logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Panen padi telah tiba,tradisi Derep masih tetap dilaksanakan di Pagaden Barat

Sampurasun... Rampes.. 

#Cerita pengalaman Mang Yono, Di Kecamatan Pagaden Barat jika tiba panen padi pemilik sawah biasanya ”ngabejaanworo – woro atau memberikan pengumuman kepada tetanggan bahwa padinya akan di panen hari pun di tentukan. Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan di Pagaden Barat, oleh karena itu bagi siapa saja yang ikut “nyeblok”  tandur atau menanam padi di sawahnya maka dipersilahkan potong padi jadi yang tidak ikut tandur tidak boleh ikut derep atau memotong padi, adapun pengupaha padi atau gabahnya dengan sistem bagi hasil panen.  

Kalau di Tempat Mang Yono yaitu 1/6 itu sudah menjadi kesepakatan atau adat yang terbiasa di Kecamatan Pagaden Barat, Kab. Subang Jawa Barat, Indonesia.

Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan di Pagaden Barat

Yang melakukan derep yaitu, orang yang ikut nyeblok atau tandur sebelumnya, nanti lain waktu akan saya tulis tentang nyeblok bagai mana tradisi neblok itu, dan tradisi nyeblok pun masih di lakukan di kecamatan Pagaden Barat.

Yuk, kembali lagi ke Topik, yang melakukan derep ini ia harus melakukan tandur, memotong padi, ngagebot atau merontokan padi, sampai mengangkut ke tempat yang ditentukan oleh pemilik padi, tergantung para pemilik sawah tersebut, kadang ada yang dijual gabahnya di sawah itu juga atau kalau dekat diangkut ke Rumah pemilik sawah termasuk Mang Yono

Panen padi telah tiba,tradisi Derep

Setelah selesai tahapan, potong padi, ngagebot, ngarungan, ngunjal, maka dilakukan bagi hasil 1/6.

Untuk takaran ini ada yang dilakukan dengan cara ditakar dengan wadah boboko, said / boboko besar, ataupun baskom dan alat lainnya yang bisa buat nakar, biasanya cara menakar dengan cara ini tukang takar lupa karena suka di gabungkan misalnya terus aja hitungan takaran sampai hitungan 6, 12, 18 dan seterusnya, eh sudah banyak lupa tuh, berapa takaran yang sudah ia lakukan... hehehe.  Nah cara kedua biar praktis dilakukan dengan cara ditimbang, kalau ditimbang ini kan perkarung atau per dua karung jadi ada tukang catatnya juga, kalau Mang Yono biasanya dengan cara ini, atau ada cara ketiga

Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan
Biasanya setelah takaran itu tukang derep takarannya dikasih lebih, entah 3, 5 atau 10 takran, tergantung ke ikhlasan si pemilik sawah atau tanaman.  

Tradisi derep ini di tempat lain dengan para tetangga untuk memanen padi tidak ada dan sudah digantikan dengan model baru yaitu usaha baru memanen padi yang lazim di sebut ” Tebasan ” atau panen padi  dengan sistim borong. Para penebas ini setelah tender/ kesepakatan antara pemilik tanaman dengan  penebas maka memanen padi di lahan petani pun dilaksanakan. Semua tenaga yang berhubungan dengan pemotongan padi perontokan sampai pengangkutan ke mobil semua dimobilisasi oleh penebas. Oleh karena itu saat ini pekerjaan penebas padi merupakan usaha yang menjanjikan dan bisa meraup keuntungan yang cukup besar dalam setiap panen.

Mungkin untung ruginya tergantung penaksiran penebas padi di lahan  dilihat dari kondisi tanaman padi disawah, jarang rapatnya padi dan juga luas lahan itu sendiri.


Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan di Pagaden Barat

Nimbang gabah pembagian hasil
Nimbang gabah pembagian hasil

 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

43 komentar

Mengenal istilah-istilah bahasa daerah yang selalu di gunakan para petani atau pun masayrakat setempat memang mengasyikan sekali Mang, Apalagi pada saat musim panen telah tiba, banyak istilah dan kosa kata yang harus di lestarikan bagi setiap genarasi bangsa. Agr tidak punah dan tetap dikenal dalam penerapan di setiap daerah indonesia yang kaya ini.

Salam,

Balas

tradisi panen padi yang unik, "derep"

saya baru tahu

Balas

di kampung saya juga dikenal dengan nama derep Mang. Tapi sebagian masyarakat juga menyebut dengan ani ani. Entah apa bedanya saya kurang begitu paham.

Balas

Kunjungan Pagi Mang, salam panen weh muga sing hasil panen nya

Balas

Di situ derep ikut bagi hasil ya mang,,,situasi gotong royong seperti itu asyik sekali apalagi kalau pas di sawah gerimis lalu makannya enak banget......

Balas

Iya mas selain kosakata yang dipertahankan, gotong royong dan kebersamaan juga harus dilestarikan.

Balas

Mas Nico Mang Yono memang selalu menghadirkan yang unik dan
Menarik, karena Mang Yono blogging yang Kreatif dan pandai berbagi
Salam sukses terus yah Mang Yono :)

Balas

Iya sob, derep istilah motong padi dengan bagi hasil

Balas

ini yang patut dilestarikan

Balas

kalau nebas apa mang ?

Balas

ani........ani....sungguh aku tau......
tet..tet..tet...tet....tet..

Balas

padi mang yono di tebaskan atau di derep mang? kalau lagi merontokkan pagi gitu ada juga yang mengais sisa sisa rontokan padi ya mang, namanya ngangsak.

Balas

Kang karis.. Saya kan tahunya masalah beginian.... Mas agus, kalau nebas ya istilah, motong, merontokan, dan mengangkut tapi dengan sistim borong.

Balas

Istilahnya unik ya mbak KK.. Mas Agus, ter...la...lu

Balas

Amiin... Terimakasih kunjungannya kang.

Balas

Iya Jenx.. Kebetulan hari kemarin dan sekarang cuaca panas, jadi selain makan di saung sawah ya rujakan juga hehe

Balas

Di derep mas, kasihan tetangga kalau pakai sistim tebas, kebetulan di tempat lain sekarang belum musim panen, nah yang mungutin sisa - sisa rontokan padi ditempat saya namanya ngagebrigan atau ngeprikan.

Balas

Iya mas, derep, gotong royong dengan kedua belah pihak saling di untungkan, berbagi dengan tetangga yang tidak punya sawah.

Balas

Derep Komando ya Mang. kayak lagunya grup Malaysia.

Balas

wah asyik tuh gan, bisa panen padi, biasanya abis itu musim layangan yah

Balas

terkadang mang, keluarga saya bantuin tandur tapi pas panennya gk diajak. asem banget tuh orang :D

Balas

wah ada lagunya ya mas... keren ya?

Balas

kalau di tempat saya pas padi belum di panen malahan main layangan, biar layangan jatuh ke pohon padi ... soalnya lahan sawahnya ber air terus...sawah rawa - rawa

Balas

wah kok bisa gitu kang, kalau ditempat sayah gak ada istilah begitu, la nanam kacang tanah aja kalau nanamnya di ajak ya panennya diajak... harus dikucilkan orang begitu mah heheeh.... mungkin pas tandur dikasih uang kang?

Balas

Wah selamat ya master, padinya sudah bisa di panen. Pasti hasilnya melimpah ya master. Lumayan bisa buat keluarga ya master ^^

Balas

nderep ada juga dikampungku, sdah lupa takarannya gmna...
unik tradisi ini, tapi sdah jarang

Balas

baru denger yang namanya derep..
oke om, tengkyu

Balas

terimakasih ucapannya Master Eka... lumayan biar gak terlalu beli beras eheheh

Balas

iya mas, di kabupaten saya juga sekarang sudah pada mulai memakai sistim tebas.. cuma di kec. sayah yang masih menggunakan sistim derep... kasihan kan ke orang yang tidak punya sawah..

Balas

hehehe istilah orang desa memang unik - unik heheeh... sama - sama

Balas

borong bukan barong kan Mang..

Balas

Mang Yono lagi panen nih.. jangan lupa Mang kirim ke Bali ya..hehe

Balas

mang, biar iklan yg ada didalam postingan ada jarak dengan teks sebaiknya dikasih script ini :

#div style='float:left;width:320px;height:260px;padding:0 0px 0px 0;'>

kode iklan mamang

#/div>

ket : ganti tanda # dengan tanda < saat dipasang ya, mang

Balas

Hehehe iya Bli, panennya dikit, tapi syukurlah cuaca panas, jadi bisa langsung dijemur, sisanya dijual hehehe...

oke deh, mau berapa karung? ehheeh.

Balas

Terimakasih mas budy, itu yang saya cari ... kok saya ndak nemu di google,...

nanti saya praktekan.

Balas

Ani-ani itu Cara panen padi jaman dulu dengan memetik wuli demi wuli (wuli=tangkai) dengan alat yang namanya anai.

Derep sama dengan membantu panen padi dengan bagi hasil gitu. Sekarang sih ga musim lagi panen padi dengan ani-ani, sudah pakai alat bantu yang lebih cepat memanen padi tentunya.

Balas

aku ga ikut nyebok boleh ikit derep kagak Mang.
Tak bawain Erek buat rontok padi gitue.

Balas

Derep itu di kenal sampai negri barat sana bahkan ada band yang namanya Derep Puerple

Balas

Disini dulu juga gitu mang yang ga ikut tandur ga boleh ikut derep. Tapi sekarang urusan tandur sudah dengan upah jadi pemilik bisa langsung jual Pari/padi dengan Nebasne gitu. Tapi ada juga yang di derepne dengan Morowolu gitu. Mopwolu sama dengan bagi delapan atau delapan banding satu. Pemilik delapan bagian yang derep satu bagian

Balas

Iya mas, kalau saya akan pertahankan deh kebiasaan lama ini, tapi selagi ada yang mau tandur kalau gak ada apa boleh buat, wah 1/8 ya mas, kalau di tempat saya dah biasa 1/6 , malahan suka dikasih tambah 3 sampai 5 takaran

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger