logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Bakar / Panggang OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda

Kuliner ...

Cara Bakar / Panggang OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda

MANGYONO.com - Opak ketan Bakar adalah Makanan ringan dari jenis kue kering tradisional yang dapat bertahan cukup lama tanpa bahan pengawet, yaitu olahan dari beras ketan yang dicampurkan dengan kelapa parut, gula, garam dan penyedap. Campuran bahan ini kemudian dibuat menjadi adonan opak dan dibentuk bulat pipih lalu dijemur kering dan dipanggang matang.

OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda
OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda


Opak sendiri merupakan makanan ringan khas warga sunda yang tentunya akan banyak sekali ditemukan di berbagai acara seperti hajatan dan syukuran. Makanan ringan ini sengaja dibuat untuk suguhan dan jamuan keluaga dan para tamu yang datang.

Terdapat dua jenis opak ketan yang banyak dibuat, yaitu opak ketan dengan rasa manis dan opak ketan dengan rasa asin. Nah, yang sedang dipanggang oleh ibu - ibu ini adalah opak ketan dengan rasa asin yang dicampur kelapa parut dan penyedap.


Setelah dijemur kering opak - opak tersebut dipanggang di atas bara api sampai mengembang dan menjadi opak garing renyah. Bolak-balik opak saat pemanggangan supaya matang merata. Angkat dan sisihkan. Begitu seterusnya.

 Mamah Oon dan Mamah Nina   sedang panggang OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda
 Mamah Oon dan Mamah Nina 
sedang panggang OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda

Simpan opak yang sudah dipanggang matang dalam kantong plastik besar atau toples dengan penutup supaya tetap renyah.

Panggang OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda
 Panggang OPAK KETAN Kuliner Tradisional Sunda


Kue kering tradisional opak ketan ini bisa dijadikan cemilan renyah, suguhan di meja tamu atau juga kue oleh-oleh alias berekat atau pontang. Di berbagai acara hajatan lokal kue opak ketan juga biasanya menjadi salah satu kue suguhan khas pada acara ini. Selamat mencoba!


Silahkan lihat vidionya DI SINI




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger