Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air

Sampurasun ...

Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air

MANGYONO.com - Cara perbanyakan tanaman adalah salah satunya sambung sisip. Sambung sisip bisa dilakukan pada batang bawah asal biji atau batang dewasa.


Adapun langkah-langkahnya secara ringkas adalah sebagaiberikut:
i - Cari batang bawah atau indukan yang batangnya kecil dan terjangkau, terus sayat atau kupas dengan lebar 5 mm dan panjang kupasan 3-5 cm

ii - Entres (tunas yang akan digunakan untuk bagian atas) haruslah dari jenis unggul dan masih berwarna hijau/hijau agak kecoklatan karena pertumbuhannya lebih baik.

Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air
Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air


iii - Entres bisa dipilih mulai dari bagian pucuk hingga bagian bawah dengan 1-4 mata tunas

iv - Letakkan entres yang telah disayat bagian pangkalnya, persis berhadapan dengan bidang sayatan kulit batang bawah yang telah disiapkan sebelumnya, lalu tempelkan dengan tepat sehingga terjadi pertemuan antara bidang iris entres dengan bidang sayatan kulit batang bawah . Umumnya, entres tidak akan jatuh karena terjepit oleh "lidah" kulit yang disisakan sebagai dudukan atau penyangga entres.

v - Ikat bidang sambungan menggunakan irisan plastik yang tipis namun sangat lentur dan kuat. Ikatan dimulai dari bawah, sekitar 5mm dibawah sambungan, melingkar sambil menarik plastik ke arah atas, menutup rapat seluruhnya hingga kira-kira 5mm di atas entres yang ditempelkan atau menutupi entres atas.

Untuk lebih jelasnya Cara Sambung Sisip Pohon Jambu Air silahkan lihat vidionya DI SINI

 

...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar