Tahapan Memisahkan dan Perawatan Anak Ayam Kampung dari Induknya Dari Umur 1-10 Hari

Sampurasun ...

Tahapan Memisahkan dan Perawatan Anak Ayam Kampung dari Induknya Dari Umur 1-10 Hari

Tujuan utama pemisahan anak ayam dari induknya adalah untuk meningkatkan produksi telur dan mengurangi tingkat kematian anak ayam. Induk ayam kampung yang dipisahkan dari anak-anaknya akan segera melakukan perkawinan dan bertelur kembali sehingga tingkat produktifitas lebih tinggi.

Tahapan Memisahkan dan Perawatan Anak Ayam Kampung dari Induknya  Dari Umur 1-10 Hari
 Tahapan Memisahkan dan Perawatan Anak Ayam Kampung dari Induknya
Dari Umur 1-10 Hari


 Cara pembuatan kotak indukan
– Kotak indukan bisa berbentuk kotak atau sesuai bahan yang tersedia

– Bahan untuk pembuatan kotak indukan bisa dari bambu yang dibelah kecil-kecil atau kawat ayam dengan diameter 0,5-1 cm

– Lantai kotak indukan sebaiknya tidak terlalu terlalu renggang Atau sebaiknya diberi alas kardus atau triplek. Supaya kaki anak ayam terhindar dari cacat/luka karena terjepit.

– Ukuran kotak indukan disesuaikan dengan jumlah anak ayam, misalnya untuk 8-40 ekor anak ayam kotak indukan dibuat dengan ukuran panjang 1 meter, lebar 60 cm dan tinggi 60 cm.

Cara Memisahkan dan Perawatan Anak Ayam (DOC) Kampung dari Induknya
1. Anak ayam yang baru menetas segera dipisahkan dari induknya dan dimasukkan ke dalam kotak indukan.

2. Anak ayam umur 1-10 hari diberi lampu pemanas dengan temperatur yang sesuai. Lampu pemanas dinyalakan pada malam hari atau di siang hari ketika suhu dingin.

3. Pada malam hari atau ketika hujan dan angin kencang kotak indukan ditutup menggunakan terpal/karung goni agar anak ayam kampung terhindar dari stres dan kedinginan

4. Temperatur suhu kotak indukan harus selalu dikontrol, apabila anak ayam bergerombol mendekati lampu berarti kurang hangat, apabila menjauhi lampu berarti suhu terlalu panas, apabila anak ayam menyebar berarti temperatur sesuai

5. Pemberian pakan dan minum, anak ayam kampung umur 1-10 hari pakan harus tersedia sepanjang hari dan tidak terbatas jumlahnya. Pakan diberikan 3-4 kali dalam satu hari, pakan diletakkan pada wadah yang mudah dijangkau oleh anak ayam atau disebar di lantai.

6. Untuk menekan/mengurangi tingkat kematian anak ayam kampung, kotak indukan harus selalu terjaga kebersihannya. Kotoran dan sisa pakan dibersihkan setiap hari


Lihat Vidio Tahapan Memisahkan dan Perawatan Anak Ayam Kampung dari Induknya 



 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar