Cara Menggali dan Mengangkat Bakalan Bonsai Loa

Sampurasun ...

Cara Menggali dan Mengangkat Bakalan Bonsai Loa

MANGYONO.com - Ketika saya dibelakang rumah saya menemukan bakalan atau calon bonsai yang cocok yaitu tanaman Loa dan masih tertanam di tanah liar. Saya bermaksud mengambilnya, berikut ini teknik cara menggali, mengangkat bakalan bonsai Loa yang baik dan benar. 

Yang paling menentukan keberhasilan penggalian adalah kehati-hatian agar sistem akar tidak rusak, terutama akar-akar halusnya. Itu semata-mata agar tanaman Loa yang mau diambil agar tetap bertahan hidup sampai dipindahkan ke media yang baru. Harus menggunakan alat-alat gali bonsai sesuai keperluan.

 Cara Menggali dan Mengangkat Bakalan Bonsai Loa


Nah berikut ini adalah tips menggali dan mengangkat tanaman yang baik:
i. Gunakan sekop atau cangkul kecil/kored dan galilah sekeliling tanaman secara melingkar dengan diameter minimal tujuh kali diameter batang tanaman.

ii. Kedalaman penggalian tergantung jenis tanahnya, tetapi lebih aman adalah tiga kali diameter batang bawah tanaman.

iii. Perhatikan akar tunjang yang vertikal. Potonglah akar ini menggunakan sekop, gergaji ataupun pisau secara hati-hati. Jangan sampi merusak akar rambut pada perakaran sekitarnya. Usahakan tanah yang menempel di akar tidak rontok.

iv. Setelah itu, cabut tanaman dengan cara digulingkan ke samping. Siapkan karung untuk membungkus bagian bongkah akar agar tetap lembab. Ikat erat karung tadi agar tanah tidak buyar.
v. Jika ada cabang-cabang yang terlalu melebar boleh dipangkas tetapi harus tetap menjaga batang yang diinginkan. 

vi. Begitu juga dengan daun-daun boleh dibuang tetapi jangan sampai gundul agar tanaman tidak menderita.

v. Tempatkan tanaman bakalan bonsai Loa ditempat ternaungi. Agar sinar matahari tidak langsung terkena ke tanaman bakalan bonsai Loa. 

vi. Lakukan penyiraman dan untuk penyiraman selanjutnya dilakukan seminggu sekali.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat vidio Cara Menggali dan Mengangkat Bakalan Bonsai Loa DI SINI

...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar