Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat

Sampurasun ... Rampes...

MANGYONO.com - Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat 

Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat. Di Tempat saya di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia ada perubahan dari kebiasaan lama yang sekarang diperbaharui dan mulai memiliki kebiasaan baru, berubah 180° dari mundur menjadi maju.

Kebiasaan lama Tandur kan dengan cara mundur, tapi sekarang itu sudah mulai ditinggalkan dan tidak lagi menanam padi dengan cara mundur, tapi sebaliknya maju, namanya jadi Tanju, Tanam Padi sambil maju, bingung kan?. Kebiasaan itu sudah agak lama sih sebelum Blog Mang Yono kira – kira sekitar 5 atau sepuluh tahunan yang lalu.

Kebiasaan Menanam Padi " Tandur " Berubah Jadi " Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat
Sedang melakukan TANJU di sawah Mang Yono

Awalnya memang terasa aneh, tetapi sekarang sudah biasa Tanju atau menanam sambil maju. Dan sekarang yang tanam padi tidak Cuma perempuan saja laki –laki juga sudah banyak dan terbiasa menanam padi sambil maju, tidak tampak canggung dengan cara menanam seperti itu. Lengan kiri membawa bibit atau benih padi, sedangkan tangan kanan dengan cekatan mengambil satu atau dua tanaman padi, yang selanjutnya langsung ditanam di lokasi yang sebelumnya sudah diberi taplak diberi garis.

Nah untuk “Tanju” menanam padi sambil maju ini supaya hasil panen atau padi yang dihasilkan bisa bertambah maju atau untung. Lain lagi dengan “ Tandur” menanam padi sambil mundur nanti malahan panennya merugi karena hasil yang didapat sedikit ... #Semprul hehehe..


Katanya menanam padi model maju, lebih cepat bia dibandingkan dengan menanam padi sambil mundur

Malahan sekarang sudah ada cara menanam padi dengan mesin transpanter ini telah disosialisasikan juga oleh pemerintah dibeberapa kabupaten,  tapi saya belum pernah merasakannya dan mencobanya. Berarti sebentar lagi cara Tanju atau tandur akan  diganti dengan transplanter, tapi kasihan juga kepada para tetangga yang tidak mempunyai sawah dan tidak bisa ceceblok atau ikut menanam padi seperti yang pernah ditulis Blog Mang Yono Baca tentang : Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat.    
 

Mau kemana coba tetangga yang tidak punya sawah dan akhirnya tidak bisa ikut derep atau panenan padi, kasihan kan gak punya padi dan beras bisa dibaca juga tentang Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan. Karena dengan transplanter  operator cukup satu orang. Baca : Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan di Pagaden Barat.

 Yang menanam padi ini keduannya adalah Nenek - nenek saya

Kehadirannya nanti bisa mengubah sistim cocok tanam padi dari tradisional Kebiasaan Menanam Padi " Tandur " Berubah Jadi " Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat. nanti berubah lagi menjadi modern menggunakan mesin transpanter.

Katanya sih cepat kalau menggunakan mesin transpanter , tapi saya mau tetap menggunakan tradisi Tanju menanam padi sambil maju. Karena subang mempunyai semboyan Gotong - Royong dengan warga sekitarnya.

Menanam padi dengan model Tanju lebih resvonsip dan ramah, bila dibandingkan dengan Tandur yang pengerjaannya agak - agak berbahaya. Kok bisa bahaya mang?, la iya lah kan posisinya mundur dan yang lain juga mundur, bisa - bisa bertabrakan karena tidak ada sepionnya  kecuali pakai sepion atau ada kernetnya untuk memandu .. #Semprul hehehe


Untuk melihat vidio TANJU silahkan tonton di Vidio : Tanam Padi Maju Teknik Petani Padi Pagaden Barat, Subang 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar