Skip to main content

Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya

Sampurasun .... Rampes...  

# Apotek hidup Blog Mang Yono, tentang Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya. Sepintas memang tidak ada yang menarik dari tanaman ini, apalagi pohon kacapiring saya belum berbunga dan berbuah.

Ya, sudahlah Mang Yono juga menanam tanaman kacapiring ini di belakang rumah untuk pagar, tapi di samping itu tanaman kacapiring ini biasa saya gunakan untuk obat herbal juga disamping belajar Pertanian ... hehehe, ini terbukti loh,  mulai dari nenek saya menggunakan tanaman kacapiring untuk dijadikan obat.



Kelebihan dari tanaman kacapiring ini adalah kacapiring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Tumbuhan kacapiring ini bisa di perbanyak dengan cara dari biji, cangkok, stek batang atau minta tolong orang lain untuk menanamnya .... hahahha. 


Namun, apabila sobat tangannya panas ya gak tumbuh juga.  Haha simamang nih masa ada tangan yang panas?. Kata orang Tuwa, tangan panas itu orang yang mempunyai ajimat – ajimat, atau dipasangi susuk, kalau menanam tanaman dia tidak akan tumbuh... hahaha ... aya – aya wae nya ... hehehe. ...  # Semprul.

Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya
Tanaman Kacapiring Mang Yono
Kata sayah mah ya iya lah masa menanam tanaman tangannya yang tumbuh, pasti yang tumbuh tanamannya kan?.  

Jangan percaya itu, setiap orang juga pasti bisa menanam tanaman dan akan tumbuh tanaman tersebut apabila tanaman tersebut di tanam  sesuai prosedur... #Gaya hahhaha

Secara kasat mata tidak ada yang menarik dari tanaman kacapiring saya ini, tapi kalau mengingat manfaatnya , jadi sayang untuk menebang pohon  kacapiring ini, apalagi katanya di daerah Bali tanaman kacapiring  dikenal dengan nama jempiring dan merupakan maskot kota Denpasar harus tanya Bli Kstiawan® nih, katanya bunga  berwarna putih polos dan warna daunnya hijau tua mengkilat seperti dilapisi lilin. Selain itu, yang tidak kalah menarik katanya adalah, bau harum yang dipancarkannya. 

Bahkan beberapa kuntum kaca piring dapat mengharumkan ruangan berukuran 3 x 3 m jadi cocok deh di simpan di kamar kita, Jadi saya  tidak perlu lagi membeli pengharum ruangan kimia yang membawa dampak kurang baik bagi tubuh manusia. Lebih-lebih saya memiliki anak balita . Kesadaran untuk hidup alami harus terus dikembangkan demi kesehatan dan kesejahteraan umat manusia sendiri.... Betul tidak?

Saya jadi penasaran nih.... hehehe. Entah kapan kacapiring sayah mau berbunga bahkan berbuah pula.
Gambar diambil dari Google


Menurut penelusuran di Mbah Google Tanaman kacapiring juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati) tapi setelah saya cari ke Mbah  Google bunga kacapiring ini memang mirip dengan bunga melati.... melati... melati ... oh harum dan mewangi ... hehehe... Tarik mangg.


Menurut keterangan di Mbah  Google Bunganya berukuran besar, indah, mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun dan menawan memikat hati... 

Ternyata Internet itu sangat membantu saya yang kurang makan bangku sekolahan, dan lebih untung lagih sayah punya modem Internet geratisan pulsanya pun gratis, malahan kalau pulsanya utuh atau habisnya dikit suka dipertanyakan " kamu ini mang gak pernah kerja ya? ... heheheh

Ya sudah kembali lagi ke Topik, Bunga Kacapiring bunganya hanya muncul sekuntum di ujung - ujung tangkai, mempunyai 6 daun mahkota dan katanya bunga kacapiring ini bisa di jadikan bahan dasar minyak wangi. 

Kacapiring berasal dari Cina dan Jepang. di Cina, bunganya digunakan sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya bisa dimakan dan dapat digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan (seperti kunyit).


Tumbuhan kacapiring mampu mengurangi keluhan seperti Diabetes melitus, Sariawan, Demam, dan sukar buang air besar kalau sayah biasa mempraktekan untuk pengobatan demam yang lain belum pernah.

Nah untuk meracik obat tradisional herbal Kacapiring, bahan – bahan dan peracikannya juga cukup mudah

Ambil atau petik 7 lembar daun kacapiring dan siapkan 1 potong gula batu, kalau tidak ada ya beli dong, mungkin tetangga juga punya ding. hehehe.
Cara membuatnya yaitu daun kacapiring diremas-remas dengan 1 gelas air
dan disaring. Kemudian dicampur dengan gula batu dan diaduk
sampai merata.
Cara menggunakan: diminum

Atau bisa juga daun kacapiring setelah diremas - remas lalu popokan ke ubun - ubun yang terserang demam panas.

"Bila sakit berlanjut... Hubungi dokter ya..."


Nah, sekarang Kaca Piring bukan hanya sebagai penghias, pagar rumah dan pengharum ruangan atau taman saja. Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit tersebut. jadi kalau begituh sayah mau buka pertanian dan nanam kebun pohon kacapiring saja, siapa tau ada pabrik atau perusahaan teh yang beralih dari bunga melati ke bunga kacapiring untu campuran teh, Semoga berguna ya.. sahabat – sahabit.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar