Skip to main content

Rabu 31 Januari 2018 Ada Gerhana Bulan Super Moon, Blue Moon, Blood Moon

Gerhana ...

Rabu 31 Januari 2018 Ada Gerhana Bulan Super Moon, Blue Moon, Blood Moon

MANGYONO.com - Gerhana Bulan Total (GBT) bakal terjadi di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Momen ini akan terjadi pada hari Rabu 31 Januari 2018  atau bertepatan tanggal 14 Jumadil Awal 1439 H.


Gerhana bulan yang berlangsung mulai pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB itu dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

 Rabu 31 Januari 2018   Ada Gerhana Bulan Super Moon, Blue Moon, Blood Moon
 Rabu 31 Januari 2018 
Ada Gerhana Bulan Super Moon, Blue Moon, Blood Moon


Umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan salat gerhana bulan atau salat Khusuf. Selain itu, juga diimbau berzikir, istigfar...

Gerhana bulan total akan berlangsung cukup lama. Detik-detik gerhana bulan total pun akan dimulai pada pukul pukul 18.48 WIB bagian bawah purnama mulai tergelapi oleh bayangan bumi. Kemudian pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB bulan menjadi gelap kemerahan saat seluruh purnama masuk ke bayangan inti bulan.

Gerhana bulan total 31 Januari 2018 ini sangat istimewa. Lantaran fenomena alam itu memiliki tiga sebutan.
1. Pertama yaitu Super Moon. Sebutan itu disematkan karena jarak bulan sangat dekat dengan bumi. Karena itu, purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya.
2. Disebut Blue Moon karena ini purnama kedua pada Januari, setelah 1 Januari lalu. Blue moon juga merupakan kejadian cukup langka karena ini merupakan bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan Januari 2018 ini. Fase kejadian ini tidak memiliki hubungan dengan warna biru sang rembulan.
3. Disebut Blood Moon karena saat gerhana total, bulan tampak merah darah.

Jadi gerhana bulan pada 31 Januari 2018 boleh disebut Super-Blue-Blood-Moon... Yuk, kita
melaksanakan salat gerhana bulan atau salat Khusuf, berzikir, istigfar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar