Skip to main content

Cara Menanam Bunga Euphorbia

Cara Menanam Bunga Euphorbia 

Sampurasun .... Rampess... Nama Bunga ini adalah Euphorbia, apakah sobat mau mencoba menanam bunga ini?, ini ada sedikit tentang Cara Menanam Bunga Euphorbia menurut Blog Mang Yono cara ini sudah benar, Bunga Euphorbia bunganya dapat berbunga sepanjang masa, tapi itu tergantung pemeliharaan dan perawatannya ding, Apalagi ada kepercayaan, keluarnya bunga dapat menggambarkan nasib dan keberuntungan si pemiliknya  mungkin itu cuma mitos sob.... Cuma mitos... heheh

Pohon bunga ini saya tanam di samping rumah dan sebagian lagi saya tanam di pot yang diletakan di atas tiang pagar halaman Rumah saya. Perlu diingat kalau menanam pohon itu harus dengan  media tanam yang baik, karena akan membuat tanaman ini tumbuh subur, sehat, akar kuat, batang kokoh, dan rajin berbunga.

 
Cara Menanam Bunga Euphorbia
Bunga Euphorbia Mang Yono
Media Pot  sebagai wadah tanam sebaiknya dipilih yang memiliki drainase baik. Setelah itu, baru memahami cara penanaman yang benar. 

Berikut Cara Menanam Bunga Euphorbia dengan benar menurut Blog Mang Yono, tidak tahu menurut para master tanaman bunga apakah cara ini sudah benar atau sudah betul hehehe.

(!). Menyiapkan pot yang ukuran besar diameter lingkarannya seimbang dengan pohon Bunga Euphorbia. Yang utama dari pot itu harus memiliki lubang di bagian dasar untuk membuang kelebihan air, kalau tidak ada lubang di bawah di jamain dalam 3 hari akarnya akan membusuk.

(!!). Masukkan pecahan genting, pecahan keramik, pecahan batu bata atau kerikil yang jumlahnya asal menutup lubang, karena tujuannya untuk mencegah air tidak menggenang di dasar pot dan media tanamnya tidak ikut keluar terbawa air karena tersaring oleh pecahan genting .

(!!!). Isi pot dengan media Tanah, pasir dan Arang sekam padi, perbandingannya seimbang ( 1:1:1 ), jumlahnya kira-kira setengah dari tinggi pot.

(!V). Ambil bibit euphorbia bisa dari stek atau dari bibit yang sudah berakar.

(V). Masukkan euphorbia ke media tanam dengan posisi tegak.

(V!). Tambahkan media tanam hingga tersisa 3 – 5 Cm dari permukaan bibir pot, lalu siram air sampai media tanam terlihat basah, selanjutnya letakan tanaman baru tersebut di tempat teduh selama setelah seminggu boleh dipindah ke tempat yang terkena sinar matahari penuh.
 Bunga Euphorbia
Penyinaran penuh ternyata merangsang euphorbia berbunga lebat. Untuk itulah, sebaiknya letakkan pot euphorbia di tempat terbuka dengan sinar matahari penuh dan sirkulasi udara di sekitarnya bagus. Hasilnya, sejak dipindahkan selama seminggu akan muncul bunga-bunga di sela-sela tajuknya. Sebulan kemudian, bunga-bunganya muncul serempak menyesaki setiap daunnya.

Penyiraman dapat diberikan setiap hari dengan memakai sprayer atau gembor, agar cipratan air yang keluar halus, sehingga tidak merusak daun dan memuntahkan sebagian media tanamnya, tapi tidak pakai alat sprayer atau gembor juga tidak apa – apa, asalkan penyiraman dengan hati – hati jangan asal guyur saja... hehehe.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar