logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Permainan Egrang Atau Jajangkungan

Sampurasun ... Rampes ...

Masih seputar permainan tempo doeloe nih.. yaitu permainan egrang. Permainan ini merupakan salah satu Permainan Egrang Atau Jajangkungan yang menggunakan  bambu atau kayu sebagai media pembuatanya. Jajangkungan cukup dikenal di masyarakat pedesaan, tapi bagi yang mengenalnya heheheheh.

Cara memainkannya cukup sederhana dan gampang – gampang susah, namun butuh usaha yang cukup untuk berlatih menjaga keseimbangan badan dan perlu keseriusan untuk menguasainya.

Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Karena harus bisa berjalan dengan menaiki bambu tanpa terjatuh, usahakan kalau memainkan permainan ini jangan melamun ya apa lagi memikirkan pacar dan utang di warteg hehehehehe.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut.... mareee :
Pembuatan Egrang dan pemilihan bahan
( Gambar A ) Pembuatan Egrang dan pemilihan bahan
1. Bambu atau kayu sebesar lengan dipotong membujur panjang sekitar dua atau tiga meter tergantung panjang yang disesuaikan dengan ukuran panjang badan kalau orangnya tinggi ya harus tinggi hehehe ( lihat Gambar A )

2. Pilihlah bambu yang agak besar tetapi cukup untuk digenggam oleh telapak tangan biasanya bambu yang digunakan yaitu bambu tali atau kata orang sunda awi tali, bambu wulung dan sejenisnya, asal jangan menggunakan bambu betung atau gombong karena ukuran bambu ini agak – agak besar apa lagi menggunakan pohon pinang atau pohon kelapa ehheheeh bagai mana menggenggamnya bro.... hehehe. ( lihat Gambar A )

Pembuatan Egrang Atau Jajangkungan
( Gambar B ) Pembuatan Egrang Atau Jajangkungan
3. Di bagia tengah dari kayu tersebut kemudian dibuat suatu lubang untuk diberi papan sepanjang telapak kaki fungsinya untuk pijakan kaki atau bisa juga yang diberi lubang bambu yang untuk pijakan kaki. ( lihat Gambar B )

4. Nah sesudah selesai membuat lubang, masukan tuh bambu pendek yang sudah dibuat lubang  ke bambu panjang yang untuk pegangan,usahakan dari bagian atas ya... sampai ke bawah kira – kira 40 – 60 Cm, lalu diberi paku dari samping untuk menguncinya. Selesai dah.... ( lihat Gambar B )

Permainan jajangkungan ini biasnya untuk lomba lari, Pemain yang menang adalah pemain yang lebih dulu sampai ke garis finish yang sudah ditentukan tanpa  terjatuh. Atau bisa juga untuk lomba makan kerupuk yang digantung dan pemainnya menggunakan egrang heheheeh.. atu ada juga yang digunakan untuk permainan sepak bola dengan semua pemain menggunakan egrang termasuk wasit hehehe... wasit nggak pake egrang ding...

Egrang adalah permainan tradisional Indonesesia mungkin disetiap daerah namanya berbeda – beda... kalau ditempat sobat apa namanya hayoh?

Pembelajaran yang di dapat dari permainan ini adalah memupuk keberanian sipemain dan keseimbangan. Juga diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk mempelajari jajangkungan ...

Terimakasih sobat sudah membaca tulisan mamang tentang Permainan Egrang Atau Jajangkungan 

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

wah ajdi kangen maen enggrang..dulu pas SD masih bisa maen enggrang..tapi sekarang nggak tau masih bisa apa tidak...yg jelas sekarang permainan ini sudah sangat langka terutama diperkotaan mang ... :(

Balas

kalau permainan ini saya tidak bisa mang, sering jatuh dan gak seimbang.. hehe
tapi seru juga bisa tinggi badan kita ya maang

Balas

hehe betul sekali mas fian

Balas

betul sekali mas fian, di kota sudah langka permainan ini

Balas

iya sama mas agus mamang juga ndak ahli... kalau melihat sih gampang ya hehehe

Balas

kalau melihat kok enak banget mainnya, tiap nyoba jatuh mang

Balas

Asli saya ketawa ndiri, jadi ingat masa kecil dulu. Pernah suatu saat ketika saya kecil byk temen laki2 di kampung main egrang, ketika ada yg main egrang ada teman laki2 yg lain usil. dia mlorotin celana anak yg main egrang.

Balas

Wah banyak juga permainan anak-anak indonesia ya... seneng kalo inget waktu kecil ya mang :)

Balas

udah tua gini saya belum bisa naik egrang mas, gimana nih hehe...

Balas

sama kaya saya mas, belum bisa juga

Balas

hahahhaha... jadi bingung mungkin tuh yang dipelorotin kalau pegang celana pasti dia jatuh eeheheh lucu tuh mbak

Balas

iya sob... tapi karena jarang dimainkan ya jagi pada ndak mengenalnya apalagi anak - anak sekarang ehhehe

Balas

hehehh sama mas mamang juga ndak ahli, susah tuh menjaga keseimbangannya hehehehe

Balas

waktu masih SD, masih ada permainan ini, dan masuk dalam mata pelajaran ORKES waktu itu. tapi sekarang sepertinya sudah kurang penggemarnya ya...

Balas

oooh iya ORKES Olahraga dan Kesehatan bukan heheheh... iya sog mungkin kalah sama permainan canggih via internet hehehe

Balas

akuh belum paham permainan ini mang

Balas

di daerah Bangka ndak ada ya non.... pasti ada deh

Balas

Sampai sekarang ªķku̶̲̥̅̊ belum mahir dengan permainan engrang ini Mang, dulu waktu kecil pernah nyungsep main gini.

Balas

salut banget Mamang Yono posting permainan tradisional ini. asyiiik banget. jadi ingat masa lalu. jadi ingat kecengan masa kecil. ehh

Balas

jaman sekarang maenannya play station sama komputer ya mang

Balas

Harusnya diciptain permainan2 dari jaman dulu yang dimodifikasi biar canggih, pake teknologi gitu kan keren tuh haha...

Balas

jujur , permainan ini salah satu permainan tersulit mang , sampe skrng aku gak bsa2 maen gtuan mang :D

Balas

sampai saat ini saya juga belum bisa

Balas

hahahaha...ikut ketawa ah

Balas

Di daerah saya permainan seperti itu sudah punah, dan rupayan belum ada upaya untuk menghidupkan kembali. :D

Balas

Permainan ini mengingatkan saya masa remaja, dan sampai sekarang saya masih suka dengan permainan egrang seperti ini Kang.

Salam,

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger