logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Semai Adenium ( bunga kamboja Jepang ) dari biji

Sampurasun… Rampes…  

#Bunga. Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara semai biji palem biar cepat tunas, sekarang Blog mang Yono mau nulis tentang CaraSemai Adenium  ( bunga kamboja Jepang )dari biji, bunga adenium ini bias diperbanyak dengan cara semai biji atau cara tancap batang, tapi kalau semai biji mempunyai keunggulan tersendiri, batang bagian bawah Adenium terlihat gendut dan menyerupai botol … hehehe.

Biji Adenium ini bias didapat dari buah Adenium yang sudah Tua, bentuk buah adenium ini seperti pada gambar di bawah in tiap satu batang buah terdapat puluhan biji yang ditandai pada ujung bijinya dengan bulu – bulu halus , awas pikirannya jangan banyak pasirnya yah… eheheh.. 

Bunga Adenium Indukan

Biasanya Buah Adenium yang sudah tua akan terbelah sendiri, dan biji didalamnya akan berterbangan, nah untuk mencegah hal itu kita petik saja kalau buahnya sudah kelihatan tuwa dan ini bias di bedakan dengan kulit biji mulai terbelah

Tapi kalau yang tidak punya Bunga Adenium Indukan yang berbuah, Biji adenium ini bisa di beli di penyedia biji – biji tanaman dan bunga Ini cara Penyemaian biji adenium adalah cara mamang lakukan dengan cara sendiri mungkin bias berbeda cara ini dengan para pakar bibit atau master bunga , tapi gak apa lah siapa tau ada Ahli atau master bibit bunga adenium yang mampir kesini dan member masukan tentang cara yang baik dan benar serta responsive  … hehehe

Bunga Adenium Indukan Berbuah

(!). Pertama petik tuh biji Adenium yang sudah matang, lalu belah dengan tangan, jangan memakai pisau, nanti malah bijinya kebelah atau ke iris pisau, cabuti bulu – bulu yang terdapat pada ujung biji adenium, lalu jemur sebentar di terik matahari sekitar 1 atau 2 Jam. Ini berlaku bagi biji adenium yang diambil dari pohon sendiri, kalau biji yang dibeli tidak usah melakukan cara ini karena sudah bersih dan kering

(!!). Rendam biji dalam air hangat – hangat kuku sekitar 30 menit.

(!!!). Siapkan media dalam pot atau nampan pelastik tapi bagian bawah pot atau nampan di lubang  media yang saya gunakan yaitu  Arang sekam  dan abu gosok dengan perbandingan  1 : 1. Tapi bias juga dengan salah satu media misalnya dengan arang sekam bakar saja atau abu gosok saja. Untuk yang ingin tahu cara membuat Arang sekam bakar bias di dibaca di aretikel mamang tentang Cara membuat arang sekam padi.
Biji Bunga Adenium, Berbulu

(IV)  Lalu isi pot dengan media Poin (!!!) dan tapi jangan sampai penuh kira – kira ½ dari pot tersebut.

(V) Tancapkan biji-biji dalam posisi berdiri arah berdiri terserah , dengan jarak jangan terlalu deket dan jangan terlalu jauh kira – kira sekitar 2 cm.

(V!) Setelah selesai menancapkan biji – biji adenium  lalu taburi biji dengan media kira – kira 1 cm.

(V!!) siram media semai tersebut dengan menggunakan semprot spray pelan dan halus.

(V!!!) Letakan  ditempat  teduh dan siram tiap hari sekali dengan menggunakan spray, atau kalau yang tidak mau menyiram tiap hari bsa menggunakan pelastik untuk menutup media semai dan simpan ditempat teduh yang tidak terkena sinar matahari atau jangkauan anak serta ayam … hehehe.
Semai Adeniumd Bertunas

Biasanya biji ini tumbuh tunas setelah 1 minggu, tapi mungkin juga bias tumbuh tunas kurang dari satu minggu, ya itu tadi sayah kan tidak selalu ada dirumah, jadi bisa memantau pembibitan ini tiap seminggu sekali… hehehe 

Kalau semaian biji adenium sudah mulai tumbuh tunas dan muncul daun boleh tuh penutup pelastik dibuka, ini untuk yang memakai cara penutup plastic, kalau yang tidak memakai penutup pelasti ya jangan lah… terus kalau mau buka, mau buka apa coba… hehehe… semeian tetap diletakan ditempat itu, kan tempat itu teduh.

Setelah bibit tinggi sekitar 5 cm atau daun sudah keluar 4 atau 5 daun, bibit ini bias dipindah ke pot kecil ukuran 10 cm atau gelas air mineral, kalau sayah memakai gelas mineral. Dengan memakai media arang sekam padi, abu gosok, pasir dan tanah. Tapi sebelumnya tuh gelas – gelas mineral di buat lubang kecil srta bagian bawahnya diberi kerikil atau bata di tumbuk aga arir mengalir kebawa karena kalau air tertahan maka akar dari bibit Adenium tersebut akan membusuk.

Dan letakan bibit tersebut di tempat  agak panas atau mendapatkan sinar matahari hanya 3 atau 4 jam setiap harinya, tapi kalau tanaman Adenium ini sudah tumbuh besar maka media pot yang menggunakan gelas air mineral  harus diganti dengan media yang lebih besar lagi. 

Selamat mencoba Cara Semai Adenium  ( bunga kamboja Jepang )dari biji
Bukan Adenium tapi Mang Admin....


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

35 komentar

bisa dipraktekan nih kalo ada waktu luang hehe
hatur nuhun mang :)

Balas

Lamun meser, sabarahaan kang pangaos adenium teh?

Balas

Selamat siang Mang nyimak cara nyemai benih bunga kamboja nih
Buat nambah pengetahuan tentang bunga buat koleksi keindahan

Balas

mang Yono memang jago deh... padahal tak semua orang bis amenyemai biji adenium ini lho...susah katanya, kalaupun bisa menyemai, belum tentu bisa mindahin ke pot...kadang busuk pangkal batangnya.

Balas

anak saya baru bisa nyabutin rumput aja, mang.. h-heee... saya sendiri kurang tlaten soal tanam-tanaman. :'(

Balas

saya punya bunga adenium dirumah, tp nggak tau jenisnya apa?

oya, mang. Saya buka blog ini kok lama banget ya loadingnya

Balas

ini kamboja yang unik wal antik dengan beragam bentuk hewn maupun manusia itu ya Mang Yono. Boleh banget nih kapan kapan praktekin klo dapat beli bijinya ke tukang bunga.

Balas

wah saya dapet ilmu lagi nih gan, makasih ilmunya yah gan...

Balas

Silahkan kang, semoga berhasil

Balas

sekitar 50 - 70 Ribu, kumaha ageung alitna bonngol adenium, tapi aya oge nu ratusan ribu kang...

Balas

Selamat siang kang... silahkan disimak dan boleh langsung di praktekan heheeh

Balas

Saya juga masih belajar mbak KK.. iya sih kata orang bunga adenium ini kendalanya dari akar yang membusuk, tapi ya itu tadi penyiramannya jangan terlalu banyak, dan bunga ini tahan terhadap kekeringan

Balas

hahah anak saya juga sama mas, gak telaten nanam bunga, bunga di pot malah dikencingin, ya mati deh bungannya, katanya buat pupuk eheheh

Balas

tapi ada bonggolnya kan mas, adenium sih kalau semai dari biji kebanyakan ber bonggol hehehe..

mungkin pengaruh dari iklan mas... dah saya copot satu iklannya hehehe

Balas

iya betul sekali mas Mus... silahkan di praktekin mas, semoga berhasil

Balas

sama - sama mas, semoga bermanfa'at

Balas

Saya punya tanaman adenium ini dirumah, tapi belum tau cara menyemai bijinya. Terima kasih tipsnya.. :)

Balas

tidak ngerti bahasanya

Balas

meski saya cewek tapi untuk masalah bunga kurang begitu tau,yang saya tau
bunga kamboja yang tumbuh di kuburan itu untuk jenis diatas kurang tau mang..tapi dengan ini jadi tau nma dan bentuknya...

Balas

koq hebat sih Mang?

Balas

iya sob, di semai aja tuh bijinya... sama - sama, semoga bermanfaat

Balas

Iya Jenx, nanti kalau nemu pohon yang beginian dan ada buahnya bisa di petik aja dan dicoba di semai ehhehe

Balas

Belajar mas.. belajar penyayang tanaman heheeh

Balas

mang..,saya sudah nanam sekitar belasan Adenium dari biji dan tumbuh normal d bbinga,cuman gm caranya ya koq akarnya gak bisa membonggol besar2 ya..?dan cenderung 'njlujur tinggi gt..pdhal katany kalo nanam dari biji bisa membonggol akarnya..:) hatur nuhun ya..

Balas

Untuk menghasilkan bonggol besar
Semai biji di dalam polybag atau pot. Nanti setela tumbuh akar , angkat bagian bonggol jangan tertimbun , supaya akar bawah saja yang mencari makanan.

coba saja sekarang di angkat tanamannya agar bonggolnya kelihatan dan hanya akar saja yang ditanam di tanah.

Balas

Maaf mau tanya..Saya mau coba semai benih adenium jg.. mksdnya benih diletakkan berdiri itu gmn ya mang? Apakah vertikal atau horisontal terhadap media? Kmudian klo pake media siap pakai bisa ga ya? Saya punya media campuran tanah humus + guano.. ada jg media campuran cocopeat + sekam bakar + pupuk.. sebaiknya pakai yg mana ya?
Mohon masukannya.. terimakasih..

Balas

biji diletakan berdiri yaitu ditancapkan Vertikal, ujungnya sama saja mau jang mana. Semua campuran media diatas bagus jadi bisa dipakai untuk menyemai, asal jangan menggunakan pupuk kandang saja, karena akan menimbulkan panas bagi tanaman yang baru.

Balas

Saya menstek kamboja tapi setelah mulai berdaun, batangnya busuk n mati. Bagai mn solusinya mang,

Balas

Saya punya bbrp pohon kamboja. Ada yg dr biji n ada jg yg hsl stek. Ada bbrp pohon yg brbonggol jika berbunga tak smpt mekar bunganya sdh gugur, pdhl bunganya jk saya mekarkan trnyata kelopaknya brlapis. Tak smpat mnikmati keindahannya eh sdh gugur terlbh dahulu. Gmn y mang agar bunganya bs mekar n brtahan. Trmksh mang

Balas

Kalau menurut kami batang kamboja yang busuk dan mati setelah tumbuh itu gak bisa ditentukan atau dideterminasi secara pasti penyebabnya. Terlalu banyak faktor. Faktor utama mungkin karena kelebihan air, bisa juga pH tanah yang buruk atau memang blm tumbuh akar sempurna namun digoyang-goyangkan atau terbentur. Kelebihan air termasuk penyebab paling utama busuk akar atau busuk bibit.

Salam,
jualtanamanhias.net

Balas

Makasih pengetahuannya mang yono....kmaren2 bisanya cuma bengong dan bertanya dalam hati...(itu tanduk apaan isinya, gmna nanemnya kalo itu bibit masak di tancapkan gt aja..)hehe...berkat akang sekarang ngarti dah...siap praktek ini...mumpung ada yg sedang bertanduk..hehe

Balas

terimakasih kang atas informasinya hatur nuhun

Balas

Mau tanya knap benih yang udah ukuran lebar 1cm kok gak mau membesar knapa padahal dah 1tahun lbih kok tetep kerdil

Balas

Biji tumbuh lebar 1cm kok ngerdil iya pada hal dah 1 tahun penyebapnya apa ya

Balas

ohh.. bisa perbanyakan melalui stek yah mang? hehee, baru tau saya.. kalo stek adenium syaratnya apa aja kitu mang?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger