logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Membuat Batik Dengan Teknik Ikat Celup

Sampurasun... Rampes... 

Kali ini mamang mau menulis tentang  Cara Membuat Batik Dengan Teknik Ikat Celup batik yang pembuatannya dilakukan dengan cara mengikat kencang di beberapa bagian kain kemudian dicelupkan pada pewarna. Ini mamang dapat dari pelajaran seni Rupa waktu duduk di bangku sekolah SMP * duduk doang sambil melamun heheeh*


Kegiatan ini menjadi media bagi siswa untuk berekspresi dan berkreasi pada mata pelajaran seni rupa sekaligus  untuk mengasah ketrampilan dibidang tekstil. 



Cara Membuat Batik Dengan Teknik Ikat Celup
Adapun persiapan dan tahapan mereka dalam mempraktekkan pembuatan Batik ikat celup adalah sebagai berikut ..... mareee :


 Bahan-bahan yang harus disiapkan :
  1. Kain  atau karung terigu juga boleh ehehe ( untuk bahan yang mau dibuat batik celup )
  2. Dua sendok Garam dan Cuka secukupnya
  3. Dua liter Air untuk satu kemasan warna;
  4. Pewarna dan penguatnya dalam satu kemasan (Wenter ataupun Wantex).

Alat-alat yang digunakan:
  1. Karet gelang;
  2. Kelereng, Uang koin, Batu
  3. Kompor atau tungku pakai kayu bakar heheheh
  4. Bejana (Panci) dapet kriditan juga ngga apa – apa hehehe
  5. Sendok kayu sebagai alat pengaduk ( Centong Pangarihan )
  6. Ember.
Cara Membuat Batik Teknik  Ikat Celup
    1. Pastikan kain dalam kondisi bersih bila perlu di cuci terlebih dahulu
    2. Membuat bentuk/desain motif dengan mengikat Kelereng, Uang koin, atau Batu pada beberapa bagian kain menggunakan karet secara kencang dan bervariatif, karet bisa diganti dengan tali, yang penting ikatannya harus kencang
    3. Rebus air menggunakan Bejana (Panci) hingga mendidih, setelah mendidih, campurkan pewarna dan penguat yang berada  dalam satu kemasan Wenter ataupun Wantex, Gunakan satu wadah panci untuk satu warna saja
    1. Tambahkan garam dua sendok makan dan cuka secukupnya disertai dengan mengaduk larutan hingga merata, garam dan cuka digunakan sebagai tambahan penguat agar warna tidak mudah luntur
    2. Basahi kain yang telah diikati dan dibuat motif dengan air bersih
    3. Celupkan kain tersebut pada cairan warna. Bila menginginkan satu warna, celupkan seluruh bagian kain dalam larutan pewarna yang mendidih.
    4. Aduk dalam waktu 10-30 menit agar warna merata dan merekat kuat;
    5. Bila menginginkan warna lain, langkah pada no. 7 hanya mencelupkan sebagian pada cairan pewarna pertama dan mencelupkan kain yang belum terkena warna pada cairan pewarna lainnya.
    6. Celupkan berkali-kali sesuai jumlah warna yang dikehendaki;
    7. Apabila proses pencelupan warna selesai, kain diangkat dan dibilas menggunakan air dingin yang bersih;
    8. Kemudian sumua ikatan dilepas, kain ditiris dan dikeringkan;
    9. Setelah kering, rapikan dengan menyetrika kain tersebut 
Untuk Cara Membuat Batik Dengan Teknik Ikat Celup ini dapat dibuat dengan kreasi sendiri dengan beberapa ikatan, tidak terpaku pada satu ikatan saja, serta bisa di praktekan pencelupan pada baju atau kaus yang sudah jadi tetapi masih warna polos. Kalau mamang dulu dibuat Baju dan Tas sekolah atau buat hadiah Ulang Tahun Pacar hehehe......

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

Wah cucok nih Mang, terima kasih sharenya. Bisa bikin batik dengan batik celup, kalau dikembangkan bisa jadi bisnis sampingan nih Mang

Balas

kreatif banget mang, rupanya dulu pernah ada batik celup di jual yah? atau cuma sekedar pelajaran batik di sekolah?
Sepertinya jaman sekarang anak2 udah ndak mau belajar yg seperti ini, padahal manfaatnya banyak banget

Balas

iya mas Boku... dulu sebelum kerja pernah buat beberapa, cuma kain wanita untuk kepantai meskipun ndak di jual heheheh

Balas

kalau yang di jual malah belum pernah liat mbak, awalnya pelajaran sekolah tapi tapi pernah buat beberapa untuk kado ulang tahun sahabat deket heheheh

Balas

Salah satu cara melestarikan budaya Indonesia.

Kalo pun saya tidak bisa membatik, setidaknya saya tau caranya membatik yang kelak bisa diajarkan ke anak cucu kita.
xiix

Balas

semoga batik akan tetep mendunia mang..


happy blogwalking !!

Balas

caranya mudah ya mang... kalau buat sendiri pasti beda dari yang lain dan tidak ada yang menyamai

Balas

iya semoga saja sob... terimakasih kunjungannya sob

Balas

Kreatif banget nih mang Yono kayaknya serba bisa deh kaya Mc Giver hehe...

Balas

simple.. ta kira sistem ikat... apa yang di ikat.. ternyata itu toh yang di ikat...

Balas

wah sangat kreatif gan ada batik tulis batik cap batik celup,, nanti ada apalagi ya gan,
semoga batik di indonesia lestari

Balas

mantap ni mang, bisa jadi usaha sampingan nih

Balas

mas agus bisa buat motif dari kulit macan

Balas

selain pinter nulis, mang yono juga pinter membatik.
pesen batik motif doreng dong mang, hehehe

Balas

unik jg ni carax pak.., btw gk ada gambar tuk hasil akhirnya ya.., jd penasaran ni pengen lihat hasilx *smile

Balas

mas agus kw 2 : iya betul mas hasil batik yang unik hasil batik satu dengan yang lain pasti berbeda, seperti batik tulis, kalau batik cetak kan pasti sama motipnya.

mas Agus kw1 : trio macan mungkin ya heheheh

Balas

ini karena pernah di ajarkan sob... pasdiajarkan mamang pas ndak bolos, jadi tau heheheh.... waduh ketinggian sob.. heheheh

Balas

heheheh sesudah di ikat langsung di celup mas hehehehe

Balas

iya gan... mungkin ada juga teknik yang akan datang dengan teknik batik semprot, itu loh yang pakai sisir dan sikat gigi hehehe

Balas

iya sob... silahkan di coba ya, kalau dulu mamang bikin beberapa ternyata banyak peminatnya apalagi bagi remaja yang sering ke pantai, itu loh di buat kain, yang ada di pasaran kan motip sablon

Balas

hehehe lagi belajar mas, belajar menulis mumpung ada kesempatan hehehe

batik motip gareng maksudnya mas, kalau itu harus batik tulis mas

Balas

iya boleh di praktekan tuh...

gambar untuk hasil akhirnya kira - kira seperti gambar paling atas, tapi itu cuma gambar oret - oretan bukan photo, kalau hasil akhirnya lebih bagus ada nilai seninya sob...

Balas

siiip mas... selamat mencoba ya

Balas

terima kasih infonya mas..Just share aja nih, Kementerian Perindustrian tgl 26-29 Sep menggelar Pameran Produksi Indonesia di trans convention centre, Bandung, menawarkan kesempatan jadi peserta pameran, gratis..coba dilihat di fanspagenya https://www.facebook.com/banggaprodukindonesia dan twiiter @ppi2013, smoga aja bisa berpartisipasi, gratis utk menjadi pesertanya..

Balas

Artikelnya menarik banget mas, cocok buat pecinta batik seperti saya ini.

Balas

kebetulan habis ikutan upacara K3, liat ibu2 lg bikin batik di sekitar lapangan upacara, unik dan pertama kali saya liat cara bikin batik tulis,, kreatif dan perlu keshabaran, mantap mas postingannya cinta produksi indonesia

Balas

kalo pas pewarnaan, aer yg mendidih ditaruh di ember baru dicampur pewarna trs kaen masuk dan diaduk di ember ( tanpa ddirebus) efeknya apa y?

Balas

mang boleh nanya?
mang ada foto orinya ga,soalnya buat tugas sekolah!
bisa ga?
kalo bisa kirimin aja fotonya ke FB saya = fikry achmad ardiansyah
makasih :)

Balas

lumayan buat tugas sekolah, di suruh buat batik ikat celup

Balas

cara biar warna.a banyak gimana...???

Balas

baru tau nih klo ternyata bikin batik motif begitu gak seberapa ribet ya tinggal main celup aja

Balas

Mang kalo bikin 2 warna,warna pertama yang di celup merah,terus yang di plastik.in di kasih biru,itu nyelup nya gimana? Apa yang merah gak kena biru nya? Apa pake di plastikin lagi?
Jawaban nya tweet ke twitter yakk :D @afandimulyono makasih mang

Balas

bagus pak postinganya :)

Balas

nanti warnanya bisa luntur, kalau yang digunakan pewarna wantek, kalau pewarna yang lain mungkin cara ini bisa juga

Balas

kok tugas sekolah pakai poto ... kalau begitu di praktekan sendiri aja terus dipoto hehe

Balas

warnanya harus banyak dong

Balas

nah betul sekali yang merah ditutup pelastik lagi gantian, kalau gak ditutup nanti warnanya jadi coklat ...

Balas

Bagus ni melestarikan budaya bangsa, tetep cinta batik Indonesia

Balas

Terima kasih tutorial bermanfaat. Batik ciri khas budaya bangsa indonesia yg perlu dikembangkan

Balas

SIAP BOSS LAKSANAKAN!!!

Balas

ijin copas yaa, sukses selalu semoga

Balas

Makasih mas blognya.. jdi tau deh caranya..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger