Cara penggunaan pupuk kandang di lahan sawah

Sampurasun ..

Cara Penggunaan pupuk kandang di lahan sawah

MANGYONO.com - Pupuk kandang sudah digunakan para petani Indonesia sejak berabad-abad lampau, baik itu dalam keadaan segar maupun yang telah dikomposkan.

Pada umumnya pupuk kandang mengandung hara makro N, P, K rendah, tetapi mengandung hara mikro dalam jumlah cukup yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Fungsi N bagi tanaman padi adalah memberikan warna hijau tua pada bagian tanaman sebagai komponen klorofil, merangsang kecepatan tumbuh atau menambah tinggi dan jumlah anakan, menambah ukuran daun dan gabah, menambah jumlah gabah per malai dan menambah kandungan protein gabah. kekurangan N menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat dan daun menjadi kering, juga akan memperlihatkan gejala klorosis yang pada awalnya akan terlihat pada daun tua, sedangkan daun muda tetap berwarna hijau.

Penggunaan pupuk kandang di lahan sawah
 Penggunaan pupuk kandang di lahan sawah

Pupuk kandang menyediakan semua unsur hara makro bagi tanaman, terutama nitrogen. Nitrogen yang terdapat dalam pupuk kandang berbentuk nitrat, suatu zat yang mudah larut dan diserap akar tanaman. Bentuk seperti ini sama dengan yang disediakan oleh pupuk kimia sintetis.

Penggunaan pupuk kandang di lahan sawah lebih sedikit dibanding lahan kering (pangan dan sayuran). Biasanya para petani di Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat menggunakan pupuk kandang sebagai tambahan pupuk kimia dengan dosis kurang dari 2 ton per ha.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar