Apakah Boleh Tanam Singkong Dengan Posisi Miring?.

Sampurasun ...

Apakah Boleh Tanam Singkong Dengan Posisi Miring?.

MANGYONO.com - Ada email masuk ke redaksi MANGYONO.com ( blogmangyono@gmail.com ) dari Wimanda Novita SMPN 1 Sidoarjo. Beliau menanyakan apakah bisa jika menanam singkong dengan posisi batangnya dimiringkan 45° atau batangnya ditidurkan. Berikut ini suratnya...



"Selamat pagi dan maaf mengganggu . Saya Wimanda Novita dari SMPN 1 Sidoarjo.Saya ingin bertanya tapi sebelum itu saya ingin mengucapkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya karena blog yang bapak buat sangat membantu saya dalam pengerjaan tugas.yang ingin saya tanyakan adalah "Apakah setiap bapak menanam  tanaman stek singkong batangnya selalu berdiri?apakah bisa jika batangnya dimiringkan 45° atau batangnya ditidurkan?" dan "bagaimana bapak biasanya menanamnya?apakah ada alasan mengapa bapak menanam stek singkong dengan posisi seperti itu?". Saya ucapkan terima kasih sebanyak banyaknya karena bapak sudah mau membaca pertanyaan saya ini.sekian. " Wimanda Novita Putri.
Apakah Boleh Tanam Singkong Dengan Posisi Miring?.

Menurut saya, boleh saja menanam singkong dengan posisi miring, bahkan bagi petani singkong cara menanam dengan posisi miring akan menghasilkan umbi banyak. Asal jangan menanam dengan posisi terbalik ... Batang singkong yang ditanam secara TERBALIK memang sih akan tetap tumbuh, tetapi akan menghasilkan ubi yang BERACUN. Tingkat racunnya bisa sampai membunuh ternak, misal kambing atau sapi. 

Batang ubi yang ditanam rebah akan menghasilkan batang yang banyak karena setiap mata tunas akan tumbuh, biasanya cara ini dilakukan oleh petani singkong yang hanya menjual daunnya saja. Karena batang akan tumbuh di pangkal (bag bawah batang), tengah batang, tunas di ujung (bag atas batang).
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar