Petani Pagaden Barat, Subang Berduka

Sampurasun ...

Petani Pagaden Barat, Subang Berduka

MANGYONO.com - Daerah Subang tengah khususnya Kecamatan Pagaden, Pagaden Barat, & Cipunagara. Tanaman padi petani diserang Kerdil Rumput (klowor/bentet), terutama varietas : 

Ketan Gendel dan benih bantuan varietas Ciherang, IR 64, Mekongga yang benihnya disubsidi pemeriintah dengan istilah di daerah saya binih dapet nebus dari KCD jadi mandul mandul.

Menurut beberapa pengakuan petani di daerah saya benihnya jelek sudah tidak tahan hama & penyakit sehingga tidak layak ditanam.

Petani Pagaden Barat, Subang Berduka
Petani Pagaden Barat, Subang Berduka

Kerdil Rumput artinya kondisi pertumbuhan padi tidak normal dan kerdil. Hama ini tidak hanya menyerang Desa bendungan, Pagaden Barat. Tetapi juga Pagaden dan Cipunagara. Petani tidak bisa berbuat banyak atas serangan hama ini. Mereka pun pasrah. Namun berharap ada penyuluhan dari pemerintah agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Hj. Nurbaeah, salah seorang petani yang ditemui MANGYONO.com saat sedang memanen padinya mengatakan, hasil panen kali ini tidak menguntungkan. 


“Biasanya setiap panen bisa 13 Ton lebih, sekarang hanya 10 karung. Kalau 1 karung itu biasanya berisi 40-50 kilogram padi."

Sedihnya, admin malahan panennya hanya 2 karung dari 4.500M2. Bahkan ada yang sama sekali tidak panen. Kalau di sini ada sekitar 10 ha yang gagal panen dan dilakukan tanam ulang.. Akantetapi tanaman ulang tersebut sudah ada tanda - tanda diserang kerdil rumput.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar