logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya

Sampurasun .... Rampes...  

# Apotek hidup Blog Mang Yono, tentang Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya. Sepintas memang tidak ada yang menarik dari tanaman ini, apalagi pohon kacapiring saya belum berbunga dan berbuah.

Ya, sudahlah Mang Yono juga menanam tanaman kacapiring ini di belakang rumah untuk pagar, tapi di samping itu tanaman kacapiring ini biasa saya gunakan untuk obat herbal juga disamping belajar Pertanian ... hehehe, ini terbukti loh,  mulai dari nenek saya menggunakan tanaman kacapiring untuk dijadikan obat.



Kelebihan dari tanaman kacapiring ini adalah kacapiring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik di daerah dingin maupun panas. Tumbuhan kacapiring ini bisa di perbanyak dengan cara dari biji, cangkok, stek batang atau minta tolong orang lain untuk menanamnya .... hahahha. 


Namun, apabila sobat tangannya panas ya gak tumbuh juga.  Haha simamang nih masa ada tangan yang panas?. Kata orang Tuwa, tangan panas itu orang yang mempunyai ajimat – ajimat, atau dipasangi susuk, kalau menanam tanaman dia tidak akan tumbuh... hahaha ... aya – aya wae nya ... hehehe. ...  # Semprul.

Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya
Tanaman Kacapiring Mang Yono
Kata sayah mah ya iya lah masa menanam tanaman tangannya yang tumbuh, pasti yang tumbuh tanamannya kan?.  

Jangan percaya itu, setiap orang juga pasti bisa menanam tanaman dan akan tumbuh tanaman tersebut apabila tanaman tersebut di tanam  sesuai prosedur... #Gaya hahhaha

Secara kasat mata tidak ada yang menarik dari tanaman kacapiring saya ini, tapi kalau mengingat manfaatnya , jadi sayang untuk menebang pohon  kacapiring ini, apalagi katanya di daerah Bali tanaman kacapiring  dikenal dengan nama jempiring dan merupakan maskot kota Denpasar harus tanya Bli Kstiawan® nih, katanya bunga  berwarna putih polos dan warna daunnya hijau tua mengkilat seperti dilapisi lilin. Selain itu, yang tidak kalah menarik katanya adalah, bau harum yang dipancarkannya. 

Bahkan beberapa kuntum kaca piring dapat mengharumkan ruangan berukuran 3 x 3 m jadi cocok deh di simpan di kamar kita, Jadi saya  tidak perlu lagi membeli pengharum ruangan kimia yang membawa dampak kurang baik bagi tubuh manusia. Lebih-lebih saya memiliki anak balita . Kesadaran untuk hidup alami harus terus dikembangkan demi kesehatan dan kesejahteraan umat manusia sendiri.... Betul tidak?

Saya jadi penasaran nih.... hehehe. Entah kapan kacapiring sayah mau berbunga bahkan berbuah pula.
Gambar diambil dari Google


Menurut penelusuran di Mbah Google Tanaman kacapiring juga dikenal dengan nama binomial Gardenia jasminoides yang berarti "seperti melati," walaupun tidak ada hubungannya dengan marga Jasminum (Melati) tapi setelah saya cari ke Mbah  Google bunga kacapiring ini memang mirip dengan bunga melati.... melati... melati ... oh harum dan mewangi ... hehehe... Tarik mangg.


Menurut keterangan di Mbah  Google Bunganya berukuran besar, indah, mirip dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun dan menawan memikat hati... 

Ternyata Internet itu sangat membantu saya yang kurang makan bangku sekolahan, dan lebih untung lagih sayah punya modem Internet geratisan pulsanya pun gratis, malahan kalau pulsanya utuh atau habisnya dikit suka dipertanyakan " kamu ini mang gak pernah kerja ya? ... heheheh

Ya sudah kembali lagi ke Topik, Bunga Kacapiring bunganya hanya muncul sekuntum di ujung - ujung tangkai, mempunyai 6 daun mahkota dan katanya bunga kacapiring ini bisa di jadikan bahan dasar minyak wangi. 

Kacapiring berasal dari Cina dan Jepang. di Cina, bunganya digunakan sebagai penambah rasa pada daun teh. Buahnya bisa dimakan dan dapat digunakan sebagai pewarna kuning pada makanan (seperti kunyit).


Tumbuhan kacapiring mampu mengurangi keluhan seperti Diabetes melitus, Sariawan, Demam, dan sukar buang air besar kalau sayah biasa mempraktekan untuk pengobatan demam yang lain belum pernah.

Nah untuk meracik obat tradisional herbal Kacapiring, bahan – bahan dan peracikannya juga cukup mudah

Ambil atau petik 7 lembar daun kacapiring dan siapkan 1 potong gula batu, kalau tidak ada ya beli dong, mungkin tetangga juga punya ding. hehehe.
Cara membuatnya yaitu daun kacapiring diremas-remas dengan 1 gelas air
dan disaring. Kemudian dicampur dengan gula batu dan diaduk
sampai merata.
Cara menggunakan: diminum

Atau bisa juga daun kacapiring setelah diremas - remas lalu popokan ke ubun - ubun yang terserang demam panas.

"Bila sakit berlanjut... Hubungi dokter ya..."


Nah, sekarang Kaca Piring bukan hanya sebagai penghias, pagar rumah dan pengharum ruangan atau taman saja. Tanaman Kacapiring manfa'at dan khasiatnya dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit tersebut. jadi kalau begituh sayah mau buka pertanian dan nanam kebun pohon kacapiring saja, siapa tau ada pabrik atau perusahaan teh yang beralih dari bunga melati ke bunga kacapiring untu campuran teh, Semoga berguna ya.. sahabat – sahabit.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

51 komentar

kaca piring. bisa membuat kaca sama piring dong

Balas

iya mas biar jadi cling hehehe

Balas

kyknya saya ni termasuk yg bertangan panas, mang. nanem apa2 gak bisa tumbuh... :)

Balas

taman yang tumbuh kaca sama piring emang ada ya?!.

Balas

keren!!
nanem duit bisa tumbuh melon gak :D .

Balas

ada Miz, dijakarta tuh dipuncak juga pada nanem taman tumbuh kaca heiheihei

Balas

saya kira itu mawar putih.. aapa bedanya ...

Baca peraturan komentar disini lucu juga :D
Silahkan berkomentar

- Dilarang pasang link aktif... Link mati juga jangan ding

- Dilarang promosi iklan karena sayah sudah pasang ikyan PePeCe
:D

saya mau promosi ikkklaaan , :) .

Balas

heheh... harusnya kalau mau nanam siapkan es balok, es dawet juga gak apa mas heheheheh.

Miz..keren ya nanem duit bisa tmbut buah heeheh

Balas

bedanya dengan mawar ya... mawar mempunyai duri, kalau kaca piring mempunyai piring... mungkin hampir sama dengan bedanya UPIL dan APEL hehehee....:)

Silahkan pasang iklan, tapi klik dulu iklannya sayah ..... heiheihei

Balas

kalau mau beli bibitnya dimana ya mang? adakah disekitar jakarta ? bagus nih buat pelengkap hiasan apotik hidup dirumah...

Balas

Pada gambar pertama dan kedua, yang tengah pake caping itu bunga kacapiiring ya ..? kok aneh bunganya pake caping ... he he

Balas

Baru tau nih,,nambah ilmu lagi...
Dari namanya aja udah unik ,gabungan dari Kaca dan Piring berevaluasi jadi deha Kacapiringmon (maaf ,terlalu banyak nonton Digimon ,hehe)

Balas

dulu di pekarangan rumah saya...banyak tumbuh tanaman kaca piring ini,,,seiring waktu berjalan, tanaman ini mulai diganti dengan yang tanaman yang dianggap lebih menarik seperti anggrek ..... :-)

Balas

pengetahuan obat dari tanaman tradisional ini sangat berguna untuk survive di daerah terpencil :D

Balas

Kaya Melati bunga nya yah Mang, di daerah saya banyak juga tumbuh liar
Dan juga di batas pagar pekarangan pekarangan banyak sekali, dan di daerah
saya hanya bermanfaat untuka Rambaban pakan Ternak saja Mang hhh :)

Balas

Berarti bangunan bertingkat yang berkaca itu
Bahan bakunya dari bunga Kaca piring atau giman tuh Mang hakkkhkkh

Balas

Tanaman ini mungkin sedikit masih dipergunakan sebagai bahan obat-obatan herbal,tapi kalau dilihat yakin saya ini bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Balas

selain harumm...
ada mnfaat nya lgi ya

Balas

Kalau di daerah saya namanya ceplok piring mang.

ternyata bisa buat obat juga ya mang, saya malah baru tau lho, padahal saya sering menggunakan daun ini untuk campuran membuat cimcau

Balas

mantabs mang, punya apotik hidup dirumah..

sambil menyelam minum bir.. he2x

Balas

Manfaat dan khasiatnya banyak tetap juga diperhatikan jika sakit berlanjut hubungi dokter :D

Balas

wah sayah kurang tau sob, coba aja cari di Google... betul sekali sob

Balas

itu bunga kacaping mas hehehe... cuma disini yang bungannya aneh begitu heheh

Balas

hahah jadi ada tambahan mon-nya ... Kacapiringmon hehehe

Balas

Iya bang ... kalah saing ya, padahal tuh sisakan saja satu pohon ... biar anak cucu tetap tau, tanaman kaca piring itu yang begitu hehhee

Balas

betul... seperti daerah saya tuh terpencil... mau kerumah saja harus melewati pematang sawah, mobil gak bisa masuk heheeh

Balas

iya kang, padahal banyak khasiatnya... cmpuran teh kan sekarang pakai melati... kayaknya kalau pakai bunga kacapiring lebih gede - gede heheh

Balas

iya sob, contohnya di negeri cina sana bunga dan buahnya di manfaatkan, kenapa kita nggak bisa yah hehehe

Balas

iya sob biar gak nyari jauh, kan lumayan...

Balas

betul... murah meriah lagi ehhehe

Balas

ohh tapi masih ada piringnya ya..

nah itu mas daun ini untuk obat demam, diminum seperti minum cimcau

Balas

iya betul sob, kalau sakitnya gak sembuh dalam 3 atau 4 hari ya gitu deh caranya hehehe

Balas

Kok kecapiring sama dengan bunga melati ya

Balas

Bisa gratis, minta sama mang Yono

Balas

buat obat anti miskin bisa gak mang ..?

Balas

kaca piring untuk demam udah biasa mang, namanya juga di desa, obat herbal tentu banyak bertebaran disekitar kita, seperti halnya di desanya mang yono, cuman kalau kacapiring bisa dibake obat diabetes melitus, baru tau dari sini....referensi in ah buat tetangga yang kena diabetes...sugan we cageur...aaaamiiiiin

Balas

ternyata master hebat banget ya tahu segala macam tanaman dan khasiatnya. Pasti sudah bikin usaha master ya. Luar biasa master. Good job :)

Balas

wow banyak juga khasiatnya ya mang...
kirain WS itu cuma bisa untuk pagar atau pembatas halaman saja hehe...

Balas

jujur pak, saya baru tau tanaman kacapiring, ada kacajendela kah? hehe

Balas

baru saya tahu ianya juga bermanfaat untuk merawat demam.. terima kasih sharing, boleh dicuba..

Balas

Mang Yono emang serba bisa dan serba tahu yah mbak, memang luar biasa master yang satu ini :)

Balas

Ternyata tanaman dan bunga kacapiring ini bermanfaat juga yah buat kesehatan, baru tahu saya mang :)

Balas

kacapiring itu apakah sama ya mang dengan ceplok piring.. soalnya kalau di tempat saya ceplok piring ada mang.. kalau kaca piring saya malah belum tau hehehehehe..

Balas

Iya sob... sayah juga bingung kok sama ya... maklum kacpiring saya belum berbunga hehehe

Balas

betul kang, tapi itu baru katanya, sayah belum pernah coba kalau buat obat diabetes melitus, tapi cara meraciknya ada tuh di google... coba aja bukak sikit.. joss

Balas

Taunya karena sayah punya tanamannya Master Eka, kan jadi tau gara - gara tetangga pada minta, lalu sayah tanya, buat apa, eh dia jawab buat obat... sebagai barternya sayah minta tuh cara membuatnya... adil kan?.

Bisa karena ada yang ngajarkan mas Sehat... tahu karena ada yang kasih tau

Balas

hahah ada mas, kaca pintu kaca spion juga ada

Balas

iya mas, ini udah obat turun temurun pas saya kecil sampai segede ini masih tetap digunakan...

Balas

tanaman Kacapiring mungkin di daerah Sunda itu tanamannya sama mas kalau di denpasar. Jempiring kalau di daerah lain ada yang bilang cempiring atau ceplok piring

Balas

iya kang saya juga bau tau... taunya cuma buat panas aja hehe

Balas

silahkan mizz di coba, memakai obat herbal lebih aman dibanding obat kimia

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger