--> Skip to main content

Cara Membasmi Walang Sangit / Kungkang Pada Tanaman Padi - Secara Kimia

Sampurasun …

Cara Membasmi Walang Sangit Pada Tanaman Padi - Secara Kimia

MANGYONO.com - Walang sangit merusak hampir semua jenis tanaman. Tanaman yang paling disukai serangga hama ini adalah tanaman padi.

Masyarakat Sunda menyebutnya hama walang sangit  dengan sebutan kungkang. Walang sangit akan mengeluarkan bau yang khas dan menyengat ketika ia sedang dalam bahaya. Bau khasnya itu merupakan bentuk dari pertahanan diri dari ancaman pemangsa.

Walang sangit dewasa bertahan hidup sekitar 2-3 bulan, walang sangit betina mampu menghasilkan telur berwarna merah kecoklatan sebanyak 200-300 butir , telur tersebut diletakkan berkelompok dipermukaan atas daun dekat tulang utama malai. Setelah 5-8 hari telur akan menetas menjadi nimfa. Nimfa akan menjadi serangga dewasa sesudah 17-27 hari.

Walang sangit biasanya menyerang tanaman padi ketika sedang memasuki fase generatif (pembungaan) sampai fase matang susu. Kerusakan oleh walang sangit menyebabkan petani kehilangan hasil panen antara 50% hingga 80%.

Cara Membasmi Walang Sangit / Kungkang Pada Tanaman Padi - Secara Kimia


Walang sangit menyerang dengan cara menghisap cairan tangkai bunga dan bulir padi pada fase pengisian bulir dan pemasakan bulir. Hal ini menyebabkan pengisian bulir padi menjadi tidak sempurna dan menyebabkan bulir padi hampa.

Tanaman padi yang terserang hama walang sangit akan menghasilkan beras dengan kualitas yang buruk, beras yang dihasilkan akan berubah warna kekuningan dan mengapur sehingga daya jualnya akan rendah.

Berikut adalah cara pengendalian Walang sangit secara kimia

Cara pengendalian dengan bahan kimia terlebih dahulu harus dipastikan apakah hama walang sangit masih diambang ekonomi atau tidak, jika sudah melewati ambang ekonomi yakni 6 ekor/meter persegi sebaiknya dilakukan pengendalian dengan penyemprotan.

Bahan aktif pestisida yang cocok untuk hama walang sangit adalah. 

  • Abamectin
  • BPMC (Biphenil Metil Carbamat)
  • Siromazin
  • Dinotefuron
  • Esfenvalerat
  • Karbofuran
  • Imidakloprid
  • Fipronil
  • Fenobukarb
  • Dimehipo
  • MIPC

Nah, dari banyaknya bahan aktif saya menggunakan 

Besvidor 25 WP Imidakloprid 25% 1 – 2 gram/liter


BESVIDOR 25 WP adalah insektisida racun kontak dan lambung berbentuk tepung yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama walang sangit, wereng coklat, penggerek batang pada tanaman padi. Penyemprotan dilakukan pada pada sore atau pagi hari.


Lihat vidionya DISINI 


youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments