Cabai saja harus Impor padahal Indonesia sebagai Negara Agraria

Sampurasun ...

Cabai saja harus Impor padahal Indonesia sebagai Negara Agraria

MANGYONO.com - Indonesia sebagai Negara Agraria dan pernah menjadi Swasembada Beras, ternyata kini harus impor produk hortikultura yaitu bawang dan cabai. 

Padahal setahu saya.... Indonesia sudah terbiasa dengan Cabai Basah atau Cabai Segar yang langsung dipanen oleh Petani lokal. Selain segar dan Kualitasnya terjamin, tidak ada bahan Pengawet. Cabai Kering dikhawatirkan mengandung bahan Pengawet, selain itu Penduduk Indonesia sudah terbiasa dengan Cabai yang langsung dipanen oleh Petani. 

Cabai saja harus Impor padahal Indonesia sebagai Negara Agraria
 Cabai saja harus Impor padahal Indonesia sebagai Negara Agraria... Yuk.. Tanam cabai dipekarangan rumah atau pot


Menurut saya sih seharusnya pemerintah harus melakukan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) di Pekarangan - pekarangan Rumah... Khususnya menjadi salah satu program pemerintah terutama Kementerian Pertanian (Kementan) dan dibantu atau disosialisasikan ke Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Kelurahan - kelurahan atau desa - desa.

Bibit Cabai Rawit Mang Yono
 Bibit Cabai Rawit Mang Yono


Menurut data .... Pekarangan yang ada di Indonesia mencapai 10 juta hektar. Coba saja bayangkan apabila lahan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal dengan ditanami cabai atau tanaman hortikultur lainnya, saya kira dapat menyelesaikan permasalahan kenaikan harga beberapa komoditas atau Indonesia gak perlu lagi Impor..... Betul Tidak?.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar