Skip to main content

Serangan Hama Lembing Batu Pada Tanaman Padi Di Pagaden Barat, Subang

Pertanian...

Serangan Hama Lembing Batu Pada Tanaman Padi Di Pagaden Barat, Subang

MANGYONO.com - Serangan hama lembing batu menyerang tanaman padi di kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Prov Jawa Barat

Hama lembing batu menjadi ancaman serius bagi petani di wilayah Pagaden Barat, Serangan hama tersebut, terjadi pada tanaman padi semua fase pertumbuhan tanaman padi. Hama lembing batu berkembang dengan cepat dan perkembangannya terhambat bila sawah dalam keadaan tergenang air. 

Di fase vegetatif hama lembing batu menyerang batang tanaman, dengan cara menghisap cairan yang ada didalam tanaman, jika tidak ditanggulangi tanaman akan kerdil dan daun akan menguning atau kemerahan seperti terbakar dalam waktu 3-7 hari tanaman akan mati, sama halnya di fase generatif, hama lembing batu menyerang batang tanaman dan menghisapnya.


Nah, untuk penanggulangan hama lembing batu agar tidak meluas atau untuk membasminya hari Minggu, 10 Desember 2017, melakukan penyemprotan  insektisida dan menggenangi tanaman padi dengan air setinggi 10 - 15 cm agar hama lembing batu tidak berpindah dan masuk ke rumpun tanaman padi saat dilakukan penyemprotan insektisida
 


Pengendalian hama lembing batu dengan cara penyemprotan dengan insektisida, dengan sebelumnya petakan sawah digenangi dengan tujuan agar lembing batu tidak dapat bersembunyi dicelah-celah tanaman dan akan secara bertahap naik ke permukaan daun, penyemprotan lembing batu disarankan dilakukan pada waktu pagi hari sekitar jam 6 sampai 10 pagi, jika disore hari jam 3-5 sore. sedangkan penggunaan pestisida yang tetap sasaran akan mengefisiensikan dana, waktu dan tenaga. pengendalian hama lembing batu dengan menggunakan dengan BESTOX 50 EC. Insektisida berbahan aktif Alphacypermethrin 50 gr/lt dengan Nomor Pendaftaran RI.1177/6-2002/T berbentuk pekatan kuning muda jernih yang dapat diemulsikan dalam air. Sangat Efektif mengendalikan  hama Lembing Batu.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar