Skip to main content

Permainan Egrang Atau Jajangkungan

Sampurasun ... Rampes ...

Masih seputar permainan tempo doeloe nih.. yaitu permainan egrang. Permainan ini merupakan salah satu Permainan Egrang Atau Jajangkungan yang menggunakan  bambu atau kayu sebagai media pembuatanya. Jajangkungan cukup dikenal di masyarakat pedesaan, tapi bagi yang mengenalnya heheheheh.

Cara memainkannya cukup sederhana dan gampang – gampang susah, namun butuh usaha yang cukup untuk berlatih menjaga keseimbangan badan dan perlu keseriusan untuk menguasainya.

Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Karena harus bisa berjalan dengan menaiki bambu tanpa terjatuh, usahakan kalau memainkan permainan ini jangan melamun ya apa lagi memikirkan pacar dan utang di warteg hehehehehe.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut.... mareee :
Pembuatan Egrang dan pemilihan bahan
( Gambar A ) Pembuatan Egrang dan pemilihan bahan
1. Bambu atau kayu sebesar lengan dipotong membujur panjang sekitar dua atau tiga meter tergantung panjang yang disesuaikan dengan ukuran panjang badan kalau orangnya tinggi ya harus tinggi hehehe ( lihat Gambar A )

2. Pilihlah bambu yang agak besar tetapi cukup untuk digenggam oleh telapak tangan biasanya bambu yang digunakan yaitu bambu tali atau kata orang sunda awi tali, bambu wulung dan sejenisnya, asal jangan menggunakan bambu betung atau gombong karena ukuran bambu ini agak – agak besar apa lagi menggunakan pohon pinang atau pohon kelapa ehheheeh bagai mana menggenggamnya bro.... hehehe. ( lihat Gambar A )

Pembuatan Egrang Atau Jajangkungan
( Gambar B ) Pembuatan Egrang Atau Jajangkungan
3. Di bagia tengah dari kayu tersebut kemudian dibuat suatu lubang untuk diberi papan sepanjang telapak kaki fungsinya untuk pijakan kaki atau bisa juga yang diberi lubang bambu yang untuk pijakan kaki. ( lihat Gambar B )

4. Nah sesudah selesai membuat lubang, masukan tuh bambu pendek yang sudah dibuat lubang  ke bambu panjang yang untuk pegangan,usahakan dari bagian atas ya... sampai ke bawah kira – kira 40 – 60 Cm, lalu diberi paku dari samping untuk menguncinya. Selesai dah.... ( lihat Gambar B )

Permainan jajangkungan ini biasnya untuk lomba lari, Pemain yang menang adalah pemain yang lebih dulu sampai ke garis finish yang sudah ditentukan tanpa  terjatuh. Atau bisa juga untuk lomba makan kerupuk yang digantung dan pemainnya menggunakan egrang heheheeh.. atu ada juga yang digunakan untuk permainan sepak bola dengan semua pemain menggunakan egrang termasuk wasit hehehe... wasit nggak pake egrang ding...

Egrang adalah permainan tradisional Indonesesia mungkin disetiap daerah namanya berbeda – beda... kalau ditempat sobat apa namanya hayoh?

Pembelajaran yang di dapat dari permainan ini adalah memupuk keberanian sipemain dan keseimbangan. Juga diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk mempelajari jajangkungan ...

Terimakasih sobat sudah membaca tulisan mamang tentang Permainan Egrang Atau Jajangkungan 

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar