logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam Bunga Euphorbia

Cara Menanam Bunga Euphorbia 

Sampurasun .... Rampess... Nama Bunga ini adalah Euphorbia, apakah sobat mau mencoba menanam bunga ini?, ini ada sedikit tentang Cara Menanam Bunga Euphorbia menurut Blog Mang Yono cara ini sudah benar, Bunga Euphorbia bunganya dapat berbunga sepanjang masa, tapi itu tergantung pemeliharaan dan perawatannya ding, Apalagi ada kepercayaan, keluarnya bunga dapat menggambarkan nasib dan keberuntungan si pemiliknya  mungkin itu cuma mitos sob.... Cuma mitos... heheh

Pohon bunga ini saya tanam di samping rumah dan sebagian lagi saya tanam di pot yang diletakan di atas tiang pagar halaman Rumah saya. Perlu diingat kalau menanam pohon itu harus dengan  media tanam yang baik, karena akan membuat tanaman ini tumbuh subur, sehat, akar kuat, batang kokoh, dan rajin berbunga.

 
Cara Menanam Bunga Euphorbia
Bunga Euphorbia Mang Yono
Media Pot  sebagai wadah tanam sebaiknya dipilih yang memiliki drainase baik. Setelah itu, baru memahami cara penanaman yang benar. 

Berikut Cara Menanam Bunga Euphorbia dengan benar menurut Blog Mang Yono, tidak tahu menurut para master tanaman bunga apakah cara ini sudah benar atau sudah betul hehehe.

(!). Menyiapkan pot yang ukuran besar diameter lingkarannya seimbang dengan pohon Bunga Euphorbia. Yang utama dari pot itu harus memiliki lubang di bagian dasar untuk membuang kelebihan air, kalau tidak ada lubang di bawah di jamain dalam 3 hari akarnya akan membusuk.

(!!). Masukkan pecahan genting, pecahan keramik, pecahan batu bata atau kerikil yang jumlahnya asal menutup lubang, karena tujuannya untuk mencegah air tidak menggenang di dasar pot dan media tanamnya tidak ikut keluar terbawa air karena tersaring oleh pecahan genting .

(!!!). Isi pot dengan media Tanah, pasir dan Arang sekam padi, perbandingannya seimbang ( 1:1:1 ), jumlahnya kira-kira setengah dari tinggi pot.

(!V). Ambil bibit euphorbia bisa dari stek atau dari bibit yang sudah berakar.

(V). Masukkan euphorbia ke media tanam dengan posisi tegak.

(V!). Tambahkan media tanam hingga tersisa 3 – 5 Cm dari permukaan bibir pot, lalu siram air sampai media tanam terlihat basah, selanjutnya letakan tanaman baru tersebut di tempat teduh selama setelah seminggu boleh dipindah ke tempat yang terkena sinar matahari penuh.
 Bunga Euphorbia
Penyinaran penuh ternyata merangsang euphorbia berbunga lebat. Untuk itulah, sebaiknya letakkan pot euphorbia di tempat terbuka dengan sinar matahari penuh dan sirkulasi udara di sekitarnya bagus. Hasilnya, sejak dipindahkan selama seminggu akan muncul bunga-bunga di sela-sela tajuknya. Sebulan kemudian, bunga-bunganya muncul serempak menyesaki setiap daunnya.

Penyiraman dapat diberikan setiap hari dengan memakai sprayer atau gembor, agar cipratan air yang keluar halus, sehingga tidak merusak daun dan memuntahkan sebagian media tanamnya, tapi tidak pakai alat sprayer atau gembor juga tidak apa – apa, asalkan penyiraman dengan hati – hati jangan asal guyur saja... hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

49 komentar

Saya di depan rumah juga punya bunga ini yang warna putih, tp ngak tau namanya... ternyata bunga Euphorbia

Balas

kapan2 saya praktekan mang kalo dapat binihnya hehe

Balas

Ternyata itu bunga harus dipingit dulu seminggu baru dikeluarkan, biar lebih jos ya bunganya mang ... hehehe

Balas

saya malah baru tahu master kalau ternyata untuk menanam Bunga Euphorbia itu ada trik nya tersendiri. Kalau salah dalam menanam, kemungkinan besar nggak hidup ya tanaman nya :)

Balas

Di daerah saya tanaman ini dapat dimodifikasi katanya sih begitu
Tapi saya kurang paham

Balas

namanya euphorbia ya? baru tahu saya mang

Balas

saya baru tau dan baru lihat dari fotonya mang...

Balas

Hahaha :D saya kira dulu EKORBIA :D hahaha :D

Balas

Kalo saya sering liat, tapi baru tahu nama bunganya..

Balas

Minta aja ke mang yono atuh kang

Balas

Nah kalau yang ini dirumah saya ada.

Balas

kira2 bunga euphorbia di stek sama bunga kamboja bisa gak ya

Balas

Simak artikel cara menanam bunga Mang Yono. kebetulan
Saya belum punya bunga ini Mang

Balas

Saya malahan belum tau sama sekali dengan bunga ini
Mas Muroi Kang Heri Mang Yono

Balas

Rumah tetangga saya ada yg ini ni.. ntar minta satu ah. Mau coba pratekin dulu.. hehe

Balas

Kayanya seruu juga yah tanam menanam tuh mang >.< belum pernah nyobain --"

Balas

nanti kalau ada bunga ini di potes saja ya akang - akang heheheh

Balas

silahkan kang tapi hati - hati pohonnya berduri.


tempatnya jauh mas hehehe

Balas

iya mas biar gak kaget, nanti kalau gak dipingit jadi sutres hehehe

Balas

iya mbak master, kalau ga mengikuti trik dan tipsnya nanti kurang bagus

Balas

wah hebat dong mas, kalau di tempat saya cuma bisa di stek tempel dengan warna lain jadi satu pohon ini bisa ada yang warna merah, kuning dan putih

Balas

betul mbak may, pohonnya berduri

Balas

wah, masa sih mbak Jenx, tanaman bunga ini gampang tumbuh loh, dan harus disletaka ditempat yang kena cahaya matahari penuh

Balas

memang banyak yang bilang begitu mas, mungkin sama hehehe

Balas

cakep kan bungannya mas

Balas

wah gak bisa mas, lain golongan hehehe... kalau mau stek harus dengan euphorbia lagi, bisa dipilih warna lain putih kuning

Balas

bunga ini banyak yang menanamnya loh kang, karena mudah perawatannya

Balas

iya mas bunga ini gampang perawatannya dan berbunga terus

Balas

seru sekali bisa berkreasi ... nantidi coba ya? hehehe

Balas

oke yg ini mantap tanaman nya.

Balas

Kalau pohon ini ada di halam depan rumah rumah kang, tapi cara penngembangbikannya saya tidak tahu, dan tidak mau tahu he,, he,, he,,, 9Tinggal kasih pupuk saja dan siram deh )


Salam

Balas

Ah yang bener mas?

Balas

iya mas yang gampang tinggal beli ditukang tanaman bunga, pasti di jamin tumbuh dan berbunga hehhehe.

Balas

padahal nggeh katah kembang e niki teng plataran omah, tapi kulo nggeh nembe mireng niki yen asma ne kembang Euphorbia.
malah mboten nate kulo sirami malah, kulo mbenke ngono wae.
hhehe.

Salam kenal ya mas,

Balas

mang yono memang berwawasan sekali. ini baru buat saya mang

Balas

waduh saya gak begitu mengerti bahasanya mas ... oke salam kenal juga dari saya ya

Balas

cuma sedikit tau saja mas, dan dari sedikit yang tau itu saya bagikan juga

Balas

da yang tau ga yg jual eforbia warna pink,,d perumnas tangerang susah soalny skrg nyari yg jual eforbia,,telat sukanya :)

Balas

kalo da yg tau yg jual eforbia macem - macem plizzz bgt infonya,,,,,

Balas
avatar
Hammad Al-Jawa

Mang, itu artinya :

padahal ya banyak bunga ini di plataran rumah, tapi saya ya baru dengar ini klo ini namanya bunga Euphorbia.
malah gak pernah saya sirami, saya mbenke ngono wae
hhehe

maaf klo kalimat terakhir gx bisa diterjemahkan

Oh ya makasih infonya ya mang.......

Balas

Di rumah saya punya tp cm yg wrna orange bang... banyak durinya

Balas

Kalo nanamnya cm dpotong batangnya trus d tancepin tanah disiram tiap hari bs tumbuh gak mas??

Balas

Kulo mbenke ngono ae itu artinya saya biarkan gitu aja hehehe

Balas

D rmhku ada wrna orange n merah maz.kl rmh dkt gt ambil aja maz gasah beli. D dkt rmhku ada bnyk jualan ephorbia. Tp daerah gresik sby :((

Balas

cara pembiakannya memang begitu mbak, dipotong batangnya di tanam, tapi disiramnya jangan tiap hari seminggu 2 kali juga cukup, kalau kelebihan air nanti malah busuk

Balas

betul sekali mas Jawa ... bunga ini lebih suka agak kekeringan daripada kelebihan air ...

heheheh terimakasih Lia dah jadi tim penerjemaah hehehe

Balas

Mantab nih, jadi pengen nanam bunga sendiri, terima kasih referensinya gan

Balas

kak , di sekolah saya di kasih tugas buat nanam bunga euphorbia . apakah dengan tidak memakai pupuk bunga eupherbia bisa tumbuh?

Balas

Bisa.... Nanam bunga euphorbia gak pakai pupuk untuk awal bisa tumbuh... Yang penting penyiramannya diatur jangan terlalu sering, nanti malah busuk akar dan batangnya

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger