logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Fumigasi Efektif Membasmi Tikus Bersama Anak - Anaknya

Pertanian...

Fumigasi Efektif Membasmi Tikus Bersama Anak - Anaknya

MANGYONO.com - Untuk mengendalikan tikus, petani biasanya juga melakukan dengan cara pengemposan atau fumigasi. Alat empos yang ada kebanyakan terbuat dari tabung kaleng dengan pemakaian kipas yang diputar secara manual. Cara tersebut menghasilkan  tenaga dorong angin untuk mengipas jerami atau rumput kering yang telah ditaburi belerang.


Setelah memasukan jerami kering atau rerumputan kering yang telah ditaburi belerang ke dalam tabung, jerami disulut dengan api sambil diputar. Dengan perlakuan tersebut, asap akan mengepul dari moncong.


Pada prinsipnya, fumigasi adalah mengubah komposisi udara dengan zat atau senyawa racun pernafasan. Hewan sasaran pengendalian akan mati akibat terkena dampak racun inhalasi tersebut. Fumigator yang ekonomis dan telah banyak dipakai oleh petani pantura, khususnya di wilayah Jawa Barat, berupa tabung untuk membakar jerami kering yang diberi serbuk belerang dan dilengkapi kipas khusus untuk meniupkan asap racun ke dalam lubang sarang tikus.

Fumigan atau bahan yang digunakan untuk menghasilkan asap racun adalah serbuk belerang.  Pada umumnya, racun dibuat dengan membakar serbuk tersebut sehingga menghasilkan asap racun belerang dioksida (SO2).

Setelah fumigasi dilakukan, sebaiknya lubang tikus ditutup dengan lumpur atau tanah basah untuk memastikan tikus tidak keluar sehingga mati beserta anak-anaknya di dalam lubang sarang nya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat vidionya DI SINI

 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger