logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat tiang penopang untuk tanaman buah naga

Cara membuat tiang penopang untuk tanaman buah naga


Sampurasun .... Rampes. Ini adalah postingan awal tahun 2014, Selamat tahun baru 2014 ya, Blog Mang Yono kali ini mau menuliskan tentang cara pembuatan tiang penopang untuk tanaman buah naga, kalau cara menanam tanaman buah naganya sudah sempat saya tulis di Blog ini dengan judul Cara Menanam Pohon Buah Naga. Tanaman Buah naga termasuk tanaman merambat sehingga membutuhkan penopang/panjatan untuk menopang tanaman supaya bisa berdiri tegak dan tidak goyang - goyang. Tiang panjatan untuk tanaman buah naga harus kuat dan tahan lama selama beberapa tahun karena usia tanaman buah naga yang panjang.

Cara membuat tiang penopang untuk tanaman buah naga
Tanaman Buah Naga di halaman depan Rumah Mang Yono

Cara pembuatan tiang penopang untuk tanaman buah naga dan tiang panjatan bisa menggunakan beton, panjatan pohon baik itu pohon mati atau pohon hidup. Kalau yang saya buat di tanaman buah naga saya yaitu menggunakan kayu persegi sebagai tiang tapi ditanam juga pohon hidupnya, supaya nanti kalau tiang panjatan kayu keropos atau lapuk kan pohon panjatan hidupnya sudah besar dan kokoh, untuk panjatan pohon hidupnya saya tanam pohon hanjuang, karena pohon hanjuang ini tahan terhadap pemangkasan berat, supaya di pangkas daunnya tetap tumbuh.


Terus di bagian atas kira kira setinggi  2 meter dibuat Besi lingkaran, besi lingkaran ini berfungsi sebagai tempat menopang cabang dan anak cabang atau tunas. Berhubung besi betonnya mahal, ya saya pakai yang murah meriah saja, bahkan tidak usah membelinya tingal minta langsung pasang ... hehehe.  Nah, lingkaran atasnya saya menggunakan ban sepeda motor bekas atau kalau sobat tidak punya ban sepeda motor, awas jangan ngelepas ban sepeda motor yang masih di pakai ya... hehehe.  bisa juga sobat memakai silangan kayu.

Tiang penopang untuk tanaman buah naga
Tiang Penopang Tanaman Buah Naga
Dulu bibit tanaman buah naga ini saya peroleh dari daerah Bangka yaitu ngambil di kebun buah naga Bangka Botanical Garden, tapi sebelum ngambil saya bilang dulu loh... hehehe. Bawa bibitnya saya cuma satu, maklum barang bawaan saya banyak, saya paling males kalau bepergian dengan membawa barang bawaan berlebih. Selain bibit tanaman buah naga, saya bawa juga / motes pohon sirih merah dengan panjang cuma 4 ruas, eh sampai dirumah malah di ketawain sama keluarga saya, katannya begini “ Jauh – jauh dari bangka cuma bawa batang sirih merah 4 ruas doang apakah bisa tumbuh?” dan ternyata tuh batang 4 ruas sirih merah sekarang sudah setinggi 6 meter lebih... hehehe.

 Awalnya Stek saya tanam di pot pelastik ukuran diameter 10 Centimeter yang berisi media yang terdiri dari  1 tanah, 1 pupuk kandang, 1 Arang sekam bakar. Setelah tumbuh dan berakar kuat, tanaman buah nagannya saya pindahkan ke tanah langsung / tanpa menggunakan pot, waktu itu kalau gak salah saya melakukan pembibitan pas bulan puasa tahun 2012, berarti sekarang sudah hampir 2 tahun ya, berhubung saya tidak tau trik dan tip cara menanam tanaman buah naga, mungkin pertumbuhannya agak lambat ya, maklum saya baru coba – coba, dan sekarang tingginya 2Meter lebih dikit, tapi belum berbuah... hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

48 komentar

sh si mamang ceritanya lagi soal tanaman mulu ni ya,,saya jadi kepengen nanem macem2deh,hehehe..
oya,,selamat ya mang menang GAnya kang asep.. :)

Balas

Mang yono hobynya memelihara tanaman yah, Tika kalau baca postingannya Mang yono soal tanaman Tika langsung ngebayangin seluas apa yah pekarangannya Mang yono hehehe :)

Balas

kalo segitu apa gak rubuh kang kalo nanti sudah besar

Balas

dalam bidang pertanian mang yono juga piawai ya. manteb mang. saya bisa banyak belajar nih dari blog mang yono :)

Balas

Mang Yono jago tanaman kaya nya soale artikelnya tanaman doang hh =D
Tapi lumayan kreatif nya salam sukses deh Mang di awal tahun baru 2014

Balas

iya mbak kebetulan saya kalau bepergian pengen bawa tanaman dari daerah lain heeheh..

Alhamdulillah.... wah masa sih mbak saya menang, saya belum ke sana lagi loh... terimakasih mbak sudah kasih kabar ...

Balas

heheh berhubung saya cuma bisa dan ngertinya soal tanaman ya cuma itu mbak yang bisa saya tulis di Blog, kalau soal utak atik Blog dan masalah SEO saya nyerah hehehe.

pekarangan rumah saya kecil mbak, khayalan dan bayangan tak selalu sesuai dengan kenyataan hehehehe

Balas

nggak mas, kan itu cuma 1 pohon, menurut master tanaman buah naga 1 pohon diperkirakan 4 Kg dan di samping tiang kayu penopang saya tanam juga pohon hidupnya dengan pohon yang kuat pemangkasan batang.

Balas

waktu minta bibitnya saya kan pernah nanya - nanya ke penanam di sana kang master buah naga yang kebunnya 1 Hektare, setelah paham baru saya minta bibitnya hehehe... itung - itung basa - basi ujungnya minta juga hehehe

Balas

ah kang Saud bisa aja...

berhubung saya bisanya sedikit soal tanaman ya di tulis tanaman kang, kalau soal Kode dan SEO saya gak paham, kalau saya tetep menulis yang gak paham nanti malah menyesatkan pembaca

Balas

Selamat pagi mang :) Mampir nih :) mau ngucapin Selamat tahun baru 2014 :) semoga sukses ya mang :D

oiya mang jangan lupa follow back ya mang :D hehehe :D

Admin
Cyber4rd.blogspot.com

Balas

makasih kang tipsnya, tapi di daerah saya buah naga gak cocok :(

Balas

terimakasih ya mas ucapannya.

siip dah saya follow mas

Balas

Wah pengin dong mang bibit buah naganya, biar bisa makan juga, selama ini saya makan buah naga paling kalo beli es buah cirebon hehe...

Balas

Saya orang desa tapi justru banyak nggak pahamnya dengan tanaman...salut dech buat Mang Yono!

Balas

Ok, gak apa mas... terus yang cocok apa coba heheh

Balas

bibitnya gampang mas, kalau kita main ke kebun buah naga tinggal potes saja, tapi minta izin dulu tentunya hehehe

Balas

saya juga baru sedikit yang paham kang dan mulai mencoba memahaminya tentang tanaman hehehe

Balas

hehehe kalo saya kurang suka tanaman :D

Balas

pekarangannya kecil Mbak Tika, tapi ada di banyak tempat

Balas

kalo di tempat saya, umumnya dibuatkan tiang cor beton yang dijamin permanen kekuatannya Kang.

Balas

ayah saya suka sekali memelihara tanaman , mungkin dari postingan mas yono saya bisa memberikan usulan kepada ayah saya dalam hal teknik bercocok tanam .
terima kasih mas buat artikelnya , nice share

Balas

Emang akang berjiwa Tanaman ,hehe Hoby ya kang soal tanam menanam....

owh iya sob ,ada Awards buat sobat ,cek aja dipost terbaru saya...

Balas

Sebenarnya mau coba mang, tapi masalahnya gak punya bibit buah naga. Tu ban sepeda motor kenapa gak sekalian velg-nya ..?

Balas

kalau buahnya suka ya mas ?... hehehe

Balas

iya mas, saya juga nantinya mau di buatkan tiang cor hehehe... berhubung ini masih coba - coba, nanti kalau di buatkan tiang cor tanamannya mati kan malu hehehehe

Balas

Kalau di tempat saya menggunakan besi Mang, agar tidak mudah kena rayap.

Salam

Balas

Iya mas silahkan dan siapa tahu ayah mas lebih tahu tentang tanam menanam nanti tolong kasih kabar ya kalau ada kekurangan dalam cara saya ini hehehe

Balas

sekedar tahu dikit saja mas,..

di blog yang mana ya ? ... banyak sekali blognya hehehe

Balas

nanti main saja ke kebun buah naga mas, dan potes aja cabangnya, tapi pamit dulu siapa tahu gak boleh hehehe.

hehehe kalau dengan velg-nya nanti di ambil tukang besi tua mas ... hehehe

Balas

seharusnya begitu mas, pakai besi atau di buat tiang cor... berhubung ini masih coba - coba pakai sementara saja dulu eheheh

Balas

Saya mau tanam ini depan rumah ... terima kasih infonya kang ...

Balas

Lagi musim buah naga uya mas... daerah saya masih pelem mas...

Balas

makasih infonya kang . . .
belum pernah liat tanaman buah naga secara langsung. . :D:D

Balas

seger tu pak buah naganya, waktu saya berkujung ke desa ibu saya, banyak yang nanem buah ini dikebun, jadi bisa makan sepuasnya

Balas

Di rumah mbahku nanam naga
Dan buahnya cukup menarik mata
Tapi merambat liar kemana mana

Kalo ditopang tambah rapi ya

Balas

pake tiang listrik lebih praktis mang
bebas biaya, heheh

Balas

silahkan mas, semoga berhasil ya

Balas

ga juga mas, ini cuma mencoba menanam saja... wah minta dong pelemnya

Balas

wah... harus nyempetin main ke taman buah mas hehe

Balas

bagaimana caranya membuat penopang hatiku yang sedang hancur mang :(

Balas

iya mas, kalau makan di lokasi gratis kalau dibawa pulang bayar hehe

Balas

untung saja gak kena mata ya haha

yap, biar rapih seperti habis di Cream Bath hehehe

Balas

Bebas Biaya Abudemen juga ya mas ?

hehehe

Balas

dengan Penopang doa akan hidup dalam kerendahan hati yang sedang galau.. caranya, cuci tangan sampai dengan cuci kaki dan berdo'a kang hehe

Balas

sebentar lagi berbuah tanaman naganya mang

Balas

emang buah naga juga harus creambath ya mang ...? hehehe

Balas

kalau nanam tembok mesti cocok deh ..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger