--> Skip to main content

Cara Menanak Nasi Dengan Seeng dan Kukusan Bambu

Kuliner...

Cara Menanak Nasi Dengan Seeng dan Kukusan Bambu

MANGYONO.com - Masak nasi pakai cara tradisional atau menggunakan seeng dan kukusan itu meski lama dan butuh proses yang tepat, tapi rasa nasi yang dihasilkan akan jauh lebih nikmat daripada hasil masak rice cooker. Saya nulis postingan ini juga sambil nunggu nasi mateng, ... Hahah. 

Memang betul sekarang ini jaman semakin canggih, pengen apa - apa tinggal colok... tekan.. Pengen masak nasi tinggal colok dan tekan, tapi apa salahnya kita juga coba cara tradisional yang terbukti hasilnya lebih bagus.

FOTO 1 : Cara Menanak Nasi Dengan Seeng dan Kukusan Bambu
FOTO 1 : 
Cara Menanak Nasi Dengan Seeng dan Kukusan Bambu


Nah, berikut ini cara menanak nasi dengan seeng dan kukusan bambu 
1. Siapkan dulu berasnya. Jangan lupa cuci dulu ya sampai bersih. Remas berasnya dan sedikit kosek-kosek supaya kulit beras yang tertinggal bisa ikut terangkat dengan air. 

FOTO 2 :   Beras siap dicuci
FOTO 2 : 
Beras siap dicuci


2. Letakan kukusan diatas seeng. Lalu isi dengan 2 1/2 gayung air.
 
3. Masukan beras yang sudah dicuci kedalam kukusan bambu.

4. Tunggu sekitar 15 menitan. Cek apakah berasnya sudah lumayan lembek. Caranya, ambil centong nasi, tekan beras yang dikukus tadi. Kalau terasa keras dan padat tidak berbutir, itu sudah cukup.

5. Angkat nasi setengah matang tadi. Siapkan dulang kayu / baskom, masukkan nasi setengah matang tadi ke dulang.
 
6. Ini adalah tahap mengaroni nasi. Air yang masih ada di bawah kukusan tuang juga ke beras yang sudah di dulang. Air yang dimasukkan harus pas, ya..

7. Kukusan anyaman bambu kembali di letakan di se'eng, lalu isi air 2 gayung. Lalu masukan nasi setengah matang ke kukusan. Tutup dan tunggu kurang lebih 30 menit.


8. Nasipun sudah matang.. Siap untuk makan bersama keluarga...


FOTO 2 :  Nasi sudah matang ..
   FOTO 2 : 
Nasi sudah matang ..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments