Tanaman Bunga Bakung ( lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya

Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya

Ketemu lagi dengan Blog Mang Yono, bagai mana kabarnya sahabat – sahabit Bloger ?.  Syukur Alhamdulillah  kalau pada sehat.

Masih tentang tanaman, kali ini saya mau nulis tentang Tanaman Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya, tanaman ini saya temukan di pinggiran sungai dekat rumah nenek saya, mungkin hanyut dan terdampar.... kasihan terlantar kalau tidak ditanam, meskipun sayah tadinya tidak tau nama dan asal usul tanaman ini, sayah tanya juga ke tanaman ini gak jawab, dan membisu sejuta kata ... hahah semprul


Tanaman seperti gambar di samping adalah tanaman Bakung dan ini merupakan keluarga dari genus Lilium, yang mempunyai nama Inggris Lily.



Tanaman Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya

Tanaman Bunga Bakung ini bisa tinggal di pegunung, di rawa, tapi sekarang tanaman ini hidup di halaman depan Rumah Mang Yono bahkan ada juga yang hidup di perkotaan, hotel – hotel mewah dan perkantoran gedung bertingkat... hebat ya tanaman ini hehehe.

Tanaman Bakung biasanya memiliki tangkai yang kokoh. Kebanyakan bakung membentuk umbi bawah tanah

Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya1
Bunga Bakung Mang Yono

Bunga bakung yang besar memiliki tiga daun bunga, wangi. 

Bunga lily berbentuk corong dan biasanya berwarna putih, tapi dengan adanya perkembangan teknologi maka sudah banyak dilakukan mutasi gen, sehingga bunga lily bisa menampilkan warna yang lebih beragam. Karena keindahannya, bunga lili Lilium formosanum seringkali ditanam sebagai tanaman hias atau bunga potong..

Lili adalah tumbuhan yang aslinya berasal dari Tiongkok atau Jepang. Bunga lili memiliki khasiat obat.. katanya. 

Tanaman Bakung bisa di jadikan sebagai obat batuk, bengkak dan bisul, amandel, radang saluran nafas, radang paru-paru, asma, sakit lambung, diare kronis, sakit perut setelah melahirkan, jerawat.

Untuk cara meraciknya silahkan cari di Mbah Google, mamang cuma nulis tentang Tanaman Bunga Bakung (  lily ) Yang Terdampar ternyata banyak khasiatnya... heheheh


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar