logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Saat Anak bertanya dan saat kita jawab

Sampurasun... Rampes..  

Apakah Anda “terganggu” ketika buah hati hobi bertanya?. Asal tahu saja, menurut Mamang banyak bertanya justru menunjukkan  tingkat kecerdasan anak Saat anak bertanya dan saat kita jawab.


Anak mulai banyak bertanya di usia 2,5 tahun, bisa juga lebih cepat. Di usia ini, perkembangan kosakata mereka makin bertambah. Mereka juga lebih mulai bisa berkomunikasi dan mampu membentuk kalimat, baik yang sederhana maupun yang kompleks. 




Saat Anak bertanya dan saat kita jawab
Gugum main facebook

Banyak bertanya sebenarnya merupakan hal yang positif. Rasa ingin tahu yang besar menunjukkan tingkat kecerdasan anak. Bahkan, terkadang mereka menanyakan sesuatu yang melebihi usia yang seharusnya. 


Orangtua sebaiknya mengikuti saja pertanyaan anak. “Jawab atau jelaskan sesuai yang ditanyakan anak, jangan terlalu jauh. Pasalnya, apa yang mereka tanyakan adalah sejauh apa yang mereka pikirkan dan apa yang mampu mereka tangkap. Jadi, jika misalnya anak bertanya. 

“Apa pungsi jari – jari tangan” kita jawab saja seperti ini.

“begini naak…
  (!).   Jari jempol       = Itu kamu pake buat permisi-permisi kalau lewat depan orang.
 (!!).  Jari telunjuk     = Naaaah.. jari ini kamu pake buat nunjukin jalan atau ngasih order.
(!!!). Jari manis         = Yang ini kamu pake buat naro cincin kalau kamu nanti tunangan.
(!V). Jari kelingking = Ini punya tugas khusus buat ngorek - ngorek ngupil.


Trus kalau si anak nanya lagi “ Kalau jari tengah buat apa?”



“Nanti ya nak, kalau kamu mau nikahan, nanti di kasi tau fungsi jari tengah”


Nah kalau pas mau Nikah, dan si anak masih inget yang dijanjikan tentang fungsi jari tengah, nah kita terangin deh.


“Nanti malem, kamu kan pasti bakalan ngawinin istri kamu… naaah waktu kamu abis ngawinin sekali, abis itu dia pasti minta lagi… begitu selesei terus diem sebentar, pasti abis itu dia minta lagi.. selesai lagi, gak lama pasti abis itu dia minta lagi…”


“Naah begini nak, disaat kamu sudah kelelahan dan dah gak kuat, baru kamu pakai jari tengah kamu..... Caranya… kamu tempelin jari tengah kamu ke jidat istri kamu....... terus kamu bilang… TIDUR SANA…”...... #Semprul... Heheheh.

Terimakasih sudah berkunjung ke mari... ini cuma iseng aja Saat anak bertanya dan saat kita jawab.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

60 komentar

wkwkwkwkwkwkwkw hihihi

Balas

Sampurasun Mang Yono. artikel nu mendidik buat kita yang
Punya Si Bauh hati,. belajar dengan cara Mamang akh biar
Anak incu jadi orang yang Berguna buat nusa dan Bangsa juga Agama

Balas

usia anak segede kitu lagi unyun-unyun nya mang :D

Balas

Ha ha ha....menunggu cerita Mang Yono lainnya!

Balas

Itu mah lagunya Bimbo
Ada anak bertanya pada mamangnya...
Tapi sayang mamangnya rada gelo... :D

Balas

jari kelingking juga bisa diartikan sebagai simbol perdamaian. kalo anak kecil berantem terus baikan, nah ujungnya kan pacantel hehehe unyuu

Balas

HAHAHAHAHA.... kirain buat apa mas jari tengahnya, hahaha....

Balas

jari dan jempol tangan digoyang
itu baru bimbo

Balas

Rampes kang... silahkan kang semoga bermanfaat dan menjadikan anak cucu yang berbobot hehe

Balas

iya kang anak segede ini lagi seneng nanya - nanya heheh

Balas

siip sob, silahkan nantikan pada tempat dan gelombang yang sama hehehe

Balas

heheh maklum seminggu sekali pulangnya mas hehehe... dan jawabannya betul kan?

Balas

kok ketawa sih mbak may. gambarnya lucu ya?

Balas

oh iya ya, gak cuma but garuk - garuk hidung dan kuping aja ya, tapi pacantel cinggir, persahabatan bagai kepompong... heheh

Balas

tapi betul kan, maklum saya taunya cuma itu hehehe

Balas

heheh kalau penyanyi pasti ngerti ya mas...

Balas

wkwkkwkkwk, mantap kang serius kang pokonamah edun pisan artikela

Balas

anak mang yono bakalan cepet gede nih :D

Balas

wah jorok nih di pikiran ku mang

Balas

begitu ya.. lucu jawapannya.. :D

Balas

wkwk.. bisa-bisa kang rawin :D

Balas

Betulkan jawabannya

Balas

Hehe betul edun ya?

Balas

Pakai pupuk penyubur ya kang hehe

Balas

Jangan mikir yang jorok - jorok mas

Balas

Jawabannya harus menunggu bertahun - tahun hehe

Balas

hahahaa,,,semprul..!!!

Balas

Sudah menjadi keharusan orang tua apabila si buah hati bertanya, kita menjawab nya. Dengan begitu maka mereka jadi tahu tentang hal-hal baru :)

Balas

wkwkwkkkk... awal2nya serius.. ehh ga taunya belakangan dapet semprulll.. :D

Balas

Yang terpenting semua jari-jari itu digunakan untuk hal baik dan positif :)

Balas

Sempat berpikiran yang aneh tapi tiba akhirnya untuk "tempelin jari tengah kamu ke jidat istri kamu" positif thingking :D

Balas

kelingking sama dengan perdamaian juga,,mungkin !

http://nawayhac.blogspot.com

Balas

xixixi kirain :p udah ngeres duluan :D

Balas

simamang lagi ng'hengtragis banget malam ini...;o)

Balas

hehheee....kejebak cerita si mamang,

Balas

Anak banyak bertanya mmg harus direspon dgn cerdas oleh ortunya biar otak si anak semakin kaya dgn perbendaharaan kt barunya.

Balas

Tidak sesuai yang dipikirkan ya .. Hehe

Balas

Ya mbak master, untuk mulai penginstalan kosa kata anak.

Balas

Si anak harus menunggu 20 tahunan untuk mendapatkan jawaban semprul hehe

Balas

Setuju dan memang harus begitu

Balas

mang yono mulai deh ah.....saya jadi terbawa suasana

Balas

mamang dari dulu emang gelo, baru kelihatan sekarang....
koplak ah......
hahahahaha

Balas

hahahaha....cocok dengan kang lembu, ketularan kali ya

Balas

kalau 4 jari buat apa mang ?

Balas

Iya sob, perkiraan gak selamanya dengan kenyataan hehe

Balas

Ya sob.. Perdamaian dan persahabatan.

Balas

Banyak pasirnya ya

Balas

njawab pertanyaan anak pake referensi ga mang?hehehe :D

Balas

sekarang dah sembuh mas and kang

Balas

jebakan betmen hehehe...

Balas

betul sob, tentunya dengan kata atau penjelasan yang mudah di mengerti oleh sia anak

Balas

empat jari sekaligus buat nampar preman mas hehehe

Balas

lebih bagusnya pake mbak, kan lebih sip hehehe

Balas

Asal jangan tutup hidung juga ya mas hehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger