Nemu sarang burung ruak - ruak atau kareo dipohon padi

Sampurasun ...

Nemu sarang burung ruak - ruak atau kareo di Pohon Padi

MANGYONO.com - Hari senin tanggal 20 Maret 2017 saat saya melakukan pemupukan padi yang terserang hama wereng di sawah ciBandung saya menemukan sarang burung ruak ruak atau ada juga yang menyebut burung Kareo, kalau ditempat saya disebut hahayaman ada telurnya 3 butir.

Sarang berbentuk cawan terbuka dengan bahan sarang dari jerami atau rerumputan kering.Ukuran telur sebesar telur puyuh berwarna putih bercak - bercak merah kecoklatan.

Telur burungnya saya ambil bersama sarangnya... Untuk anak saya Gigin dan Gugum ... Hehehe.

  Nemu sarang burung ruak - ruak atau kareo dipohon padi



Sesampainya dirumah tuh telur burungnya saya rebus.. Gak berapa lama telurpun matang dan didinginkan sejenak, belum juga dingin... Eh, malah jadi rebutan tuh telurnya ....

Burung Ruak - ruak jumlah telur biasanya 3 - 6 telur per sarang... Masa pengeraman hampir sama seperti ayam, yaitu 20 hari. Bahkan anakan yang baru menetas pun memiliki karakter mirip ayam, yaitu begitu menetas langsung berdiri dan bisa keluar dari sarangnya. Meski demikian, induk betina dan induk jantan tetap merawat anakan hingga remaja.

Burung ruak ruak sering terlihat di kawasan berair seperti sawah bahkan bersarangnyapun disawah. Sura burung seperti ini....

Mungkin dinamakan burung ruak - ruak karena suaranya yang kruak... kruak... kruakk... Seperti ini ...

Sedangkan disebut burung Hahayaman karena anaknya seperti anak ayam 

Lihat vidio  Nemu sarang burung ruak - ruak atau kareo dipohon padi DI SINI
...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar