Mangga Manalagi.. Ngerujak Bikin Nambah.. Nambah.. Dan Nambah Lagi

Sampurasun ...

Mangga Manalagi.. Ngerujak Bikin Nambah.. Nambah.. Dan Nambah Lagi.

MANGYONO.com - Orang yang telah mencicipi buah mangga manalagi yang sudah matang berpendapat bahwa rasa khas mangga yang satu ini seperti perpaduan rasa antara mangga arumanis dan juga mangga golek. Nikmat pokoknya kalau diceritakan mah!. 

Buah mangga manalagi lebih kecil jika dibandingkan dengan golek. Ukurannya sedang dengan kulit buah yang masih muda hijau dan apabila matang juga masih hijau tetapi agak keabuan. Kulit mangga yang satu ini juga dipenuhi dengan bintik-bintik putih yang jumlahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Sementara itu daging buahnya padat dan berserat. Kulit buah tebal dan berlilin. Mangga manalagi ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemetikan dari pohon.

Mangga Manalagi.. Pohonnya pendek gakperlu memanjat
Mangga Manalagi.. Pohonnya pendek gakperlu memanjat


Selain dalam keadaan matang atau mengkal, buah mangga manalagi ini juga banyak dikonsumsi dalam keadaan mentah sebab rasa asamnya tidak terlalu dominan seperti jenis mangga lainnya. Ia populer dijadikan bahan rujak. Nikmat pokonyah mah!... 

Seperti kjadia hari Minggu... Saya dan tetangga rujakan mangga Manalagi... Pertama metik mangga Mana lagi 4 buah cukup untuk bumbu rujak satu "coet" cobek... Eh, sudah habis datang tetangga yang lain ikut rujakan... Otomatis ya harus nyambel rujak lagi dan metik mangga Manalagi... Begitu dan begitu seterusnya.. Sampai lah pada bumbu rujak ke-5, ini merupakan "Ronde" rujak yang terakhir karena bahan bumbunya sudah habis, terutama cabe rawitnya..........

Sambel rujak Manalagi
Sambel rujak Manalagi

Mangga si manalagi ini mengandung beragam senyawa penting yang memiliki khasiat naik bagi tubuh. Senyawa tersebut antara lain vitamin A, B kompleks, C, D dan juga E. Ada pula sejumlah mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, selenium, serat atau fiber, beta karoten, zat besi dan masih banyak lagi lainnya. Dengan mengkonsumsi mangga manalagi secara teratur, kita bisa menanggulangi beberapa penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi lainnya. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar