Skip to main content

Saat Anak bertanya dan saat kita jawab

Sampurasun... Rampes..  

Apakah Anda “terganggu” ketika buah hati hobi bertanya?. Asal tahu saja, menurut Mamang banyak bertanya justru menunjukkan  tingkat kecerdasan anak Saat anak bertanya dan saat kita jawab.


Anak mulai banyak bertanya di usia 2,5 tahun, bisa juga lebih cepat. Di usia ini, perkembangan kosakata mereka makin bertambah. Mereka juga lebih mulai bisa berkomunikasi dan mampu membentuk kalimat, baik yang sederhana maupun yang kompleks. 




Saat Anak bertanya dan saat kita jawab
Gugum main facebook

Banyak bertanya sebenarnya merupakan hal yang positif. Rasa ingin tahu yang besar menunjukkan tingkat kecerdasan anak. Bahkan, terkadang mereka menanyakan sesuatu yang melebihi usia yang seharusnya. 


Orangtua sebaiknya mengikuti saja pertanyaan anak. “Jawab atau jelaskan sesuai yang ditanyakan anak, jangan terlalu jauh. Pasalnya, apa yang mereka tanyakan adalah sejauh apa yang mereka pikirkan dan apa yang mampu mereka tangkap. Jadi, jika misalnya anak bertanya. 

“Apa pungsi jari – jari tangan” kita jawab saja seperti ini.

“begini naak…
  (!).   Jari jempol       = Itu kamu pake buat permisi-permisi kalau lewat depan orang.
 (!!).  Jari telunjuk     = Naaaah.. jari ini kamu pake buat nunjukin jalan atau ngasih order.
(!!!). Jari manis         = Yang ini kamu pake buat naro cincin kalau kamu nanti tunangan.
(!V). Jari kelingking = Ini punya tugas khusus buat ngorek - ngorek ngupil.


Trus kalau si anak nanya lagi “ Kalau jari tengah buat apa?”



“Nanti ya nak, kalau kamu mau nikahan, nanti di kasi tau fungsi jari tengah”


Nah kalau pas mau Nikah, dan si anak masih inget yang dijanjikan tentang fungsi jari tengah, nah kita terangin deh.


“Nanti malem, kamu kan pasti bakalan ngawinin istri kamu… naaah waktu kamu abis ngawinin sekali, abis itu dia pasti minta lagi… begitu selesei terus diem sebentar, pasti abis itu dia minta lagi.. selesai lagi, gak lama pasti abis itu dia minta lagi…”


“Naah begini nak, disaat kamu sudah kelelahan dan dah gak kuat, baru kamu pakai jari tengah kamu..... Caranya… kamu tempelin jari tengah kamu ke jidat istri kamu....... terus kamu bilang… TIDUR SANA…”...... #Semprul... Heheheh.

Terimakasih sudah berkunjung ke mari... ini cuma iseng aja Saat anak bertanya dan saat kita jawab.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar