Cara Menumbuhkan Akar Pada Mahkota Nanas Untuk Ditanam.

Sampurasun ...

Cara Menumbuhkan Akar Pada Mahkota Nanas Untuk Ditanam.

MANGYONO.com - Untuk menanam nanas dari mahkota yang terdapat di atas buah nanas, sebaiknya kita menumbuhkan akarnya terlebih dahulu. Ini untuk meminimalis kegagalan pada penanaman nanas. 

Akar nanas akan keluar dari bagian pertemuan mahkota dan buah, dan tanpa bagian ini tanaman nanas baru tidak dapat tumbuh.


Baca juga :


FOTO 1 :  Mahkota Nanas belum dipisahkan dari buah Nanas.
 FOTO 1 :
Mahkota Nanas belum dipisahkan dari buah Nanas.

Nah, berikut ini cara menumbuhkan akar pada mahkota nanas :
i. Kelupas beberapa helai daun di bagian bawah untuk membukan batang nanas. Hal ini bertujuan agar batang mengeluarkan akar setelah ditanam. Kelupas hingga beberapa inchi batang nanas terbuka. Potong buah nanas tanpa melukai batangnya.

 Cara Menumbuhkan Akar Pada Mahkota Nanas Untuk Ditanam.
 FOTO 2 :
Mahkota Nanas belum tumbuh akar.
    

ii. Isi satu gelas besar atau potongan bekas botol kemasan air mineral dengan air. Mulut gelas/botol harus cukup lebar untuk memuat mahkota nanas.

iii. Tusukkan beberapa tusuk gigi atau potongan sapu lidi ke dalam mahkota nanas. Letak tusuk gigi saling berseberangan satu sama lain di dekat puncak batang. Tekan cukup dalam agar tidak bergerak. Tusuk gigi ini bergunan untuk menahan mahkota nanas di dalam gelas air.

iv. Masukkan mahkota nanas ke dalam air. Tusuk gigi harus berada di tepi gelas. Batang nanas harus terendam di dalam air, dan daunnya harus mencuat ke permukaan.

Ini rendaman mahkota nanas umur 1 minggu,
FOTO 3 :  
Ini rendaman mahkota nanas umur 1 minggu, 
pertumbuhan akarnya sudah panjang dan siap ditanam di tanah langsung atau pot

v.  Letakkan gelas di jendela yang mendapatkan banyak sinar matahari dan tunggulah hingga akarnya mulai tumbuh. Pertumbuhan akar bisa memakan waktu satu minggu.

Mahkota nanas sudah tumbuh akar, siap untuk ditanam
 FOTO 4 : 
Mahkota nanas sudah tumbuh akar, siap untuk ditanam


Nah, biar lebih jelasnya silahkan lihat vidionya DI SINI


...

...
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar