Skip to main content

Agar Tanaman Singkong Menghasilkan Umbi Besar

Sampurasun ...

Agar Singkong Menghasilkan Umbi Besar

MANGYONO.com - PERTANIAN - Tadi saya lihat fostingan di medsos tentang tanaman singkong yang umbinya besar.. Postingan Mang Boy Selatan. Katanya 1 umbi aja beratnya lebih dari 1 Kg .... Sedangkan dalam satu pohon itu ada beberapa umbi.. tinggal kalikan aja ya berapa beratnya... Hehehe. Tanahnya juga gembur dan subur banget.. Beda dengan tanah di halaman rumah saya atau dikebun saya. Tanah yang bercampur kerikil dan pecahan genteng.. Pastinya harus pakai trik penyambungan...

Agar Tanaman Singkong Menghasilkan Umbi Besar
Agar Tanaman Singkong Menghasilkan Umbi Besar


Saya jadi teringat ujicoba saya waktu masih sekolah SD.. Supaya tanaman singkong umbinya besar dan banyak... Yaitu, menyambung bibit singkong. Singkong bibit unggul sebagai batang bawah dan singkong karet sebagai batang atas.  

Singkong karet itu tidak menghasilkan ubi tetapi berdaun rimbun... Nah, dengan banyaknya jumlah daun, maka pertumbuhan ubi semakin besar. Sebab, daun tempat berlangsungnya proses fotosintesis. Dari proses itu dihasilkan makanan yang akan dipasok ke seluruh bagian tanaman. Sedangkan kelebihannya akan disimpan dalam umbi. 

Sambungan antara singkong biasa dan singkong karet diikat dengan tali plastik. Jika terjadi penyumbatan, dipastikan sambungan tidak sempurna, jadi tidak layak dijadikan bibit. Bila kulit batang dan gabus berwarna putih dan tumbuh mata tunas, maka penyambungan itu berhasil.

Pemberian pupuk kunci utamanya. Yaitu menaburkan pupuk kandang pada lahan yang sudah diolah. Empat hari usai tanam, menambahkan 0,5 gram pupuk NPK di sekeliling batang. Dan menambahkan NPK lagi pada tanaman singkong setelah berumur 3 bulan. Untuk hasil maksimal singkong bisa dipanen pada umur 10 bulan.

Waktu itu umbi yang dihasilkan seberat 25 Kg ... Coba aja kalau ditanam di lahan 1 Ha ... Pasti untung dah... Semisal dalam 1 ha dengan jarak perpohon 1,5 Mtr x 1,5 Mtr terdapat 4.500 pohon... 4.500 pohon x 25 Kg ... Hitung sendiri aja ya ... Hehehe.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar