logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Permainan Tradisional Gatrik

Permainan Tradisional Gatrik

Sampurasun ... Rampess ... GATRIK salah satu permainan yang tidak pernah kita jumpai lagi atau mungkin tjarang  kita temukan lagi yaitu permainan Permainan Tradisional Gatrik atau pun Permainan Petak umpet ini adalah nama di daerah tempat Mamang yaitu daerah Subang , mungkin di tempat anda mempunyai nama yang berbeda atau mempunyai nama lokal tersendiri biasanya begitu.

Cara permainannya yaitu dimainkan dengan dua orang atau bisa lebih dengan dua bilah kayu pendek dan kayu panjang atau biasa di sebut Gatrik jika lebih dua orang maka di bentuk kelompok atau grup yang berhadapan dengan di awali melempar kayu pendek ke wok yang berbentuk lubang atau garis atau bisa juga  membentuk sandaran dari batu untuk gatrik pendek


Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Tradisional Gatrik

 Ada tiga babak permainan, pertama dengan menyilangkan gatrik pendek diatas batu atau wok dengan  dilempar memakai gatrik panjang, nah tugas lawan adalah menjaga dan berusaha menangkap lemparan gatrik pendek, jika tidak bisa maka masih ada kesempatan lagi yaitu dengan memasang gatrik panjang di atas batu atau wok dengan posisi menyilang, sekarang yang dilempar adalah gatrik pendek bila kena ke gatrik panjang maka gantian kelompok lawan yang memainkan gatri.


 Bila permainan masih kalah maka masuk ke babak kedua yaitu dengan cara permainan gatrik panjang dan gatrik pendek dipegang oleh pemain gatrik, gatrik pendek di pukul keras - keras supaya terlempar jauh dan tugas untuk lawan yaitu menjaga atau berusaha menangkap gatrik pendek yang terlempar tersebut, kalau tidak bisa tertangkap maka harus berusaha mendekatkan lemparan gatrik pendek tersebut supaya terlempar mendekat wok atau sandaran batu, supaya pemain gatrik tidak mendapat kan nilai karena terlalu dekat ke wok dan tidak bisa di jengkal.


       Babak ke tiga atau permainan terakhir yaitu biasa disebut dengan gepok lele yaitu dengan cara menaruh gatrik pendek sejajar dengan wok lalu dipukul bagian ujungnya supaya gatrik pendek tersebut terpental agak naik nah kalau sudah begitu tinggal di pukul sekali lagi dengan tenaga pooool, tugas penjaga atau lawan tetap berusaha menangkap lemparan gatrik pendek yang dipukul tersebut bila tidak tertangkap maka pemain gatrik tinggal menghitung jarak antara jatuhnya gatrik pendek  ke wok atau batu sandaran, biasanya di hitung kelipatan lima... sepuluh.... lima belas... dua pulu dan seterusnya nah jumlah nilai itu menentukan kemenangan dalam permainan gatrik ....



Terimakasih Anda sudah membaca tentang Permainan Tradisional Gatrik semoga "bermanpaat" orang sunda tidak bisa bilang "bermanfaat" heheheeh
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

67 komentar

ini permainan cowok si mang, pernah tau temen2 cowok main gituan.. feremfuan ga maen gini, tapi namanya sama kok, GATRIK \o/

Balas

kalau dikampungku sana mang itu namanya bentik, dan permainanya asik juga mungkin anak2 sekarang sudah pada lufa

Balas

permainannya aneh, namanya juga aneh. saya ndak pernah tau jenis permainan ini. mungkin bisa dilestarikan jenis permainan ini di bulan agustus pas ada acara lomba2. tapi lbh bagus lagi buat bapak2 yg mainin. biar generasi mudanya tertarik

Balas

iya mbak ini permainan cowok karena memerlukan keberanian untuk menangkap gatrik pendek dan harus gesit kadang kadang gatrik pendek terlempar ke muka sipenangkap.

Balas

oooh namanya hampir sama ya mas... ya seru apa lagi kalau sudah tahap ketiga dan potongan kayu pendek terlempar jauh dari wok seneng rasanya menghitungnya .... kalau di masukin ke permainan games seru mungkin hehehh

Balas

ya mbak ini permainan kekuatan tenaga dan keberanian heheheh, karena beresiko kadang kadang kayu pendeknya terlempar ke arah sipenangkap.. ide yang bagus nih nanti ah mamang mau ngajuin proposalnya ke ketua karang taruna heheheh

Balas

Permainan seperti ini memang mengasyikan, untuk anak-anak sebenarnya sangat penting dan bermanfaat, karena bisa meningkatkan energi postip. :-bd :-bd :-bd

terima kasih sudah berbagi

Balas

seru karena bisa nyoraki yang kalah.. heehe

Balas

saya baru tau mang ada permainan gatrik..disni adanya jangkrik hihihhi*sngat bermanpaat mang hahah ikut2an nggak bisa ngomong bermanfaat hiahahia* na kalau petak umpet orang jawa menamakannya *delik-delik an heheh*

Balas

ya mas yang kalah akhirnya nangis heheeh

Balas

ya betul pak Penyuluh... sekaligus belajar menghitung dan ketangkasan... terimakasih sudah berkunjung kawan

Balas

ya ini permainan ketangkasan cuma yang mempunyai kekebalan tubuh karena harus tahan lemparan ke sipemain heheh... jangan ditiru adegen ini karena berbahaya jhaaahahaa... hahahah kata bermanpaat jadi panjang nih hehhehe... ada juga petak umpet menamakan dengan boy - boyan, hong - hongan tergantung daerah hehehe,

Balas

hehehe, nangis nya gara2 malu disoraki

Balas

saya dulu sering main beginian mang , jadi inget masa dulu ya kira2 gimana kabar permainan tersebut , kalah pasti sama mainan jaman sekarang :(

Balas

kalo di kampung ku , nama nya patuk lele mang, tapi bahaya nih kalo kena kepala,, permainan dahulu zaman waktu kecil lebih sehat di banding zaman sekarang, anak2 nya diem dirumah maen Playstasion 2 dan playstasion3 serta alat2 canggih lain nya

Balas

untuk mengenang permainan masa lalu boleh dicoba sekarang heheheh.... ya anak - anak jaman sekarang main Games dan Ps hehehe

Balas

ya betul mas.. ehheeh pengalaman ya... tapi besoknya tetep main lagi heheheh

Balas

ya mas ... cuma namanya yang berbeda ya... iya betul sekali mas permainan ini harus gesit dan tangkas serta kebal badan hehehe.... tapi kalau permainan ini dimasukin ke permainan Ps2 atau Ps3 mungkin banyak peminatnya heheheh

Balas

ini dia permainan kesukaan saya dulu waktu masih duduk di bangku SD. hehe.. tapi sekarang tampaknya permainan ini udah gak ada lagi di wilayah saya gan. anak SD jaman sekarang bermainnya kalo playstation ya ke warnet. pergantian jaman emang cepet banget perkembangannya

Balas

iya betul mas Andres... permainan yang seru dan mengasyikan.... tapi kurang diminati oleh anak - anak jaman sekarang... terimakasih kunjungannya gan..

Balas

kalo di tempat daerah ku...namanya tak kadal..mungkin mang :)

Balas

wah bagus namanya mas hampir mirip ya dengan tepok lele heehe... ya tiap daerah berbeda - beda nama tapi satu tujuan hehehe

Balas

ooo kalau ditempat saya namanya enthik mas

Balas

Boy band ada nggak mang hhehe

Balas

Di tempat saya namanya obak deli'an mas.hehe

Balas

kalo didaerah saya sih ada waktu saya kecil dan nggak tau namanya
tapi sekarang udah punah

Balas

ooooh lain daerah lain nama ya ... daerah mana tuh mas?

Balas

wah wah bagus juga namanya ya, bang ... daerah mana tuh?

Balas

iya gan, karena sekarang banyak bermunculan permainan permainan yang super canggih, tanpa harus lari - lari hehehehe

Balas

bukan cuma org sunda yg gk bisa ngomong bermfaat .. wong ngapak juga ndak bisa loh hahaha
.

Balas

Mang., postingan nya membuat saya nostalgia nih.,
kalau saya zaman dulu mainanya angrybird mang.,
heheheh

Balas

hahahah wong ngapak - ngapak kie hehehhe ... tegal ya heheeh

Balas

iya hitung hitung mengenang ke waktu kecil, bisa reuniantuh heheheh

Balas

kunjungan sinag mang hapy weekend yuaaaaaaaaah

Balas

terimakasih kunjungannya kang...

Balas

jadi inget baheula mang pas nuju imut-imutna hehe

Balas

selamat sore mang apakabarnya nih semoga sehat selalu

Balas

di tempat saya itu namanya enthik mang...hehe harus dilestarikan ini permainan ya bang

Balas

wah kalo ditempat saya namanya juga udah beda lagi mang.. bukan gatrik maupun enthik, tapi benthik.
hohoho

Balas

nuju Abegeh ya kang ehheeh

Balas

selamat siang kang... kabar baik, saku yang ndak sehat kang hehehehe

Balas

oooh namanya sampir sama ya... iya betul supaya anak cucu dapat mengenalnya ehheeh

Balas

tapi masih ada ik - ik nya ya heheheh.... permainan yang mengasyikan heheheh

Balas

Sarua euy di Garutge namanya Gatrik,ini permainan yang paling mengasikan Mang,and saya pernah bocor di bagian leher akibat kena sabetan bambu gatrik huhuhu sakit Mang,,,

Balas

sarua nya kang...

duh kasian kang dede, tapi setelah itu main lagi kan kang hehe

Balas

Dulu sering main beginian, tapi lupa namanya. :|

Balas

Anak kota masih ada yang main gatrik ngga ya :)

Balas

iya mang mungkin karena pakenya kayu kalo dipukul bunyi "tik - tik" gitu jadinya akhiran namanya selalu ik

Balas

lapangan udah byk dibuat rumah, byk anak skrg ga tau pmainan ini

Balas

namanya bulu tangkis mas *heuheu

Balas

kalo anak kota mainnya game gatrik :D

Balas

apa kabar mang yono :) sehatkah disana.. semoga sehat n sukses selalu.
lama gak kesini ya aku mang, agak pangkling dikit *hehe

Balas

itu bulu yang ditangkis mas heheeh

Balas

memang ada game gatrik mas Andes?

Balas

iya betul, tapi dikampung mamang anak anak masih mainan ini...

Balas

Alhamdulillah kabar baik mas, terimakasih sudah mampir mas

Balas

ini ada yang bilang ini namanya permainan "Getok Lele" juga. keep good share kawan

Balas

iya betul sob... mungkin seperti memukul lele ya... terimakasih kunjungannya

Balas

betul tuh yang dibilang mang yono, jadi dalam memainkan gatrik ini perlu keberanian extra. apalagi jika dimainkan siang hari, kalo kena muka pasti langsung benjol mbak. tapi jika dimainkan malam hari justru makin seru dan gak bakal kena muka deh dijamin :D

Balas

game gatrik ini sangat seru permainannya mang yono, sangat menguji mental dan skils para gamers. tapi kok sayanganya belum ada deh kayaknya mang game gatrik *hihihi

Balas

kalo di tempat saya namanya ini patok lele ahahahaa

Balas

karena seperti memukul lele mungkin ya mas

Balas

duh kang dede kasin banget sampe pernah bocor, tapi sekarang udah gak benjol kan kang dede *hihihi

Balas

wah tegal terkenal ngapak2nya juga ya mang *hihihi

Balas

wah bener tu mang permainan kaya gini sekarang dah langka, waktu ane masih leutik ane masih sempet main nu kieu, tapi budak ayeuna mah teu aya kang....
artikel hebat pokonamah, ngangkat budaya asli urang sunda.

Balas

pasti kang Alex tarik ngebugna nya heheeh.... iya kang sudah kalah dengan permainan modern yang serba canggih, yang ndak usah keluar keringat hehehe

Balas

Permainan saya sewaktu kecil...
heheehe...
tapi sangat disayangkan,,, permainan yang semakin hari semakin dilupakan...

Balas

- Silahkan berkomentar dengan baik.
- Nanti saya akan mengunjungi balik ke blog sobat, kalau sobat punya blog

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger