--> Skip to main content

Cara Menanam Katuk Di Pekarangan Rumah

Sampurasun ...

Cara Menanam Katuk Di Pekarangan Rumah

MANGYONO.com - Apakah sobat memiliki pekarangan di rumah, namun bingung hendak menanam apa ?. Bagaimana kalau anda mencoba untuk bertanam sayur mayur di perkarangan terbatas? Selain ikut berpartisipasi dalam gerakan GO GREEN sampil memperirit biaya dapur ... Hehehe.

Sebenarnya semua jenis sayuran dapat ditanam dalam skala kecil di halaman rumah. Namun untuk memilih jenis sayuran yang paling sesuai tentunya tergantung pada selera, kebiasaan setempat, variasi musim, luas halaman, dan ketinggian tempat....

Nah, sebeIum menanam sayuran diteliti bagian pekarangan yang subur, gembur, cukup disinari matahari, maupun yang tidak subur dan kurang mendapat sinar matahari. Hal ini perlu dilakukan karena adanya perbedaan perlakuan masing-masing jenis sayuran. 


Nah, di pekarangan rumah saya menanam katuk untuk sayuran dan sekaligus untuk pembatas tanah/pagar. 

Berikut ini langkah - langkah penanaman katuk dipekarangan rumah: 
i. Proses Pemilihan Bibit
Langkah dalam membudidayakan tanaman kantuk yang perlu dilakukan yakni proses pemilihan bibit, pilih bibit/tunas katuk dari tanaman katuk yang sehat, bebas dari hama, segar dan tidak cacat.

Bibit tanaman katuk
Bibit tanaman katuk

ii. Penanaman Tanaman Katuk
Langkah selanjutnya yaitu penanaman, yang perlu dilakukan yaitu
Menyiapkan lahan, bersihkan dari gulma dan gemburkan dengan menggunakan cangkul.

iii. Masukkan bibit tanaman katuk pada lubang dan tutup menggunakan tanah.

iv. Siram tanaman secara rutin selama 2 bulan.
Pada usia mencapai dari 2 bulan, sebaiknya dengan penyiraman pada tanaman katuk di kurangi karena tanaman katuk dapat hidup dimana saja asal pada unsur hara tercukupi.

v. Pemeliharaan Tanaman Katuk
Penyiangan (Pembersihan gulma)
Untuk penyiangan dapat dilakukan kapan saja tapi yang jelas penyiangan ini harus dilakukan ketika terlihat adanya gulma tumbuh di sekitar maupun di area lahan.

vi. Pendangiran (Penggemburan tanah)
Ini dilakukan untuk memudahkan sistem aerasi dan pengendara oksigen dalam tanah ke akar tanaman semakin lancar dan bagus. Nah, penggemuran dilakukan dengan cara melakukan pencangkulan kecil/penggemburan tanah di area sekitar akar, tapi hati-hati jangan sampai terkena akar pada tanaman katuk. 

vii. Penyiraman
Dengan melakukan penyiraman secara teratur menggunakan air yang bersih.

viii. Pemupukan
Pemupukan pada tanaman kantuk menggunakan 2 jenis pupuk, yakni pupuk cair dan padat. Pupuk cair yang di gunakan dapat dari fermentasi air kencing atau menggunakan urea yang dilarutkan air dengan cara menyemprotkan pada akar-akar katuk sehingga menambah kualitas panen katuk nantinya. Dan sebaiknya untuk pupuk padat yang dipakai dapat dari pupuk kandang seperti kotoran itik/ayam/entok, karen mengandung unsur hara nitrogen (N) dan kalium (K ) yang tinggi. 

ix. Pengendalian Hama Dan Penyakit
Pada umumnya hama dan penyakit yang sering menyerang pada tanaman ini ialah ulat hijau, jamur dan wereng hitam. Apabila yang menyerang seperti ulat hijau maka dapat mengambilnya secara manual dan memusanahkannya secara manual.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments