Belajar Sambung Sisip Pohon Mangga

Sampurasun ...

Belajar Sambung Sisip Pohon Mangga

MANGYONO.com Sambung sisip sebenarnya bukan teknik baru karena cara ini sebenarnya hanya memodifikasi teknik sambung mata alias okulasi. Dikatakan modifikasi karena "step by step" hampir mirip dengan okulasi, namun jika pada teknik okulasi yang ditempelkan adalah mata tunas, maka pada sambung sisip yang ditempelkan adalah ranting muda. Jika pada teknik okulasi hanya menempelkan 1 mata tunas saja, maka pada sambung sisip dapat ditempelkan ranting muda dengan lebih dari 1 mata tunas, bisa 2 mata tunas sekaligus, bahkan lebih. 

Belajar Sambung Sisip Pohon Mangga
Admin melakukan sambung sisip pada pohon Mangga.... 
Batang bawah yang akan disambung yaitu mangga manalagi. 
Sedangkan entres bagian atas yaitu mangga golek.

Mari kita belajar sama - sama ya...
i. Pilih titik penyambungan, kira-kira 5-10 cm di atas pangkal batang, iris kulit batang di titik penyambungan tersebut memanjang dari atas ke arah bawah, sepanjang 3-5cm, dengan lebar 7-10mm.

ii. Entres bisa dipilih mulai dari bagian pucuk hingga bagian bawah dengan 1-4 mata tunas, yang penting kulit entres masih berwarna hijau atau hijau keabuan.

iii. Letakkan entres yang telah disayat bagian pangkalnya, persis berhadapan dengan bidang sayatan kulit batang bawah yang telah disiapkan sebelumnya, lalu tempelkan dengan tepat sehingga terjadi pertemuan antara bidang iris entres dengan bidang sayatan kulit batang bawah . Umumnya, entres tidak akan jatuh karena terjepit oleh "lidah" kulit yang disisakan sebagai dudukan atau penyangga entres.

iv. Ikat bidang sambungan menggunakan irisan plastik yang tipis namun sangat lentur dan kuat. Ikatan dimulai dari bawah, sekitar 5mm dibawah sambungan, melingkar sambil menarik plastik ke arah atas, menutup rapat seluruhnya hingga kira-kira 5mm di atas entres yang ditempelkan atau menutupi entres atas.

Untuk melihat vidio Belajar Sambung Sisip Pohon Mangga silahkan DI SINI
  
...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar