logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Permainan Engklek Atau Emprak

Permainan Engklek Atau Emprak

MANGYONO.com - Permainan engklek atau emprak merupakan permainan tradisional lompat–lompatan pada bidang–bidang datar yang digambar diatas tanah, Permainan Engklek Atau Emprak semakin tenggelam dengan adanya permainan modern atau permainan canggih

Permainan ini diawali dengan membuat gambar kotak-kotak kemudian  dan di akhiri gambar setengah lingkaran para pemainnya melompat dengan satu kaki dari kotak satu kekotak berikutnya.


Permainan Engklek Atau Emprak
Permainan Engklek Atau Emprak



Permainan engklek biasa dimainkan oleh 2 sampai 5 anak perempuan  jarang dimainkan oleh anak laki – laki, Remaja atau ibu – ibu apa lagi oleh bapak - bapak heheheh.

Sebelum kita memulai permainan ini kita harus mengambar kotak-kotak di pelataran  tanah, menggambar 5 segi empat dempet vertikal kemudian di sebelah kanan dan kiri diberi lagi sebuah segi empat.Permainan ini mempunyai banyak nama atau istilah lain. Ada yang menyebutnya dengan teklek, ciplak, gunung, Emprak ...  Mungkin di tempat sobat juga berbeda ya...

Istilah yang disebutkan memang beragam, tetapi permainan yang dimainkan tetap sama. Permainan ini dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia

Cara bermainnya  yaitu dengan cukup melompat menggunakan satu kaki di setiap petak - petak yang telah digambarkan sebelumnya di tanah. Untuk dapat bermain setiap anak harus mempunyai kereweng atau gacuk yang biasanya berupa pecahan genting, keramik lantai atau pun batu yang datar.

Kreweng/gacuk dilempar ke salah satu petak yang tergambar di tanah, petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petak – petak yang ada. Saat melemparkannya tidak boleh melebihi kotak yang telah disediakan, jika melebihi maka dinyatakan gugur dan diganti dengan pemain selanjutnya.

Pemain yang menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu melemparkan gacuk dengan cara membelakangi engkleknya, jika pas pada petak yang dikehendaki maka petak itu akan menjadi  Sawah atau Rumahnya , artinya dipetak tersebut pemain yang bersangkutan dapat menginjak petak tersebut dengan dua kaki, sementara pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan. Peserta yang memiliki sawah atau rumah paling banyak adalah pemenangnya

Terimakasih anda sudah membaca tentang Permainan Engklek Atau Emprak

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

masa kecil seneng ya bisa main dan senang-senang bersama teman-teman :)

Balas

iya sob..masa kecil belum memikirkan kebutuhan hidup hehehe

Balas

masih ada nih permainan engklek di desaku. biasanya adek2 perempuan yg suka main

Balas

HEUHEU KALAU DI DAERAH SAYAH NAMANYA PERMAINAN "SONDAH"
Kalau yang yang ini sepertinya agak modern yah Mang,soalnya dimainkan di seputraran Bundaran HI tuh hehehe,,,

Balas

iya mbak indah ini permainan anak - anak perempuan kalau yang laki - laki mau ikutan juga ndak apa -apa heheheh

Balas

waktu saya kecil dulu juga pernah maen ginian mang, di daerah saya namanya jangka ...

Balas

oooh lain daerah lain nama ya kang... seru tuh kalau udah petakan ke kuasai yang depan, lawan jadi lompat sampai sekuat tenaga heheheh

Balas

kalau ditempat saya namany engkle..masih ada tapi ya dikampung lho mang bukan dikota..
sipp mang terus menulis tentang yang tradisional biar menjejali keywords digoogle dan tidak punah

Balas

mbrangkang boleh gak

Balas

Seneng dulu saya mainan itu Mang, waktu kecil dulu. Kalau ditempatku namanya "Gedrik", ya sekarang juga main loncat2an juga tapi gak seperti itu lagi.

Balas

hehehe kalau di daerah mamang Emprak / demprak...
Ini dimainkan di bundaran HI pas hari minggu bebas kendaraan bermotor

Balas

oooh engkle karena yang nginjak tanah kaki cuma sebelah sambil lompat hehehe

iya mas, yang tradisional saja kalau yang modern ndak paham hehehe

Balas

iya mas boku.. lain daerah lain nama ya, tapi satu permainan... mudah - mudahan tidak hilang ya permainan yang tradisional

Balas

boleh khusus mas agus hehe....

Balas

engklek permainan tempo dulu yang ada unsur olah raganya ya sob

Balas

masih ada iia permainan kaya gini,..perlu dilestarikan niy.... :)

Balas

iya betul sob... lebih seru dan menyehatkan heheeh

Balas

masih ada mas Didit, biasanya di mainkan oleh anak - anak pada hari libur

Balas

permainan itu dulu banget satu jaman dengan entek kalo orang jawa mang... dan kasti itu .. kalo masih inget sih :D

Balas

permainan tradisional ini harus d lestarikan nih mang biar ga hilang d telan zaman, salah stunya dgn mengadakan lomba engklek agar bnyk yg trtarik utk ikut. itu slah stu cra mlestarikan prmainan tradisional :)

Balas

iya betul mas... permainan anak anak dulu heheheh karena sekarang sudah mulai tergeser oleh permainan canggih

Balas

iya betul sob.. ide yang bagus tuh... nati dah kalau acara Agustusan eheheh

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger