--> Skip to main content

Cara Mengolah Jantung Pisang

Sampurasun ...

Cara Mengolah Jantung Pisang

MANGYONO.com - Jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).

Jantung pisang dapat dimakan sebagai lalap maupun dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Seperti urap, pecel, gulai, lodeh, pepes, abon, tumisan sampai dengan beragam bumbu atau hanya direbus saja.

Jantung pisang rebus rasanya tawar dan berair, maka jika dimakan sebagai lalap biasanya dicocol sambal. Karena berserat dan empuk, jantung pisang juga dapat menjadi alternatif pengganti daging bagi vegetarian. 

Berikut ini cara mengolah Jantung Pisang
i. Bersihkan jantung pisang. Kupas kelopak luar jantung pisang yang berwarna merah sampai tinggal bagian dalamnya yang berwarna putih kemerahan. 


Kupas kelopak luarnya
Kupas kelopak luarnya 

ii. Setelah mengupas sampai kelopak muda, selanjutnya belah dua, cuci bersih.


Jantung Pisang dibelah dua
Jantung Pisang dibelah dua


iii. Nyalakan api, pasang Dandang atau Se'eng, tambahkan air untuk merebus, masukan jantung pisang. Untuk air perebusan usahakan Jantung Pisang terendam. Tutup bagian atas Dandang/ Se'eng Rebus sampai mendidih dan Jantung Pisang empuk.


Perebusan Jantung Pisang.
Perebusan Jantung Pisang.


iv. Setelah jantung pisang empuk, angkat dan tiriskan. Selanjutnya jantung pisan bisa dicocol sambal untuk pengganti daging....

Rebus jantung pisang sudah matang
Rebus jantung pisang sudah matang



Nah, biar lebih jelas toton vidionya DISINI

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments