--> Skip to main content

Fumigasi Efektif Membasmi Tikus Bersama Anak - Anaknya

Pertanian...

Fumigasi Efektif Membasmi Tikus Bersama Anak - Anaknya

MANGYONO.com - Untuk mengendalikan tikus, petani biasanya juga melakukan dengan cara pengemposan atau fumigasi. Alat empos yang ada kebanyakan terbuat dari tabung kaleng dengan pemakaian kipas yang diputar secara manual. Cara tersebut menghasilkan  tenaga dorong angin untuk mengipas jerami atau rumput kering yang telah ditaburi belerang.


Setelah memasukan jerami kering atau rerumputan kering yang telah ditaburi belerang ke dalam tabung, jerami disulut dengan api sambil diputar. Dengan perlakuan tersebut, asap akan mengepul dari moncong.


Pada prinsipnya, fumigasi adalah mengubah komposisi udara dengan zat atau senyawa racun pernafasan. Hewan sasaran pengendalian akan mati akibat terkena dampak racun inhalasi tersebut. Fumigator yang ekonomis dan telah banyak dipakai oleh petani pantura, khususnya di wilayah Jawa Barat, berupa tabung untuk membakar jerami kering yang diberi serbuk belerang dan dilengkapi kipas khusus untuk meniupkan asap racun ke dalam lubang sarang tikus.

Fumigan atau bahan yang digunakan untuk menghasilkan asap racun adalah serbuk belerang.  Pada umumnya, racun dibuat dengan membakar serbuk tersebut sehingga menghasilkan asap racun belerang dioksida (SO2).

Setelah fumigasi dilakukan, sebaiknya lubang tikus ditutup dengan lumpur atau tanah basah untuk memastikan tikus tidak keluar sehingga mati beserta anak-anaknya di dalam lubang sarang nya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat vidionya DI SINI

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments