Permainan Tradisional Gatrik

Sampurasun ... Rampess ... 

MANGYONO.com - Permainan Tradisional Gatrik.

GATRIK salah satu permainan yang tidak pernah kita jumpai lagi atau mungkin tjarang  kita temukan lagi yaitu permainan Permainan Tradisional Gatrik atau pun Permainan Petak umpet ini adalah nama di daerah tempat Mamang yaitu daerah Subang , mungkin di tempat anda mempunyai nama yang berbeda atau mempunyai nama lokal tersendiri biasanya begitu.

Permainan Tradisional Gatrik. Cara permainannya yaitu dimainkan dengan dua orang atau bisa lebih dengan dua bilah kayu pendek dan kayu panjang atau biasa di sebut Gatrik jika lebih dua orang maka di bentuk kelompok atau grup yang berhadapan dengan di awali melempar kayu pendek ke wok yang berbentuk lubang atau garis atau bisa juga  membentuk sandaran dari batu untuk gatrik pendek.

Permainan Tradisional Gatrik
  Permainan Tradisional Gatrik

 Ada tiga babak permainan, pertama dengan menyilangkan gatrik pendek diatas batu atau wok dengan  dilempar memakai gatrik panjang, nah tugas lawan adalah menjaga dan berusaha menangkap lemparan gatrik pendek, jika tidak bisa maka masih ada kesempatan lagi yaitu dengan memasang gatrik panjang di atas batu atau wok dengan posisi menyilang, sekarang yang dilempar adalah gatrik pendek bila kena ke gatrik panjang maka gantian kelompok lawan yang memainkan gatri.

Bila permainan masih kalah maka masuk ke babak kedua yaitu dengan cara permainan gatrik panjang dan gatrik pendek dipegang oleh pemain gatrik, gatrik pendek di pukul keras - keras supaya terlempar jauh dan tugas untuk lawan yaitu menjaga atau berusaha menangkap gatrik pendek yang terlempar tersebut, kalau tidak bisa tertangkap maka harus berusaha mendekatkan lemparan gatrik pendek tersebut supaya terlempar mendekat wok atau sandaran batu, supaya pemain gatrik tidak mendapat kan nilai karena terlalu dekat ke wok dan tidak bisa di jengkal. 

Babak ke tiga atau permainan terakhir yaitu biasa disebut dengan gepok lele yaitu dengan cara menaruh gatrik pendek sejajar dengan wok lalu dipukul bagian ujungnya supaya gatrik pendek tersebut terpental agak naik nah kalau sudah begitu tinggal di pukul sekali lagi dengan tenaga pooool, tugas penjaga atau lawan tetap berusaha menangkap lemparan gatrik pendek yang dipukul tersebut bila tidak tertangkap maka pemain gatrik tinggal menghitung jarak antara jatuhnya gatrik pendek  ke wok atau batu sandaran, biasanya di hitung kelipatan lima... sepuluh.... lima belas... dua pulu dan seterusnya nah jumlah nilai itu menentukan kemenangan dalam permainan gatrik .... Terimakasih Anda sudah membaca tentang Permainan Tradisional Gatrik semoga "bermanpaat" orang sunda tidak bisa bilang "bermanfaat" heheheeh

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar