Skip to main content

Anget , Enak ... Banyak Manfaat Makan Daun Pohpohan

Sampurasun ... 

Anget , Enak ... Banyak Manfaat Makan Daun Pohpohan

MANGYONO.com - Daun poh-pohan paling sering digunakan sebagai lalapan, terutama pada masakan sunda. Rasanya yang khas dan aromanya yang harum, sangat cocok untuk menambah citarasa makanan. Namun, bukan itu saja manfaat daun pohpohan. Daun ini sangat kaya nutrisi sehingga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Anget , Enak ... Banyak Manfaat Makan Daun Pohpohan
Anget , Enak ... Banyak Manfaat Makan Daun Pohpohan 

Sambal dan lalapan menjadi bagian tidak terpisahkan dalam tradisi kuliner Sunda. Sungguh berasa nikmat makan lalapan pohpohan. Apalagi lalapan itu ternyata juga mengandung antioksidan alami yang berkhasiat menjaga kesehatan badan.

Daun poh-pohan rasanya enak, wangi segar, serta hangat. Tanaman pohpohan tumbuh di daerah pegunungan. Tanaman pohpohan di Indonesia tumbuh pada ketinggian 500-2.500 m, biasanya tumbuh pada daerah yang ternaungi seperti hutan, tepian hutan, jurang, tepian sungai atau air terjun alias curug

Kandungan gizi daun pohpohan sangat lengkap, termasuk kalsium, protein, karbohidrat, vitamin A, zat besi, energi, vitamin C, zat fosfor, lemak, dan vitamin B1. 

Tidak hanya lezat sebagai lalapan, ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh serta melawan berbagai penyakit. Dengan rutin mengkonsumsi daun ini, masalah akan teratasi.

Bukan hanya orang Sunda yang harusnya mempelajari tentang khasiat lalapan poh-pohan, tapi semua orang sebaiknya mengetahuinya. Apa saja manfaatnya.

Nah, inilah penyakit yang dapat diobati menggunakan daun pohpohan:
1. Sakit pinggang dan kram
2. Nyeri otot tulang.
3. Nyeri haid
4. Osteoporosis
5. Tekanan darah tinggi
6. Kencing manis
7. Kepikunan dini
8. Risiko kanker
9. Gangguan jantung
10. Kulit kering dan kusam
11. Mengatasi wasir
12. Mencegah reumatik
13. Menjaga kesehatan akar gigi
14. Membantu mineralisasi gigi




 LIHAT VIDIONYA DISINI



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar