gigin dengan berbunga, berdaun indah atau berbuah...."

Langsung saja anak saya yang kecil itu tersenyum dan merebut selang yang dipake menyiram bunga sama saya ... 

"Udah dede aja yang nyiram bunganya, pa.."

Kenapa tumbuhan harus disiram?. Dedek Gigin sedang menyiram bunga.
 Kenapa tumbuhan harus disiram?. 
Dedek Gigin sedang menyiram bunga.


Memang betul air merupakan zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan semua makhluk hidup lainnya. Air mempunyai banyak fungsi penting pada tubuh makhluk hidup. 

Sebagai contoh, air berfungsi sebagai tempat bagi banyak reaksi kimia. Jadi, jika kandungan air di dalam tumbuhan berkurang, maka reaksi reaksi kimia di dalam tubuh akan terganggu dan mengakibatkan tanaman layu dan mengering, bahkan menyebabkan kematian. Dengan menyirami tumbuhan, maka menyediakan air di dalam tanah sehingga dapat diserap oleh tumbuhan dan digunakan untuk mempertahankan kadar air di dalam tumbuhnya.

Selain itu, tumbuhan, seperti juga makhluk hidup lainnya, membutuhkan “makanan” untuk bertahan hidup, tumbuh dan berkembang. Makanan tumbuhan adalah zat-zat sederhana yang disebut “unsur hara” yang biasanya terdapat di dalam tanah. Agar unsur hara yang terdapat di dalam tanah ini dapat diserap dan digunakan oleh tumbuhan, maka unsur hara tersebut harus terlarut di dalam air. Dengan menyirami tumbuhan, maka adik-adik menambahkan air ke dalam tanah untuk melarutkan unsur hara, sehingga dapat diserap dan digunakan oleh tumbuhan.

Ada banyak lagi fungsi air untuk makhluk hidup..... 


...
...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments