logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Saya Rela Jadi Kuli Demi Keluarga

Sampurasun .... Rampes... # Cerita Pengalaman Mang Yono, Saya Rela Jadi Kuli Demi Keluarga, Malu menjadi seorang kuli di sebuah proyek dan harus bermandikan keringat dahulu hanya untuk mendapatkan uang, itu tidak berlaku bagi sayah.

Embel – embel dibelakang atau didepan nama belum tentu menjadi jaminan seseorang akan diterima bekerja di sebuah perusahaan apalagi notabene perusahaan sekarang selalu mengutamakan pengalaman kerja, jangan berharap ingin mendapatkan gaji yang cukup tinggi, meskipun terkadang ada juga mereka yang beruntung mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang cukup besar karena rejeki itu Alloh yang mengatur.... Betul Tidak?.



Saya Rela Jadi Kuli Demi Keluarga
Poto dokumen Mang Yono

Jika ketika  sekolah atau pun kuliah tingkat I sampai tingkat III dahulu keinginan untuk cepat lulus dan mendapatkan gelar sarjana dalam waktu yang singkat adalah sebuah cita-cita dan ambisi, yang membuat sebagian rambut di kepala menjadi kurang subur. Akan tetapi ketika sedang melaksanakan Ujian Akhir, pikiran  tersebut hilang karena beberapa bayangan sudah tampak di depan mata. Bukan status pengangguran yang mengkhawatirkan akan tetapi status penilaian masyrakat terkadang sedikit ekstrim. Hidup di tengah masyrakat terkadang lebih kejam dibandingkan dengan nilai  merah dari Guru.

Poto dokumen Mang Yono


Hidup tanpa kekurangan dan berkecukupan adalah menjadi impian setiap orang meskipun mereka tentunya harus bekerja keras sehingga rela mengorbankan beberapa hal yang bagi sebagian orang tentunya sangat mustahil dilakukan. Terkadang mereka harus rela pergi jauh meninggalkan dekapan hangatnya keluarga dan orang yang dicintainya demi untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak dan lebih baik.

Begitupun dengan Yono (Mang Yono), karena terlahir sebagai keluarga yang berkekurangan sehingga telah terbiasa untuk bekerja keras dan menjadi kuli di proyek, untuk mendapatkan posisi nyaman dan penghasilan yang lumayan cukup untuk sekedar memanjakan diri sesaat.

Bagaimana kita membiayai pulsa dan modem internet bahkan untuk modal pacaran di malam minggu kalau setelah lulus sekolah atau kuliah masih menganggur dan untuk membiayai semuanya itu masa kita harus bergantung pada orang tua, mau di taruh dimana muka ini coba. Meskipun sebenarnya orang tua tentunya akan selalu memberi lebih jika kita memang memintanya, karena bagaimanapun juga kasih sayang mereka akan selalu beserta kita sepanjang masa... Kasih ibu sepanjang beta.... Betul?.
Poto dokumen Mang Yono

Meskipun terkadang badan terasa terbakar karena panasnya matahari atau tangan lecet karena terjepit besi, akan tetapi setelah mendapatkan uang hasilnya semua itu akan terasa hilang tak terasa. Nanti kalau uangnya sudah habis baru  sadar ... hehehe. 

Dan ternyata uang hasil kuli tersebut lebih nikmat dirasakan ketika kita menggunakannya, mungkin karena terasa sulitnya mencari uang sehingga hasil kerja keras tersebut sangat berasa jika kita hendak menghabiskannya atau berlaku boros. 

Itulah dulu sekitar tahun 1996 sampai tahun 2009, sekarang meskipun dengan status agak berbeda tetap saja masih menjadi kuli. Tapi semua itu terasa indah dan sangat indah ketika sekarang setelah 14 tahun lamanya masih mengingat ketika tengah malam harus membawa besi dan alat kerja. Ketika semua mata sedang terlelap dibuai mimpi saya harus bermandikan keringat demi sebuah mimpi dansebuah  harapan.

"Jadi, adakah sahabat - sahabit yang ingin mencoba menjadi kuli proyek…?"


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

35 komentar

Perjuangan dan pengorbanan sorang Bapak yang Bijak dan
Bertanggung jawab, saya salut sama Mamang, dengan gigih dan
Semangat juang demi Keluarga sampai tak kenal lelah dan letih
Bak bermandikan cucuran keringat Mamang, tetap tak mengeluh
Sabar tawakal aja ya Mang Yono, kerja tuh apa aja yang Peng Hallal
Menafkah Anak dan Istri, seyogya nya saya pun sama Tukang Kuli
Nice artikel itu potret Ayah yang patut di tiru sosok dan Figurnya.

Balas

Sehubungan mata masih agak semaput jadi nulis nya juga agak ada
Yang kelewat teks nya Maaf, mohon di maklum saya pun siap-siap
Mau berangkat Kuli, sama kaya Mamang, semoga ni hari saya kaga
Kehabisan Pertamax Karena ni Hari saya dapet PARCEL Pertamax
Dari Mamang Yono, wileujeng Damel Mang, daaaaagg hhhh.. :)

Balas

Hidup di tengah masyrakat terkadang lebih kejam dibandingkan dengan nilai merah dari Guru. Ini menjadi pelajaran buat saya sahabat. :)

Balas

Jadi bisa belajar untuk tidak mengeluh.

Balas

Saya juga pernah menjadi kuli bangunan, hati senang ketika menerima uang hasil kerja

Balas

Benar, harus bekerja keras terlebih dahulu, agar bisa membiayai pulsa dan modem internet bahkan untuk modal pacaran di malam minggu dan lainnya.

Hehehe. Kalau uang habis baru sadarr, bener bener :D

Balas

Iya akang - mas, mengeluh itu tidak boleh, karena masih banyak yang lebih rendah penghasilannya dari kita...

Balas

Lebih enak nguli (termasuk saya juga mang) daripada harus jadi koruptor karena resikonya terlalu besar baik di dunia maupun akherat

Balas

tentunya juga lebih kejam dari ibu tiri

Balas

Mamang khan juga harus ngapel setiap malem minggu ... bener gak mang ?

Balas

Aku nungguin kulinya pulang aja deh.. syukut-syukur kalo kulinya bawa klepon ..

Balas

Nanti kalau uangnya sudah habis baru sadar ... :D :D :D

Saya juga lagi nguli nih, mang.. meski di ruangan yg berbeda...

Balas

iya kang silahkan pertamax nya diambil... yang pertamak dapat hadiah 1 buah payung cantik heheeh

Balas

hehehe kalau yang punya ibu tiri mas, kalau gak punya gak merasakan kejamnya heheeh

Balas

Iya Cak, hati senang dan sampai lupa utang di warung hehehe

Balas

iya sayah juga merasakannya yang ngapel malam minggu malahan sampai sekarang tiap minggu harus rutin ngapel heeheh

Balas

iya mas sayah kok heran ya koruptor itu padahal resikonya gede, tapi tetap cengengesan

Balas

hahaha klpon se kantong apa sebakul heheeh

Balas

iya mas sadar kok dihabiskan padahal dah cape - cape nyarinya... itulah , hidup dan bertahan hidup ya ehheh... :D

wah mantab nih mas pri kerjanya ber AC ya?

Balas

tapi bisa tiap pekan pulang kampung, itu anugerah Mang!

Balas

saya juga mau lho hadiahnya...telat nggak apa

Balas

Yang membedakan hanyalah tempat kerja kita terkadang kerja kuli kalau kita bisa menikmatinya dan disitu sambil belajar tidak ada ruginya
yang paling rugi sudah sekolah tinggi dengan biayayang tidak sedikit dengan hasil jerih payah ortu setelah lulus cuma duduk manis di rumah...

Balas

senang hanya waktu menerima saja, setelah dirumah ternyata uang jerman. dijejer ora uman

Balas

orang hemaat pasti dulunya tau susahny cari uang, dan pasti tau banget nikmatnya bersyukur ^^

Balas

sama mang, asalkan itu halal saya juga rela melakukan apa saja demi menghidupi keluarga tercinta,

Balas

wah gak kuat pastinya kalau saya mang... pengalaman pernah nyoba jadi kuli setengah hari saya nyerah.. jadi bersyukur dengan apa dimiliki saat ini ... banyak juga mang disekitar saya yang berawal jadi kuli sekarang jadi bos kuli .. apapun kerjanya yang penting iklas pasti Tuhan kasih hasil yang cukup bahkan lebih ... amiiin........

Balas

jadi kuli masih tak lakoni hingga saat ini mang. Alhamdulillah masih di kasih rizki dengan jadi Tukang Senggrong Coker Wedhi (baca kuli bongkar muat pasir)
Hehehe..

Balas

iya mas, meskipun pulang langsung kebagian ronda, jadi malam mingguan di pos ronda hehehe

Balas

iya jenx dan lebih parah lagi duduk manis dirumah kopi dan rokok tetap ngebul... uangnya masih minta ke ortu lhehehe

Balas

betul sekali, jadi mau berlaku boros masih mikir - mikir hehehe

Balas

iya mas... yang terpenting halal... entah itu kuli kasar, atau kuli kotor, maksudnya kerja di tempat kotor.. asalkan uangnya didapat bukan dengan cara kotor

Balas

betul sekali sob, hitung - hitung cari pengalaman, dan tahu bahwa jadi kuli itu berat dan pahit, untuk bekal nanti kalau sudah jadi bos kuli tidak semena - mena terhadap kuli eheheh

Balas

sayah juga jadi tukang pikul besi mas... iya betul, malah di sekitar kita masih banyak yang lebih minim pendapatannya dari kita...

Balas

hehehe setau saya di mana-mana yang namanya kuli tetap kotor mang ckakakakakaka

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger