Cara Tradisional Mengetahui pH Tanah Apakah Asam Atau Tidak

Sampurasun ...

Cara Tradisional Mengetahui pH Tanah Apakah Asam Atau Tidak

MANGYONO.com - Untuk keberhasilan budidaya tanaman kita harus mengetahui kondisi tanah. Salah satu yang sangat penting adalah kadar keasaman tanah (pH).


Sesuai yang saya tau untuk ukuran pH tanah itu antara 0-14. Tanah dengan pH 0-7 bersifat asam, sedangkan pH 7-14 bersifat basa. Tanah dengan pH rendah ataupun tinggi akan mempersulit tanaman menyerap unsur hara. Artinya, tanaman mampu menyerap optimal unsur hara tersebut pada kondisi pH netral, yakni 7.

Cara Tradisional Mengetahui pH Tanah Apakah Asam Atau Tidak
 Cara Tradisional Mengetahui pH Tanah Apakah Asam Atau Tidak

Nah, berikut ini Cara Tradisional Mengetahui pH Tanah di Lahan Apakah Asam Atau Tidak... Ini kata orang tuwa loh...
i. Ambil kunyit seukuran jempol tangan. Potong menjadi dua bagian. Langkah berikutnya, ambil sampel tanah dari keempat penjuru lahan ditambah satu titik di tengah lahan.

ii. Kemudian tanah dari 5 titik tersebut diaduk secara merata dan basahi dengan air.

iii. Tahap selanjutnya, masukkan satu potongan kunyit ke dalam tanah yang sudah dibasahi lebih kurang 30 menit. Lalu angkat, kemudian perhatikan dan bandingkan warna potongan kunyit yang dicampur dalam tanah dengan potongan yang tidak dicampur.

iv. Apabila warna kunyit menjadi pudar, maka dapat dipastikan lahan tersebut memiliki kadar keasaman yang tinggi, pH di bawah 7. 

v. Apabila warna kunyit tetap, pH tanahnya netral, mendekati 7. 

vi. Sedangkan, jika warna kunyit menjadi biru, maka kadar keasaman tanah tersebut rendah, pH di atas 7.

Tapi cara tersebut memang belum terukur tepat, sebab, hanya mengetahui tanah itu asam atau tidak. Berapa tingkat keasamannya tidak diketahui, sehingga masih sulit dalam pemberian perlakuan pada tanah. Karena itu perlu cara yang lebih terukur. Tentunya dengan menggunakan alat, baik menggunakan kertas lakmus atau pemakaian alat pH meter.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar