BUNGA GELOMBANG CINTA / Wave Of Love

Sampurasun ...

Bunga Gelombang Cinta

MANGYONO.com - Tanaman Anthurium / Gelombang Cinta "wave of love" termasuk jenis tanaman primadona di kalangan pecinta tanaman hias, karena Anthurium memiliki kesan yang mewah dan eklusif. 

Tanaman Anthurium berkembang pesat di daerah yang beriklim tropis, seperti di sebagian Benua Amerika, dan Benua Asia termasuk di Indonesia. Di Indonesia, Anthurium yang paling digemari konsumen antara lain: Anthurium Jemani, Anthurium Hokeri, Anthurium Plowmani Croat, yang dikenal sebagai Anthurium Gelombang Cinta, Anthurium Keris, 

BUNGA GELOMBANG CINTA / Wave Of Love
BUNGA GELOMBANG CINTA / Wave Of Love


Nama latin : 
Anthurium Plowmanii Croat 

Ciri khas: 
Bentuk daun panjang dengan ujung daun meruncing. 
Susunan daun kompak dan tebal dengan tepi bergelombang. 
Permukaan hijau mengkilap dengan gurat daun jelas. 
Ukuran daun (panjang dan lebar):100 cm, 10-30 cm
Saludang (spathe):ungu
Tongkol (spadix):ungu dengan panjang 10-30 cm
Nama populer:“gelombang cinta”, wave of love

Klasifikasi Anthurium Gelombang Cinta / Wave Of Love
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Alismatales
Famili : Araceae
Genus : Anthurium
Spesies : Anthurium Plowmanii

Harga dari Gelombang Cinta / Wave Of Love pernah menyentuh level yang fantastis. Anthurium ini pernah membikin ‘heboh’ semua orang, mulai hobiis, pedagang tanaman hias, spekulant sampai para ibu rumah tangga yang dulunya tidak pernah menanam bunga sekalipun tiba-tiba ‘rame-rame’ ingin menanamnya.

Pada kurun waktu sekitar tahun 1997-2008-an , para pedagang tanaman hias pernah berjaya mengeruk rupiah. Bahkan biji tanaman gelombang cinta, dijual dengan harga Rp.5.000 hingga Rp.10.000,- , Apalagi kalau sudah tumbuh dengan daun 5 hingga 7 lembar dapat dijual hingga satu setengah juta rupiah. 

Tanaman ini dapat beradaptasi dengan baik , mulai dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian sampai 1400 m dpl. Tanaman ini membutuhkan intesitas cahaya matahari cukup sekitar 30-60% . Intensitas cahaya yang terlalu tinggi , bisa menyebabkan tanaman akan menguning dan warna daun memudar bercak - bercak putih. Begitu juga bila intensitas cahaya terlalu rendah, maka pertumbuhan tanaman kurang optimal, produktivitas bunga menurun serta batang menjadi lunak.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar