logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Untuk Mengatasi Anak Supaya Tidak Ngompol

Sampurasun... Rampes.. #Cara/Tips. Kali ini Blog Mang Yono mau sedikit berbagi tentang si buah hati, setelah sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara Mulai Mengenalkan Makan Nasi Pada Bayi berhubung makan nasinya sudah lancar bahkan suka ngemil Anak Saya Tiada hari Tanpa tahu tempe minum susunya juga susu cap tempe. Kalau sekarang saya mau mencoba menulis tentang Cara Untuk Mengatasi Anak Supaya Tidak Ngompol.

Apa itu Ngompol? Ngompol yaitu pengeluaran urine yang tidak disadari pada saat tidur. Terkadang definisi ngompol juga digunakan untuk menyebut anak - anak yang gagal mengontrol pengeluaran urine saat mereka terjaga.



Ada kepercayaan yang beredar di masyarakat khususnya di kalangan  kaum ibu bahwa gigitan capung bisa menghentikan kebiasaan anak mengompol. Anak saya Gigin (1,8) sudah tidak ngompol sejak usia 1 tahun. Ada tetangga yang mempunyai anak sudah berumur 5 tahun, tapi masih mengompol juga.

Cara Untuk Mengatasi Anak Supaya Tidak Ngompol
Kalau Gigin sudah pegang- pegang sesuatu, pasti mau pipis hehehe

Katanya, dengan capung menggigit pusarnya bisa mengatasi masalah suka mengompol. Tapi, saya ragu dengan hal itu mungkin benar mungkin juga mitos ( bukan mie atos / mie keras).

Saya malah suka berfikir walau kadang saya tidak bisa mikir, tapi berhubung sekarang sedikit bisa mikir ya saya mikir... hehehe, kalau capung digigitkan malah saya takut nantinya justru membuat anak menjadi phobia capung. Sebenarnya, bagaimana cara agar anak tidak ngompol lagi, ya sudah saya tanya saja ke bu dokter cantik tentang kebiasaan anak masih mengompol . Berikut ini jawaban dari bu dokter cantik ... Yuk, kita buka sikit joszz.

Jawaban bu dokter cantik:

Mang Yono, menaruh capung di atas pusar anak untuk mengatasi masalah mengompol bukan solusi yang tepat. Perlu diketahui apa sebenarnya penyebab mengompol. Ada 2 faktor penyebabnya, fisiologis dan psikologis ( bener tidak ya tulisannya).

(!). Faktor fisiologis. Bisa saja ada kelainan pada kandung kemih atau kurangnya kepekaan terhadap rasa ingin pipis. Akibatnya anak tidak sadar bahwa kandung kemihnya penuh sehingga tanpa disadari ia akhirnya mengompol. Dalam hal ini, perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter anak Anda.

(!!). Faktor psikologis. Perlu ditelusuri apakah mengompol ini terjadi terus menerus sejak usia dini. Sebaiknya, bila anak masih menggunakan pospak, penggunaannya dihentikan dan biarkan ia merasa tidak nyaman apabila mengompol.

Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengurangi kebiasaan anak mengompol:

(!). Ajari anak untuk membereskan bekas ompolnya, misalnya mencabut seprai dan mengganti sendiri pakaiannya yang basah, ini kalau anak sudah agak besar, kalau si anak masih kecil mana bisa brow..
(!!). Tidak perlu sambil dimarahi, karena mungkin saja anak pun merasa bersalah terhadap perilaku mengompolnya. Memarahi anak tanpa mengetahui penyebab pastinya akan semakin membuat anak merasa tertekan.
(!!!). Biasakan anak untuk buang air kecil sebelum tidur, bawa anak ke toilet walau dia tidak ingin buang air kecil.


Kalau
Cara Untuk Mengatasi Anak Supaya Tidak Ngompol. diatas masih bingung dan ragu ya sobat konsultasikan kepada dokter atau psikolog mengenai masalah ini.


Menurut yang saya peroleh dari sumber lain, kebiasaan mengompol dari Faktor keturunan, mungkin Ayah bunda mempunyai riwayak yang sama dulu seusia anak anda suka ngompol... Bahkan sekarang juga sudah punya anak suka ngompol juga... # Semprul hahahha

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

50 komentar

Selamat Pagi Mang Yono. wah sangat penting sekali trik nya
Mang perlu di terapkan nih Mang soalae anak saya sampe
Sekarang masih ngompol aja. makasih infonya Mang Yono :-bd

Balas

Alhamdullilah dapat Pertamax dari Mang Yono
Terima kasih atas ruang dan waktunya

Balas

Salah satu cara untuk mengatasi anak supaya tidak ngompol secara lami dan tradisional yang saya ketahui biasanya saya menggunakan hewan capung. Caranya dengan membiarkan capung menggigit pusar si anak, rasanya sih seperti gigit semut Kang, tapi cukup ampuh cara alami ini. Dan ngompol anak saya bisa berhenti.

Salam,

Balas

Faktor keturunan yang pasti ada..
oya masa sih capung bisa...

Balas

SElamat pagi mang yono,

wah artikelnya bagus, makasih udh share

Balas

Pengalaman yang menarik Mang...

Menayakan sesuatu pada ahlinya memang lebih baik daripada sekedar coba coba.
Buat anak ko coba-coba :) kayak iklan he,,,

Balas

kalo Mang Yono masih ngompol nggak?

Balas

wah patut dicoba kang tips-tipsnya, buat keponakan saya

Balas

memang orang tua jama dahulu selalu mengajarkan yang saya sendiri belum tau jawabannya. tapi saya tidak lekas menampik ajakan untuk mencokotkan capung.
toilet training kata jurnal mas rawins..
betul kan mang ?

Balas

di desa juga berkembang mitos gigitan capung Mang...kalau saya mikirnya malah, takutnya taring capung itu tertinggal di kulit dan bikin infeksi. Zaki mulai nggak ngompol usia 2 tahun Mang...biasanya sebelum bobo saya ajak ke kamar mandi untuk gosgik (istilah kami untuk gosok gigi) sekalian pipis. jadi mulai tidur udah nyaman perutnya...nggak ngompol deh

Balas

dulu ane ngompol gan :D

Balas

wah mbak KK sehati sama saya .... daripada anak kenapa2 lebih baik pake cara yang normal2 aja lah ya mbak

Balas

mang aselamat berjuang dengan tampilan barunya..
saya uda lewati itu dari jam 3 dan ini baru kelar heheheh
semangat mang
admin
http://bangronny.blogspot.com

Balas

kalau di tempatku orang tua zaman dulu memakai laba-laba yang sudah mati lama, karena kering sehingga mudah untuk dihancurkan dan diusap pada pusat sambil baca mantra "kalau kencing siang aja, malamnya nggak." trus kegiatan lainnya,
tiap menjelang sore anak di balik, kepala di bawah kakinya di pegang (vertikal) biar kantung kemih naik katanya....

Balas

silahkan kang...oh kirain buat kang Saud hehehe...

Pakai jerigen kang pertamaxnya

Balas

Betul mas di kampung saya juga pada pakai hewan caping, tapi saya kadang ragu hehehe... kalau anak saya sih sudah gak ngompol mas

Balas

eh eh eh.. blog mang yono kok sekarang jadi ijo royo-royo ya.... serasa duit dollar deh.....

#ngrayu admin agar kebagian dollar

Balas

hehehe jadi inget masa lalu Nih :D

Balas

Hm....... ikut menunggu jawaban Mang Yono.....

Balas

Mungkin begitu Jenx..

Bisa jenx, dengan cara digigitkan ke puser.. hehehe

Balas

Selamat Sore Dwi..

ah yang bener...pasti belum baca khan? hehehe

Balas

iyamas segala sesuatu pekerjaan lebih baik serahkan saja pada ahlinya...

Balas

dulu sih waktu kecil masih mas, sekarang sudah tuwa ndak eheheh

Balas

silah kan sob.. semoga berguna ...

Balas

betul sekali mas, tapi banyak orang yang sudah mencobanya dan ternyata banyak yang berhasil, tapi kasihan juga anaknya ya, takut luka pusarnya... toilet training, tadi saya malah subkon training di pabrik komatsu... sudah saya jawab mas Indra, maaf tadi ada training subkon

Balas

betul sekali Ibu - ibu heheh... mending pakai yang alami saja, dan katannya bisa pakai buah Jamblang, kalau anak saya yang kecil pas umur satu tahundah gak ngompol, kalau mau pipis eh dipegangin terus seperti poto di atas, kalau sudah pegang - pegang langsung deh dibawa ke toilet... kalau anak sulung gak ngompolnya pas umur 2 tahun, kalau yang sulung agak pendiem.

Balas

sekarang masih, apa sudah ngga ngompol sob.. ?

Balas

saya tadi coba mas, eh ternyata buat utak - atik saya belum ada waktu jadi sementara di tunda dulu, iklan Adsense saya tadi sempat ilang entah kemana eheheh

Balas

kirain laba - labanya di bakar seperti buat penyubur jenggot heheh... nah itu tuh yang bikin penasaran, kalau boleh tahu mantrannya bagaimana, wah unik juga ya baru tahu saya, terimakasih tipsnya ya...

Balas

hehehe biar tidak perih di mata mas... mata pencaharian heheh... masih lama mas berbuahnya... mending pasang yang lokal deh hehehe

Balas

kalau sekarang sudah tidak ngompol lagi ya mas eheheh

Balas

menarik sekali mang. memang semua karena kebiasaan. tinggal orang tuanya telaten atau tidak :)

Balas

aiiiihh... Baru nyasar di sini langsing... Eh, langsung tertarik bgt sm artikel'y...
Iya nih, anak sulung sy jg dh gede msh kadang2 ngompol... Boro2 d marahin, malah tambah kasihan aja liat ekspresi muka'y wkt bangun bo2. Dh bnyk cr d lakukan, tp msh aja ngompol... Walaupun jarang. Semua cara d atas udah sy lakukan... Tp mungkin hasil'y blm maximal...

Toloooooooonggg.....

Balas

Jawaban dari dokter diatas bisa jadi masukan buat sikecil ,lumayan bisa dapat beberapa hasil konsultasi dari anak yang suka ngompol ya mas.

Balas

mungkin karena capung tidak suka ngompol, makanya gigitannya dijadikan obat buat anak-anak yang suka ngompol....mungkin yaaaa

Balas

Kebetulan banget mang, anak saya masih suka ngompol, mungkin bisa dicoba tipsnya

Balas

kalo mang yono masih suka ngompol gak ya :D hehehe
kalo ngompol di ledek mang biar nangis, ntar pasti si anak berusaha biar tidak ngompol lagi :)

Balas

Iya mang, termasuk masalah per-ngompolan ini...

Balas

oke lah untung smpt copi dulu html yang dulu.
aku udh ganti nama kang. ganti alamat juga
mang gimana menerut mamang ni,...
saya menemukan artikel berbahasa inggris dari moscow bahwa 2014 menjadi Akhir dari internet...cuplikan lengkapnya di blogku mang

Balas

selamat malam mang,, cara terakhir utk mengatasinya memang harus dibiasakan ke wc sebelum tidur mang.. jos ni artikelnya :)

Balas

heheh.. tapi untungnya saya udah gak ngompol sejak 14 tahun yang lalu.. :D

akan saya terapkan kalau sudah punya anak mas.. :D

Balas

saya juga masih suka ngompol mang hehee

Balas

betul kang jadi tergantung ibu dan bapaknya ya

Balas

selamat nyasar kesini jeng, katanya ada cara yang ampuh dengan menggunakan buah jamblang... nanti juga kalau sudah besar lambat laun pasti gak ngompol... yang sabar saja

Balas

betul sekali sob, jadi apapun yang kita tanyakan kalau bisa langsung ke ahlinya

Balas

nah betul juga bisa begitu heheh seperti makan wortel bagus untuk kesehatan mata dan minus, dan saya belumpernah melihat kelinci pakai kacamata karena kelinci suka makan wortel hehehe

Balas

silahkan di coba mas, semoga berhasil ...

Balas

Dulu ane juga ngompol gan..bahkan sampek sekarang tp beda ngompolnya kl anal saya ngompol d kasur kl ane ngompol di ibunya anak anak haaaaaa.kayaknya anak saya juga gitu skarang...ngompol terus tiap tidur mlm....jd bingung gmn cara memghentikanya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger