logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?

Sampurasun.... Rampes... 

#Cerita Mang Yono, Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?. Kata orang, punya istri atau suami orang Sunda tak perlu repot memberi makan, termasuk Mang Yono mungkin hehehe. Cukup sediakan daun-daunan dan di lepas di kebun..... #Semprul hehehe.  

Ya, urang Sunda memang selama ini dikenal sebagai pemakan lalap - lalapan yaitu biasa disebut ngelalap, makan daun - daunan, bukan ngelayap, kalau ngelayap itu mencari daun muda dengan tanda kupip... hehehe. Dari jaman baheu jaman pakoang juga begitu, tapi tidak orang sunda aja ding yang suka makan lalapan, nih contonya seperti  poto dibawah ini, ini poto diambil di daerah Duri, Pekanbaru, Riau, ini bukan orang sunda aja yang makan lalapan, tapi tergantung lalapannya ding. Kalau lalapan yang aneh – aneh tidak suka.

 
Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?


Lalapan yang bisa dikonsumsi orang sunda beraneka ragam jenisnya, ada lalapan - lalapan mulai dari daun singkong rebus, daun ubi rebus, daun kacang panjang rebus, daun pepaya rebus atau daun pepeya mentah, daun putat, daun jambu mete, daun mengkudu rebus sampai lalapan mentah seperti terong, kacang panjang, surawung, mentimun, leunca, daun mangga muda, daun jengkol muda di kombinasikan dengan Pepes peda, tahu, jamur, ikan mujair goreng, sebakul kecil nasi hangat, sambal cabe rawit yang baru saja diulek sambal beledag, lebih nikmat lagi makannya di saung sawah.... Enak tenan ... hehehe.


Ada juga yang suka  petai, mau digoreng, dibakar, atau dimakan mentah. Tapi kalau jengkol mungkin agak langka karena harganya melambung bahkan sempat harganya sampai Rp 90.000 per kg.

Awal Juni lalu, harga jengkol melambung tinggi, membuat para pemburu jengkol  ”menyerah”. Maklum saja, jengkol bukan barang pabrikan yang pasokannya bisa diatur sesuai perkembangan harga. 



Sebenarnya tidak ada pakem atau rumus baku tentang lalapan. ”Lalapan wajib”. Di warung atau rumah makan Sunda , jenis lalapan yang tersedia bisa berbeda. Justru itulah istimewanya berwisata kuliner di daerah Sunda, lain tempat lain lalapannya.... hehehe.




Lalapan tiap warung bisa berbeda ada lalap berupa daun tespong, leunca, kemangi, daun selada, dan mentimun, daun dewa, daun reundeu, tespong, poh-pohan, antanan, serta kunyit muda. Ya, kunyit yang biasanya dipakai sebagai bumbu masak, di warung yang sederhana ini disajikan sebagai lalap.. 


Setiap pengunjung yang makan di warung sunda boleh mengambil lalapan gratis terserah mau makan lalapannya juga bisa... #kalau gak malu hehehe, lengkap dengan sambal terasi yang disajikan dalam cobek kecil.

Kebiasaan memakan lalab bagi masyarakat Sunda sudah berlangsung turun-temurun dari jaman pakoang / jaman baheula, jaman kuda gigit besi sampai jaman sekarang / jaman kuda gigit roti .... hehehe. Bahkan ada pepatah yang mengatakan. 


"Orang Sunda tidak akan pernah mati kelaparan jika dilepas di tengah hutan, karena mereka bisa memakan semua daun yang ada..."

Apalagi kalau di rumah, banyak kan daun – daunan termasuk daun pintu dan dan daun jendela... # semprul hehehe.

 Namun kini semakin langka seiring perkembangan jaman.
Selamat makan lalapan ya, sahabat – sahabit.
Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

lalapan klo d t4 saya tuh,,, sayurnya,mentah mang,,,,

yg dh d rebus bukan lalapan,lg nmanya,,,,,

jengkol bakar rasanya kyak apa sih?

Balas

iya disini juga sama Mbak Maya, lalapan itu yang mentah, ngelalap makan daun mentah,... nah kalau ngelayap cari daun muda... ups, keceplosan heheheh

Balas

Hahay Keren nih Mbak Maya juga dapet Paket Pertamax
Dari Mang Yono, selamat Mbak, nasib saya mah dapet
Premium terus, sabar-sabar.. keren Mnag Artiel Lalapna
Saya juga suka apa lagi kalau lalapan Daun sampeu mantep

Balas

Sae Mang panas-panas kerja di tengah sawah makan sama
Lalapan jengkol wuihhh Top Markotop deh hh :)

Balas

Kl saya lalapan sih ga terlalu suka, mang. tp kl ada ya di sikatt!! #halah, sama aja dong?

Balas

wah kalau untuk urusan lalapan bukan orang sunda aja mang yang suka, saya juga suka hehehehe

Balas

begitu tinggal di bogor, saya dan isteri jadi hobi lalapan Mang. masakan jawa OK, masakan sunda pun siap.

Balas

waduh ! lalapan pake sambel trasi.. wuenak tenan

Balas

alasan yg bagus.. hahahaha

Balas

berarti tergantung kondisi geografi ya, kang?

Balas

bukan cak. teptnya tergantung perut saya, lagi lapar atau tidak.

Balas

kalau lalapan cuma timun sama kacang panjang yang lain harus di masak dulu..orang jawa suka makan pedas

Balas

Gak apa kang gak kebagian pertamax juga.. Yang penting lalapanya kebagian hehe

Balas

Alasan mau tapi mau haha

Balas

Nah betul mas, tuh di poto atas juga bukan orang sunda semua ada medan, padang, riau, lampung, jawa tengah, jawa timur, bogor, bekasi haha

Balas

Bagus dong mas, perutnya bisa stereo hehe.

Balas

kalau sayah, bukan timun dan kacang panjang aja yang di makan mentah, ada leunca, tekokak, tespong, poh - pohan, daun jambu mete muda, daun sintrong, genjer, eceng, gunda, antanan hehe dan masih banyak lagi...

Balas

Saya juga suka ngelalap, tapi gak semuaa lalapan suka sih hehehe
yg paling sukaa itu poh pohan, kecang panjang sama kol.. *lalapan level pemula* hehe --v

Balas

yang mantab poh pohan ya dicolek ke sambal oncom hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger