logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat

Sampurasun ... Rampes...

MANGYONO.com - Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat 

Kebiasaan Menanam Padi TANDUR Berubah Jadi TANJU Model baru menanam padi di Pagaden Barat. Di Tempat saya di Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia ada perubahan dari kebiasaan lama yang sekarang diperbaharui dan mulai memiliki kebiasaan baru, berubah 180° dari mundur menjadi maju.

Kebiasaan lama Tandur kan dengan cara mundur, tapi sekarang itu sudah mulai ditinggalkan dan tidak lagi menanam padi dengan cara mundur, tapi sebaliknya maju, namanya jadi Tanju, Tanam Padi sambil maju, bingung kan?. Kebiasaan itu sudah agak lama sih sebelum Blog Mang Yono kira – kira sekitar 5 atau sepuluh tahunan yang lalu.

Kebiasaan Menanam Padi " Tandur " Berubah Jadi " Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat
Sedang melakukan TANJU di sawah Mang Yono

Awalnya memang terasa aneh, tetapi sekarang sudah biasa Tanju atau menanam sambil maju. Dan sekarang yang tanam padi tidak Cuma perempuan saja laki –laki juga sudah banyak dan terbiasa menanam padi sambil maju, tidak tampak canggung dengan cara menanam seperti itu. Lengan kiri membawa bibit atau benih padi, sedangkan tangan kanan dengan cekatan mengambil satu atau dua tanaman padi, yang selanjutnya langsung ditanam di lokasi yang sebelumnya sudah diberi taplak diberi garis.

Nah untuk “Tanju” menanam padi sambil maju ini supaya hasil panen atau padi yang dihasilkan bisa bertambah maju atau untung. Lain lagi dengan “ Tandur” menanam padi sambil mundur nanti malahan panennya merugi karena hasil yang didapat sedikit ... #Semprul hehehe..


Katanya menanam padi model maju, lebih cepat bia dibandingkan dengan menanam padi sambil mundur

Malahan sekarang sudah ada cara menanam padi dengan mesin transpanter ini telah disosialisasikan juga oleh pemerintah dibeberapa kabupaten,  tapi saya belum pernah merasakannya dan mencobanya. Berarti sebentar lagi cara Tanju atau tandur akan  diganti dengan transplanter, tapi kasihan juga kepada para tetangga yang tidak mempunyai sawah dan tidak bisa ceceblok atau ikut menanam padi seperti yang pernah ditulis Blog Mang Yono Baca tentang : Musim tanam padi telah tiba di Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat.    
 

Mau kemana coba tetangga yang tidak punya sawah dan akhirnya tidak bisa ikut derep atau panenan padi, kasihan kan gak punya padi dan beras bisa dibaca juga tentang Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan. Karena dengan transplanter  operator cukup satu orang. Baca : Panen padi telah tiba,tradisi Derep  masih tetap dilaksanakan di Pagaden Barat.

 Yang menanam padi ini keduannya adalah Nenek - nenek saya

Kehadirannya nanti bisa mengubah sistim cocok tanam padi dari tradisional Kebiasaan Menanam Padi " Tandur " Berubah Jadi " Tanju " Model baru menanam padi di Pagaden Barat. nanti berubah lagi menjadi modern menggunakan mesin transpanter.

Katanya sih cepat kalau menggunakan mesin transpanter , tapi saya mau tetap menggunakan tradisi Tanju menanam padi sambil maju. Karena subang mempunyai semboyan Gotong - Royong dengan warga sekitarnya.

Menanam padi dengan model Tanju lebih resvonsip dan ramah, bila dibandingkan dengan Tandur yang pengerjaannya agak - agak berbahaya. Kok bisa bahaya mang?, la iya lah kan posisinya mundur dan yang lain juga mundur, bisa - bisa bertabrakan karena tidak ada sepionnya  kecuali pakai sepion atau ada kernetnya untuk memandu .. #Semprul hehehe


Untuk melihat vidio TANJU silahkan tonton di Vidio : Tanam Padi Maju Teknik Petani Padi Pagaden Barat, Subang Atau di link https://www.youtube.com/watch?v=_PevK_JuebE
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

43 komentar

Kalau kebiasaan menanam padin yang tandur berubah menjadi modern tanjur, kira-kira akan merubah rasa dan kualitas tidak ya kang ? Tapi kalau tenaga sih pstinya akan berkurang ya Kang ?

Salam,

Balas

kalau tanju, apa nggak rusak terinjak Mang? saya masih mencoba menghayal nih, membayangkan diri saya menanam padi sambil melangkah ke depan..hehe

kalau pakai mesin, rasa kegotongroyongan jadi berkurang...nggak seru ah Mang

Balas

rasannya tetep sama mas, malah model ini paling disukai dan lebih cepat

Balas

Nggak mbak KK malahan lebih bebas hambatan, karena garis jiplakan kelihatan dan bisa mengurangi kecelakaan tabrakan beruntun, terjerembab, nah untuk lebih jelasnya bisa datang ke kampung saya heheh karena mungkin penanaman padi sambil melangkah maju baruada di daerah saya... mungkin juga ada daerah yang lebih dulu ding.. hehehe

Balas

tanju?????? baru tau mas kalo ada sistem tanam maju,soalnya didaerah saya mundur semuanya

Balas

kayak grup band tani maju aja mang, tanju..ekekeke...
kalau tanam sambil mundur saya akan mentelengi ibu-ibu muda saya, kang posisis lagi nungging tuh mang..cocok banget kan ?

Balas

mending tandur mang, siapa pencetusnya mang itu Tanju :D

Balas

meski namanya tanju, tp nanemnya tetep menyamping kan, mang ya?

soal mesin itu, saya jd teringat seorang pengusaha permen jahe. ketika dia ditawari untuk memiliki mesin pembungkus permen, dia menolak. ktnya, "kasihan pekerja saya, mereka akan kehilangan mata pencahariannya."

Balas

oh begitu ya mang.. cara baru ya,jadi pengen lihat langsung deh sepertinya menarik. kalo foto kurang mantabh mang,coba ada videonya..xixixi

Balas

enakan mundur kayaknya, kan nggak ada resiko keinjek padinya.

Balas

kalau ada mas agus nanti ibu-ibu mudanya pada jongkok dong :)

Balas

nggak mas ya nanemnya didepannya, nanti melangkahnya di gawangan padi.

nah betul juga cerita pengusaha itu, kalau pakaimesin kan operatornya cuma satu atau dua, acara kekeluargaannya juga kurang.

Balas

berarti harus dicoba tuh cara menanam padi maju, lebih cepat dan leluasa katanya menurut yang suka nanam padi, sayah kan gak bisa mainan lumpur eheheh

Balas

kalau yang lagi nanam padi dilihatin, malah suka oper akting kang, mas.. langsung salto dan koprol hahaha

Balas

tandur malah ribet kang, ini sesuai poling dan poting mending tandur apa tanju, dan poting terbanyak jatuh pada Tanju hehehe

Balas

heheh betul mbak mending lihat langsung, nanti deh saya buatkan vidionya hehehe

Balas

enakan maju kang kalau mundur malahan garisannya kehapus, dan data kecelakaan bertabrakan meningkat hehe

Balas

saya nyimak aja sob,

Balas

Ditempat ku emang kayak gitu cara tanam padinya Mang...
semoga sukses panennya :)

Balas

Kalo nanam padi dengan cara tanjudur atau tanam padi maju mundur pasti banyak yg terinjak2 ya mang, hehehe :)
Jadi sebaiknya nanam pakai tanju atau tanam sambil maju, tapi majunya harus mbegagah agar tidak menginjak padi ya mang, huhuhu :D

Balas

sungguh anti mainstream tanju ini..

tapi kudu waspada, takut kalo padinya keinjek

Balas

ntar padinya keinjek loo :p

Balas

kalau maju mundur pasti pada roboh semua tuh tanamannya hehehe...

kalau sudah biasa gak ada yang keinjak mbak...

Balas

ohh tanjuu, kirain tinju Mang

Balas

Waduh mas namanya nanam padi ya pasti mundurlah tapi kan sudah diatur jaraknya,,ini kok malah kok pakai kaca spion ya haha :).

Sekedar berbagi Mas : Untuk iklan adsense yang berdampingan dengan post dikasih tulisan "advertisement" soalnya lebih aman seperti itu mas biar pengunjung tahu itu iklannya,sekedar tips saja mas mudahan CTRnya besar ya.Mohon maaf kalau tidak sopan kata-kata saya.Sesama blogger saling berbagi informasi :)

Balas

dikampung saya belum ada yang menanam padi pake gaya maju mang...
yg ada juga gaya mundur gitu....

Balas

wah hebat yah Mang di Pagaden sudah ada mesin untuk menanam padi,tapi sayamah kurang setuju,kasihan dong para pekerja tani pada nganggur nantinya,,.Tradisional sajalah lebih sehat,,,,,,,,,,,,,,,,,

Balas

ada juga yang tanam padi dengan cara joged Cesar,,wah leduk tuh sawah hahaha

Balas

malah ada ibu-ibu yang tanam padfi sambil goyang itik,gara-gara dilihatin Mas Agus sama kang Ucup haha

Balas

boleh juga mang,,, besok saya coba terapkan bagaimana rasanya tanju

Balas

wah tanju memangnya gak karagok ya mang ??
mang postingan beberapa hari kemarin WS adatulis pelesiran ke subang...minta peripikasi mang...takutnya salah sebut tempat hehe

Balas

kalau tanam padi disini masih tandur Mang. Kalao tanam kedelai atau kacang iyo di Taju dulu baru biji Kedelai atau kacang ijo di ulur.

Balas

hahahahaa :D
belum bisa bayangin deh taju itu gimana... Baru kali ini juga denger kalo ada TAJU...
Selama ini cuma ngerti nya TANDUR aja :)

Balas

wah sama ya mbak ... oke deh kalau begitu, Amiin

Balas

Betul mas, harus hati- hati kalau belum biasa nanti malah nanam padi 2 kali ehhehe

Balas

kalau sudah biasa ndak keinjek

Balas

tanam sambil maju... kalau smbil tinjumalah seru heheh

Balas

heheh ini ada model baru sob.. nanam padi sambil maju...

ooh terimakasih atas masukannya ya sob, nanti deh kalau saya pas ada waktu utak atik

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

Balas

saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan web ini.

Balas

ada cara tanam padi yg lebih baru tapi masih mengedepankan tenaga manusia yaitu TANJUDUR" tanam padi model maju mundur dan menanamnya lebih dalam dr cara konvensional , berdasarkan cerita dr para ibu2 sistem tanam padi model baru ini lebih enak mantap apalagi penuh perasaan yg katanya anakn jd lebih banyak !!

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger